26 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

PMI Sumbar Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Bencana di Kota Payakumbuh
P

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Bencana yang sering terjadi di Provinsi Sumatra Barat yang disebabkan oleh faktor alam maupun non faktor alam merupakan latar belakang atas terlaksananya kegiatan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana Untuk Pelaku Pada Masa Pandemi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2021 kali ini berlangsung di kota Payakumbuh.

Bertempat di lapangan Cafe Agam Jua Kota Payakumbuh, kegiatan pelatihan berlangsung selama dua minggu yang terbagi dalam dua gelombang, dimana untuk gelombang pertama berlangsung pada 6-11 Juli dan gelombang kedua pada 12-17 Juli 2021.

Pada kesempatan dalam pembukaan kegiatan pelatihan manajemen tanggap bencana oleh PMI Provinsi Sumbar itu turut dihadiri oleh Gubernur yang diwakili staf ahli bidang pembangunan, masyarakat dan SDM Ahmad Yani, ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi, ketua PMI Provinsi Sumbar Aristo Munandar dan Forkopimda kota Payakumbuh.

Dalam laporannya, kepala Markas PMI Provinsi Sumatra Barat Hidayatul Irwan mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas personel PMI dalam pelayanan teknis kepalangmerahan dan manajemen tanggap darurat bencana, dan juga sigap dalam menghadapi situasi konflik secara cepat, tepat efektif serta terkoordinasi pada masa pandemi yang terjadi saat ini”, ungkap Hidayat, Rabu (7/7).

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah sebanyak 180 orang yang terbagi 90 orang pergelombang.

“Peserta kita ini mewakili dari 19 kota/kabupaten dari personel PMI se-Sumatra Barat, dan terbagi sebanyak 69 orang laki-laki dan 21 orang perempuan pada setiap gelombangnya”, ujar Hidayat melanjutkan.

Sementara itu, walikota yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda dalam sambutannya menyampaikan jika Pelatihan Manajemen Bencana memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang kebencanaan, prinsip-prinsi penanggulangan bencana, sistem penanggulanagan bencana, manajemen resiko bencana, manajemen tanggap darurat, manajemen rehabilitasi,dan rekonstruksi, manajemen logistic dan lainnya.

“Atas nama Pemko Payakumbuh, saya sangat mengapresiasi atas dipilihnya kota Payakumbuh dalam pelaksanaan pelatihan tanggap bencana ini, dan juga saya tak lupa sampaikan trimakasih kepada Bapak/Ibu yang telah berkenan hadir dan secara aktif terlibat dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana yang akan dilaksanakan selama 2 minggu ini, dan tentunya kegiatan pelatihan ini merupakan bagian daripada upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatra Barat terutama kota Payakumbuh selaku tuan rumah dalam penanggulangan bencana”, ujar Rida dengan semangat.

Tidak lupa juga, Sekretaris Daerah itu juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para Narasumber, Evaluator, dan Penyelenggara Pelatihan Tanggap Darurat Bencana ini. Sebagaimana diketahui pelatihan manajemen tanggap bencana yang dilaksanakan oleh PMI Porvinsi Sumatra Barat yang berlangsung di Kota Payakumbuh. Dan dengan dilaksanakannya di kota Payakumbuh, kegiatan pelatihan manajemen tanggap bencana hendaknya dapat membawa dampak positif dan kemajuan bagi kota Payakumbuh dalam hal kepalangmerahan kedepannya.

“Dan juga dengan kegiatan pelatihan ini tentu kami berharap akan keberlangsungan dan dampak atas kegiatan pelatihan manajemen tanggap bencana dapat meningkatkan kapasitas personel PMI dalam pelayanan teknis kepalangmerahan dan manajemen tanggap darurat bencana dan situasi konflik secara cepat, tepat dan efektif serta terkoordinasi pada masa pandemi covid-19 yang semakin meningkat saat ini”, tukas Rida.

Setelah pembukaan berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta pelatihan manajemen tanggap darurat bencana untuk pelaku pada masa pandemi tahun 2021.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.
- Advertisement -