24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Presiden Minta Penyusunan APBD Harus Berdasarkan Skala Prioritas
P

Kategori -

Jakarta,BeritaSumbar.com,-Presiden Joko Widodo berpesan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disusun berdasarkan skala prioritas. Karena, menurut Presiden, jika anggaran tidak dikonsentrasikan di persoalan yang menjadi prioritas, maka hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri acara Workshop Nasional Anggota DPRD Partai Persatuan Pembangunan se-Indonesia tahun 2018 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.
“Jangan sampai kita ulang-ulang lagi dengan membagi APBD itu. Semua dinas diberi semuanya. Harus ada skala prioritas anggaran. Misalnya, di sebuah daerah gedung-gedung sekolah masih jelek kondisinya, ya sudah 60 persen anggarannya ke sana. Jangan semua, uangnya hanya sedikit,” ucap Presiden.
Terkait hal tersebut, Presiden mencontohkan dimana APBN saat ini lebih difokuskan ke bidang infrastruktur. Presiden mengatakan bahwa ada tiga tahapan yang sedang dilakukan pemerintah dalam pembangunan nasional. Pertama adalah investasi di bidang infrastruktur, kedua investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), dan ketiga investasi di bidang inovasi dan teknologi.
“Dalam konsep besar kita, memang kita baru konsentrasi pada infrastruktur. Kita tahu bahwa ada ketimpangan antarwilayah, barat, tengah, dan timur. Kalau kita bandingkan dengan negara lain, Singapura dan Malaysia, biaya logistik kita 2 kali lipat lebih mahal. Artinya infrastruktur kita tidak siap, infrastruktur kita ketinggalan dengan negara-negara tetangga,” ujar Presiden.
Contoh yang paling ekstrim, lanjut Presiden, adalah kondisi jalan di Papua yang merupakan jalan utama yang sangat penting. Oleh karena itu, Presiden mengatakan bahwa pembangunan jalan Trans Papua juga sangat penting artinya.
“Coba kita bayangkan, 100 km ditempuh 2 hari. 200 km ditempuh 6 sampai 7 hari. Kalau bawa sembako, beras disana, harganya bisa berlipat-lipat karena biaya transportnya yang mahal sekali. Sampai masak di tengah jalan, karena berhari-hari. Ini yang sedang dalam proses kita bangun yang namanya Trans Papua,” lanjutnya.
Selain menginginkan APBD memiliki skala prioritas, di hadapan para anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kepala Negara juga mengingatkan persoalan terkait regulasi. Presiden berpesan agar para perangkat pemerintahan di daerah tidak terlalu banyak dalam membuat peraturan daerah (perda).
“Berkaitan dengan regulasi, jangan banyak-banyak buat perda. Saya tahu kenapa perda dibuat banyak. Arahnya ke mana saya tahu. Saya ini orang lapangan, saya ngerti. Tapi marilah itu kita ubah,” ujarnya.
Lebih jauh Kepala Negara mengatakan bahwa perda sebaiknya dibuat dengan detil dan berkualitas. Nantinya perda ini, Presiden berharap, dapat digunakan dalam jangka panjang dan tidak memberikan beban kepada masyarakat.
“Memberikan kecepatan birokrasi dalam melayani, memberikan keleluasaan masyarakat untuk berinovasi, meningkatkan kreativitas. Justru jangan membebani. Susah kita produksi Perda yang banyak-banyak. Satu, dua, tiga setahun cukup, tapi kualitasnya yang baik. Itu titipan saya,” ucap Presiden.
Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekreteris Negara Pratikno dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.
- Advertisement -

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Didamping Kapolres, Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM Kunjungi Lokasi Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kabag Opsnalev Baharkam Polri Brigjen Pol.Drs.Hendi Handoko, MM bersama Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan pejabat utama Polres mengunjungi kawasan wisata Geopark Silokek, Sabtu (12/6). Kunjungan Jendral Hendi beserta jajaran Polres Sijunjung Dalam rangka mewujudkan kepatuhan masyarakat terhadap Prokes, di kawasan wisata geopark ranah minang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Sebanyak Empat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Peduli Ekonomi Daerah PK IMM Kasman Singodimedjo Kunjungi Ketua Umum KADIN SUMBAR

Padang,BeritaSumbar.com,- PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Ketua Umum Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumatera Barat, Jumat (28/05) di sekretariat KADIN. Dalam pertemuan ini membahas tentang apa peranan mahasiswa dan pemuda dalam membantu membangkitkan perekonomian daerah.

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.
- Advertisement -