25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Beny Dwifa Yuswir, Program Baznas Untuk Pengentasan kemiskinan Di Sijunjung
B

Kategori -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Program Badan Amil Zakat ( Baznas) menjadi primadona pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sijunjung, kata Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir, di gedung Pancasila Muaro, Rabu (7/7).

Kita perlu memberi apresiasi kepada pengurus Baznas Sijunjung yang baru bekerja selama Dua Bulan Sepuluh Hari, telah berhasil meningkatkan pengumpulan zakat yang luar biasa, sudah mencapai 2.5 milyar, kalau selama ini masih kisaran ratusan juta.

Untuk itu, Baznas perlu dukungan para Walinagari untuk mengerakan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kenagarian. Dengan kerjasama maksimal dan koordinasi yang baik Baznas Kabupaten dengan UPZ yang ada, Insyallah program pengentasan kemiskinan dan program yang sudah tersusun dengan baik untuk mengangkat derajat perekonomian lewat Baznas akan dapat kita wujudkan sesuai rencana, kata Bupati.

Penegasan bupati ini disampaikan dalam acara penyerahan secara simbolik (karena situasi covid) penyaluran dana zakat semester l Program Sijunjung Peduli & Sijunjung Cerdas. dari 5 Program Basnas.
Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Hidayatullah LC.MA menyampaikan program Baznas saat ini diantaranya, Program Sijunjung Peduli (Santun Komsumtif Fakir Miskin, Terlantar). Kedua, Sijunjung Cerdas (bantuan untuk siswa pelajar,mahasiswa fakir. Kedepan bisa kita bantu bagi anak- anak yang memiliki prestasi, satu keluarga satu sarjana nanti kita kolaborasi dengan pemerintah daerah, dan satu nagari satu da’i sarjana.
Program Ketiga, Sijunjung Makmur, batuan usaha produktif, bertanam pinang,peternakan kambing, dan bantuan modal UMKM.

Program keempat Sijunjung Takwa, memberikan bantuan untuk mualaf, khitanan,dai untuk BPJS ketenaga kerjaan, serta para warga Sijunjungvyangcterjerat dampakk narkoba, dan anak terlantar.
Program Sijunjung Sehat, memberikan bantuan berobat, BPJS sementara, menjelang keluar BPJS yang di danai APBD.

Menurut ketua Baznas Sijunjung Penyaluran untuk Mustahik sebanyak 2701 orang dengan totalnya 755.200.000 rinciannya, untuk program Sijunjung Cerdas : anak sekolah dasar sebanyak 1.178 siswa yang masing-masing mendapatka Rp. 250.000 dengan jumlah 294.500.000.

Anak SLTP, sebanyak 768 siswa, masing- masing mendapat 300 ribu dengan total 230.000.000. Sedangkan untuk anak SLTA sebanyak 76 orang dengan masing-masing mendapat 350 ribu dengan total 26.600.000.
Program Sijunjung peduli sebesar 149.400.000. Sesuai usulan Kantor wali dan usulan Usulan korwil kecamatan. Total penyaluran 1.285.523.850. Sejak dilantik Baznas Sijunjung telah Melanjutkan kerja pimpinan sebelumnya, Menata dan Membenahi yang masih kurang Menyiapkan Regulasi dan payung Hukum

  • Kesadaran bersama petingnya keberadaan Baznas, Gerakan Cinta Zakat dikeluarkannya edaran bupati optimlisasi zakat telah di sosialisasi ke instasi vertikal, swasta. sampai hari ini sudah terkumpul 2.556.317.464 (51.12%).Mudah- mudahan sampai akhir tahun ini bisa mencapai diatas 5 milyar, tekad Baznas Sijunjung.( Alim)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...
- Advertisement -