27 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Beny Dwifa Yuswir, Program Baznas Untuk Pengentasan kemiskinan Di Sijunjung
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Program Badan Amil Zakat ( Baznas) menjadi primadona pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sijunjung, kata Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir, di gedung Pancasila Muaro, Rabu (7/7).

Kita perlu memberi apresiasi kepada pengurus Baznas Sijunjung yang baru bekerja selama Dua Bulan Sepuluh Hari, telah berhasil meningkatkan pengumpulan zakat yang luar biasa, sudah mencapai 2.5 milyar, kalau selama ini masih kisaran ratusan juta.

Untuk itu, Baznas perlu dukungan para Walinagari untuk mengerakan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kenagarian. Dengan kerjasama maksimal dan koordinasi yang baik Baznas Kabupaten dengan UPZ yang ada, Insyallah program pengentasan kemiskinan dan program yang sudah tersusun dengan baik untuk mengangkat derajat perekonomian lewat Baznas akan dapat kita wujudkan sesuai rencana, kata Bupati.

Penegasan bupati ini disampaikan dalam acara penyerahan secara simbolik (karena situasi covid) penyaluran dana zakat semester l Program Sijunjung Peduli & Sijunjung Cerdas. dari 5 Program Basnas.
Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Hidayatullah LC.MA menyampaikan program Baznas saat ini diantaranya, Program Sijunjung Peduli (Santun Komsumtif Fakir Miskin, Terlantar). Kedua, Sijunjung Cerdas (bantuan untuk siswa pelajar,mahasiswa fakir. Kedepan bisa kita bantu bagi anak- anak yang memiliki prestasi, satu keluarga satu sarjana nanti kita kolaborasi dengan pemerintah daerah, dan satu nagari satu da’i sarjana.
Program Ketiga, Sijunjung Makmur, batuan usaha produktif, bertanam pinang,peternakan kambing, dan bantuan modal UMKM.

Program keempat Sijunjung Takwa, memberikan bantuan untuk mualaf, khitanan,dai untuk BPJS ketenaga kerjaan, serta para warga Sijunjungvyangcterjerat dampakk narkoba, dan anak terlantar.
Program Sijunjung Sehat, memberikan bantuan berobat, BPJS sementara, menjelang keluar BPJS yang di danai APBD.

Menurut ketua Baznas Sijunjung Penyaluran untuk Mustahik sebanyak 2701 orang dengan totalnya 755.200.000 rinciannya, untuk program Sijunjung Cerdas : anak sekolah dasar sebanyak 1.178 siswa yang masing-masing mendapatka Rp. 250.000 dengan jumlah 294.500.000.

Anak SLTP, sebanyak 768 siswa, masing- masing mendapat 300 ribu dengan total 230.000.000. Sedangkan untuk anak SLTA sebanyak 76 orang dengan masing-masing mendapat 350 ribu dengan total 26.600.000.
Program Sijunjung peduli sebesar 149.400.000. Sesuai usulan Kantor wali dan usulan Usulan korwil kecamatan. Total penyaluran 1.285.523.850. Sejak dilantik Baznas Sijunjung telah Melanjutkan kerja pimpinan sebelumnya, Menata dan Membenahi yang masih kurang Menyiapkan Regulasi dan payung Hukum

  • Kesadaran bersama petingnya keberadaan Baznas, Gerakan Cinta Zakat dikeluarkannya edaran bupati optimlisasi zakat telah di sosialisasi ke instasi vertikal, swasta. sampai hari ini sudah terkumpul 2.556.317.464 (51.12%).Mudah- mudahan sampai akhir tahun ini bisa mencapai diatas 5 milyar, tekad Baznas Sijunjung.( Alim)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img