24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Ponpes Sains Salman Assalam Cirebon Tingkatkan Mutu Lewat Literasi Islami dan Webinar
P

Kategori -

Cirebon, beritasumbar.com – Untuk menyebarkan pengetahuan tentang keislaman, para pegiat literasi islami perlu ditumbuhkan seiring perkembangan teknologi komunikasi di era digital pada saat sekarang ini. Ekspektasinya, akan terlahir tulisan-tulisan berkonsepkan islami pada media online yang dapat menjadi sumber bacaan utama untuk diminati masyarakat. Literasi islami jadi fokus tersendiri pada program pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sains Salman Assalam.

Sebagai langkah peningkatan mutu melalui literasi islami, Ponpes Sains Salman Assalam bekerjasama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) – Cirebon mengadakan Webinar Pendidikan bertema ‘Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Publikasi sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru’, digelar pada Kamis, 18 Maret 2021 di aula gedung ponpes tersebut yang berada di Jalan Buyut Ngabei, Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Saefurrahman, S.Hum., Ketua Panitia Webinar Pendidikan tersebut saat kami wawancarai melalui akun WhatsApp-nya pada Selasa (23/3/2021) mengatakan kegiatan tersebut menampilkan tiga Narasumber, yaitu Hendriwanto, S.Pd., M.Pd., Ratna Andhika M., S.Pd, M.Pd., dan Deden U. Wahyudi, SP., MP., dimoderatori oleh Anis Khoirunnisa, S.Pd.

“Webinar Pendidikan yang kami gelar dihadiri oleh puluhan peserta online dari berbagai daerah dan 32 peserta offline dari kalangan dewan asatidz Pesantren Sains Salman Assalam. Hadir pula pengurus dan segenap dewan guru dari lembaga di bawah naungan Yayasan Assalam. Semua peserta adalah tenaga pendidik, guru-guru dari TK, SD, SMP, SMA, dan sederajat,” kata Saefurrahman.

Acara Webinar Pendidikan tersebut dibuka oleh Dr. KH. Usep Saifuddin Zuhri, M.Pd.I., Pengasuh Ponpes Sains Salman Assalam. Pada prolog ia mengatakan bahwa acara Webinar Pendidikan tersebut cocok untuk pengembangan karya guru di internal maupun di luar pesantren. Bahkan guru mesti menjadi motivator bagi peserta didiknya dalam karya tulis. Terlebih di era milenial ini, semangat menulis harus lebih dikembangkan menjadi media syiar Islam.

Hendriwanto, S.Pd., M.P.d., Ketua Prodi BI FKIP UGJ, sebagai Narasumber pertama tampil pada webinar tersebut memaparkan secara gamblang tentang strategi menulis yang baik dan benar. Struktur karya tulis ilmiah dan fiksi pastilah berbeda, tapi dua-duanya sama memiliki daya tarik. Menulis akan lebih mudah bila datang dari minat dan hobi serta ketekunan. Dalam prosesnya ingat pula untuk sering bertanya, mencari mentor dan berkonsultasi agar isi dari karya tulis semakin berbobot dan berkualitas.

Narasumber berikutnya, Deden U. Wahyudi, M.P., Dosen Fakultas Pertanian mengatakan bahwa menulis itu menyenangkan, karena merupakan bagian dari refleksi hidup manusia. Ia mengajak para peserta webinar untuk menulis dari hal yang paling sederhana yang ada dalam hidup mereka.

Sementara itu, Narasumber Ratna Andhika M., S.Pd., M.Pd. memberi arahan melalui online kepada para peserta webinar tentang besarnya potensi karya tulis dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

Zaki Hidayat, S.Pd, Gr., Ketua Yayasan Assalam yang menaungi Ponpes Sains Salman Assalam saat menyampaikan kata sambutannya pada Webinar Nasional tersebut mengatakan, tulisan adalah simbol peradaban dunia. Menulislah untuk syiar dan peradaban Islam. Banyak manfaat yang akan didapatkan bagi seorang penulis, baik dari segi moril maupun materil. Banyak penulis riset dan jurnal yang diakui pemerintah maupun swasta hingga menjadi aset penelitian yang bernilai profit.

Seperti dijelaskan oleh Zaki Hidayat, Pondok Pesantren Sains Salman Assalam dengan kurikulum keterpaduannya sangat merespon perkembangan literatur santri. Di bawah kepemimpinan Dzikri Abdullah, S.Pd selaku Direktur KMI, program karya tulis santri masuk dalam materi karya ilmiah di kelas. Media tulis juga tersedia di majalah dinding (mading) yang disiapkan di area pondok. Dengan pola terjadwal, santri sudah rutin menulis sesuai kreativitas dan kemampuan mereka. Karya ilmiah juga menjadi syarat kelulusan santri Sains Salman Assalam. Santri kelas 6 harus lulus dengan membuat karya tulis.

Selain itu, Zaki Hidayat juga menyebutkan program-program di Ponpes Sains Salman Assalam dalam mendukung literasi islami untuk para tenaga pendidik dan santrinya, yaitu materi al-insya (menulis berbahasa Arab), composition (menulis berbahasa Inggris), dan karya ilmiah menjadi pelajaran wajib. Dalam kegiatan wajib muhadhoroh (penampilan berpidato), sampai Kepramukaan, dan Program Bahasa, santri juga dibiasakan menulis teks persiapan materi. Setiap ujian pondok, para santri sudah dibiasakan dengan soal-soal berbentuk essai, untuk membiasakan mereka menulis.

“Pesantren Sains Salman Assalam saat ini sedang membuka pendaftaran santri secara online untuk Tahun Ajaran 2021 – 2022. Kelas dan kuota santri terbatas. Untuk pendaftaran dapat menghubungi Ustadz Ujang di nomor kontak 085797561444,” kata Zaki Hidayat. (Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -