27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Ponpes Sains Salman Assalam Cirebon Tingkatkan Mutu Lewat Literasi Islami dan Webinar
P

Kategori -

Cirebon, beritasumbar.com – Untuk menyebarkan pengetahuan tentang keislaman, para pegiat literasi islami perlu ditumbuhkan seiring perkembangan teknologi komunikasi di era digital pada saat sekarang ini. Ekspektasinya, akan terlahir tulisan-tulisan berkonsepkan islami pada media online yang dapat menjadi sumber bacaan utama untuk diminati masyarakat. Literasi islami jadi fokus tersendiri pada program pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sains Salman Assalam.

Sebagai langkah peningkatan mutu melalui literasi islami, Ponpes Sains Salman Assalam bekerjasama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) – Cirebon mengadakan Webinar Pendidikan bertema ‘Meningkatkan Kemampuan Menulis untuk Publikasi sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru’, digelar pada Kamis, 18 Maret 2021 di aula gedung ponpes tersebut yang berada di Jalan Buyut Ngabei, Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Saefurrahman, S.Hum., Ketua Panitia Webinar Pendidikan tersebut saat kami wawancarai melalui akun WhatsApp-nya pada Selasa (23/3/2021) mengatakan kegiatan tersebut menampilkan tiga Narasumber, yaitu Hendriwanto, S.Pd., M.Pd., Ratna Andhika M., S.Pd, M.Pd., dan Deden U. Wahyudi, SP., MP., dimoderatori oleh Anis Khoirunnisa, S.Pd.

“Webinar Pendidikan yang kami gelar dihadiri oleh puluhan peserta online dari berbagai daerah dan 32 peserta offline dari kalangan dewan asatidz Pesantren Sains Salman Assalam. Hadir pula pengurus dan segenap dewan guru dari lembaga di bawah naungan Yayasan Assalam. Semua peserta adalah tenaga pendidik, guru-guru dari TK, SD, SMP, SMA, dan sederajat,” kata Saefurrahman.

Acara Webinar Pendidikan tersebut dibuka oleh Dr. KH. Usep Saifuddin Zuhri, M.Pd.I., Pengasuh Ponpes Sains Salman Assalam. Pada prolog ia mengatakan bahwa acara Webinar Pendidikan tersebut cocok untuk pengembangan karya guru di internal maupun di luar pesantren. Bahkan guru mesti menjadi motivator bagi peserta didiknya dalam karya tulis. Terlebih di era milenial ini, semangat menulis harus lebih dikembangkan menjadi media syiar Islam.

Hendriwanto, S.Pd., M.P.d., Ketua Prodi BI FKIP UGJ, sebagai Narasumber pertama tampil pada webinar tersebut memaparkan secara gamblang tentang strategi menulis yang baik dan benar. Struktur karya tulis ilmiah dan fiksi pastilah berbeda, tapi dua-duanya sama memiliki daya tarik. Menulis akan lebih mudah bila datang dari minat dan hobi serta ketekunan. Dalam prosesnya ingat pula untuk sering bertanya, mencari mentor dan berkonsultasi agar isi dari karya tulis semakin berbobot dan berkualitas.

Narasumber berikutnya, Deden U. Wahyudi, M.P., Dosen Fakultas Pertanian mengatakan bahwa menulis itu menyenangkan, karena merupakan bagian dari refleksi hidup manusia. Ia mengajak para peserta webinar untuk menulis dari hal yang paling sederhana yang ada dalam hidup mereka.

Sementara itu, Narasumber Ratna Andhika M., S.Pd., M.Pd. memberi arahan melalui online kepada para peserta webinar tentang besarnya potensi karya tulis dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

Zaki Hidayat, S.Pd, Gr., Ketua Yayasan Assalam yang menaungi Ponpes Sains Salman Assalam saat menyampaikan kata sambutannya pada Webinar Nasional tersebut mengatakan, tulisan adalah simbol peradaban dunia. Menulislah untuk syiar dan peradaban Islam. Banyak manfaat yang akan didapatkan bagi seorang penulis, baik dari segi moril maupun materil. Banyak penulis riset dan jurnal yang diakui pemerintah maupun swasta hingga menjadi aset penelitian yang bernilai profit.

Seperti dijelaskan oleh Zaki Hidayat, Pondok Pesantren Sains Salman Assalam dengan kurikulum keterpaduannya sangat merespon perkembangan literatur santri. Di bawah kepemimpinan Dzikri Abdullah, S.Pd selaku Direktur KMI, program karya tulis santri masuk dalam materi karya ilmiah di kelas. Media tulis juga tersedia di majalah dinding (mading) yang disiapkan di area pondok. Dengan pola terjadwal, santri sudah rutin menulis sesuai kreativitas dan kemampuan mereka. Karya ilmiah juga menjadi syarat kelulusan santri Sains Salman Assalam. Santri kelas 6 harus lulus dengan membuat karya tulis.

Selain itu, Zaki Hidayat juga menyebutkan program-program di Ponpes Sains Salman Assalam dalam mendukung literasi islami untuk para tenaga pendidik dan santrinya, yaitu materi al-insya (menulis berbahasa Arab), composition (menulis berbahasa Inggris), dan karya ilmiah menjadi pelajaran wajib. Dalam kegiatan wajib muhadhoroh (penampilan berpidato), sampai Kepramukaan, dan Program Bahasa, santri juga dibiasakan menulis teks persiapan materi. Setiap ujian pondok, para santri sudah dibiasakan dengan soal-soal berbentuk essai, untuk membiasakan mereka menulis.

“Pesantren Sains Salman Assalam saat ini sedang membuka pendaftaran santri secara online untuk Tahun Ajaran 2021 – 2022. Kelas dan kuota santri terbatas. Untuk pendaftaran dapat menghubungi Ustadz Ujang di nomor kontak 085797561444,” kata Zaki Hidayat. (Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -