Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com – Ada empat buah minimum program yang diluncurkan oleh Rizki Kurniawan Nakasri (RKN). Ia tak henti – hentinya menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan, seperti di facebook Relawan RKN maupun website miliknya, selain berbentuk tulisan bersama relawan – relawannya yang telah bergabung RKN juga mengungkapkan secara lisan.

Kepada media ini, RKN menyampaikan rasa cintanya kepada masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, “warga Limapuluh Kota yang kami cintai… Kami memandang bahwa daerah kita membutuhkan program terobosan dalam beberapa hal, sebagaimana kami uraikan secara menyeluruh, sebagai berikut,” ungkap RKN.

Pertama ia menguraikan, “kemampuan mengelola anggaran agar porsi APBD untuk pembangunan daerah bisa ditingkatkan. Kita membutuhkan banyak uang untuk membangun pertanian, pariwisata dan sektor-sektor lain. Kita harus mengusahakan minimal 50% APBD dapat dialokasikan untuk program-program yang menggerakkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Kedua tentang kemampuan mendatangkan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pengelolaan yang maksimal atas potensi daerah insya Allah bisa mendatangkan PAD setidaknya 500 M, adapun saat ini PAD kita hanya sekitar 20% dari angka diatas. Dengan PAD yang besar kita bisa menambah alokasi anggaran yang besar pula untuk membangun perekonomian.

Ketiga yaitu kemampuan membangun hubungan baik dalam rangka mendatangkan anggaran baik dari provinsi maupun pusat. Kerja sama yang baik dengan Pemprov, kementrian hingga kepada Presiden sangat dibutuhkan. Anggota DPRD provinsi dan DPR RI juga dirangkul agar dapat memberi perhatian besar untuk pembangunan Lima Puluh Kota. Membangun daerah ini perlu “KEBERSAMAAN”.

Ia juga menerangkan, anggaran yang kita kelola secara baik dengan meningkatkan alokasi untuk pembangunan, PAD yang meningkat, dan anggaran-anggaran tambahan dari provinsi dan pusat kita prioritaskan untuk melaksanakan program-program yang bersentuhan langsung dengan ekonomi masyarakat, seperti :
1. Menekan biaya modal petani hingga 50% sehingga pendapatan petani kita meningkat.

2. Membangun pariwisata unggul sehingga ekonomi kawasan bertumbuh dan berbagai sektor ekonomi bergeliat.

3. Mendorong insdustri baru dalam pengolahan komuditas unggulan seperti gambir, jeruk, kopi dan masih banyak lagi, sebagai solusi jangka panjang anjloknya harga berbagai komuditas unggulan daerah kita.

4. Menanami lahan terlantar atau lahan tidur dengan jagung dan komoditas yang cocok, dengan tekstur dan kontur tanah sehingga ekonomi di setiap nagari bertumbuh dan suplai pakan ayam untuk Lima Puluh Kota terjaga cukup dengan harga stabil.

Semua program prioritas kita arahkan untuk menggerakkan perekonomian, membuka lapangan kerja baru dan peningkatan pendapatan sehingga visi besar kita untuk “mewujudkan masyarakat madani & sejahtera terwujud,” sebut RKN. (frp)

loading...