27.1 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Presiden Jokowi: Nanti, Semua Bandara Akan Dihubungkan Dengan Kota, Entah Kereta, LRT, Trem

Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, nantinya semua airport atau banda udara (Bandara) di tanahakan dihubungkan dengan kota, semuanya akan dihubungkan dengan, entah kereta api, bisa saja nanti kereta api ringan (ligh rail transit/LRT) tau trem juga bisa. Tergantung kotanya.

Tapi untuk Bandara Internasional Minangkabau, Padang, menurut Presiden Jokowi, akan dihubungkan dengan kereta api.  “Untuk tahun depan Insha Allah saya kira sudah selesai, dari stasiun ke kota, disini dari stasiun disini menuju airportnya dengan sky bridge. Semuanya sudah terencana tahun depan, Insha Allah rampung,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan rel kereta api di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/10) petang.

Bukan hanya Padang, menurut Presiden Jokowi, pembangunan rel kereta api dari kota Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, juga akan selesai tahun depan.

Tidak Ada Masalah

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan yang mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu mengatakan, sejauh ini pembangunan rel kereta di Bandara Internasional Minangkabau tidak ada masalah. Dari 3,9 kilometer rel yang dibangun, telah diselesaikan 2,9 kilometer.

“Kurang 1 km, saya kira ini soal waktu,” ungkap Jonan.

Menurut Jonan, dari informasi yang diperolehnya, proses pengadaan tanah untuk pembangunan rel kereta dari kota Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau, dan sebagainya, tidak ada masalah.

“Yang penting begini Kalau ini dibangun, kan dioperasikan kereta api indonesia, nah kereta api Indonesia ini Indonesia pastikan butuh personil tambahan untuk ini. Jadi saya sudah minta tolong dirutnya kereta api, untuk warga yang menjual tanahnya di sepanjang lintas itu, nanti setiap keluarga satulah anaknya atau saudaranya itu menjadi pegawai kereta api jadi ikut mengoperasikan,” papar Jonan.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu, selain Menhub Ignasius Jonan, juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (rfk/setkab)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang...

Program Unggulan ASA, Niniak Mamak Bahagia

Ashelfine, SH, MH yang telah diberigelar oleh kaum atau suku dengan gelar Rajo Parpatiah dari Suku Chaniago Nagari Pematang Panjang. Kamanakan Datuak...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -