SALO – Satuan Sabhara Polres Kampar kerahkan kendaraan taktis AWC (Armored Water Cannon) untuk membantu pemadaman Karhutla yang terjadi di Dusun Koto Bangun Desa Salo Kecamatan Salo pada Senin siang (16/9/2019).

Upaya pemadaman kebakaran lahan ini dipimpin langsung Kasat Sabhara Iptu Ikwan Widarmono dengan melibatkan belasan personel dari Satsabhara dan Polsek Bangkinang Barat serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Salo.

Awalnya Kasat Sabhara mendapat informasi dari Camat Salo Minda SH bahwa telah terjadi kebakaran lahan di wilayah Koto Bangun Desa Salo yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat, sementara saat itu mobil Damkar Pemda Kampar yang ada sedang melakukan pemadaman dan pendinginan karhutla di wilayah Kecamatan Tambang.

Iptu Ikwan langsung berinisiatif menggunakan mobil AWC yang biasa digunakan sebagai peralatan Dalmas ini, untuk diperbantukan memadamkan kebakaran lahan di wilayah Salo ini.

Dengan bersusah payah kendaraan taktis ini sampai di lokasi kebakaran lahan karena jalan yang dilalui sangat sempit, dan terpaksa harus memotong beberapa dahan pohon agar bisa mendekati lokasi.

Setiba dilokasi sejumlah petugas Kepolisian ini bersama beberapa personel TNI, langsung menyiram lahan yang terbakar terutama yang dekat dengan pemukiman warga.

Hingga saat ini asap terlihat masih keluar dari lokasi kebakaran lahan ini namun apinya sudah tak terlihat, belum diketahui apa penyebab kebakaran lahan semak belukar ini.

Hingga sekarang (sore ini) petugas Kepolisian dari Satsabhara Polres Kampar dan Polsek Bangkinang Barat masih berada dilokasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran serta pelakunya, sebagian anggota lainnya masih melakukan penyiraman lahan.(rel/eman)

loading...