27 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Pokdarwis Kabupaten Pessel, Diberi Pelatihan Sadar Wisata
P

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Dinas Pariwisata ( Dispar) Provinsi Sumatera Barat, menggelar peningkatan dan pengembangan sadar wisata, yang diikuti penggiat pariwisatq maupun kelompok sadar wisata ( Pokdarwis), di Hotel Grand Zuri, Rabu dan Kamis (26-27/8).

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Anastasia menyampaikan, bahwa pelatihan seperti ini diadakan setiap tahunya, pada pelatihan kali diikuti sebanyak 95 orang pengelola dan penggiat objek wisata, serta wartawan tentang peningkatan dan pengembangan gerakan kepariwisataan berbasis masyarakat untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

” kita bersama inginkan agar Sumbar, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan menjadi tuan rumah yang baik kepada wisatawan, ” harap Anastasia.

Selain itu, dalam laporanya berharap supaya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan kedepan dapat bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini berkat dukungan penuh dari anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Bakri Bakar. Berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Drs.Doni Hendra.MM bahwa, Dinas Pariwisata Sumbar bersama DPRD Provinsi Sumbar, didukung Bakri Bakar anggota DPRD Sumbar, asal Kabupaten Pesisir Selatan.

Doni sangat mengapresiasi kehadiran seluruh elemen terkait pariwisata Pessel yang hadir. Pelatihan kali ini diharapkan bermanfaat pada peningkatan dan pengembangan Gerakan sadar wisata (pelatihan sadar wisata).

Kepariwisataan berbasis masyarakat untuk peningkatan perekonomian masyarakat

” Walaupun saat ini pariwisata sudah dibuka, namun tetap kita mengajak pada semua pihak tetap mengikuti protokol kesehatan,” himbau nya.

Doni juga mengucapkan terima kasih pada anggota DPRD Sumbar Bakri Bakar telah mengalokasikan dana pokok pikiranya, pada Dinas Pariwisatanya, dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM), mari kita ciptakan Sapta Pesona.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Sumbar Bakri Bakar, Dapil 8 asal Kabupaten Pessel, pariwisata mempunyai nilai bisnis dan ekonomi di tengah masyarakat, maka pengembangan pariwisata harus benar – benar dikelolah secara profesional.

Selalu pemateri, Bakri Bakar menyampaikan menjawab tantangan dunia pariwisata pengelolaan pariwisata yang baik dan Sapta pesona adalah penting untuk diterapkan, ekonomi menggeliat jika pengelolaan pariwisatanya dilakukan secara benar.

Dirinya berharap pada peserta pelatihan sadar wisata bisa mengikuti kegiatan dengan baik, untuk peningkatan dan pengembangan Kepariwisataan berbasis masyarakat untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Adapun Narasumber pelatihan ini adalah, Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Peran DPRD dalam pengembangan pariwisata daerah Bakri Bakar, penerapan protokol kesehatan pada sektor Pariwisata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar.

Pada hari kedua Kamis (27/8) akan dilanjutkan kunjungan lapangan adakan aksi penanaman pohon.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -