24.2 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Tim Terpadu Lakukan Pengawasan Perizinan Tambak di Pesisir Pantai Padang Pariaman.
T

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Untuk meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan di daerah. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha tambak udang, yang semakin banyak bermunculan di pesisir pantai daerah itu.

Kegiatan pembinaan dan pengawasan, diawali dengan rapat koordinasi antara Tim Terpadu yang terdiri dari Perangkat Daerah terkait (DPMPTP, Dinas PUPR, Dinas Perikanan dan Satpol-PP) bersama DPRD Kabupaten Padang Pariaman, pada Rabu (8/7) bertempat di kantor Camat Ulakan Tapakih. Pertemuan yang berlangsung singkat tersebut, membicarakan rencana sasaran kunjungan terkait perizinan dan sistem pengelolaan limbah tambak udang, yang sudah meresahkan masyarakat.

Hadir pada pertemuan itu, Kasat Pol. PP Damkar Rianto, SH. MM. Sekretaris PUPR Rahim Thamrin ST. Kabid Perizinan DPMPTP Emri Nurman, SSTP. MM. Kabid Dinas Perikanan dan Plt. Sekcam Ulakan Tapakih Anesa Satria, SH. MM. Dan anggota DPRD Padang Pariaman juga terlihat hadir dari Komisi II Wira Satria dan Rusli Umar. Juga ikut dalam rombongan, beberapa Kasi dan Personil Satpol-PP.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan dan pengawasan perizinan, dengan melakukan peninjauan ke lokasi tambak udang milik Rizki Pratama di Korong Tiram Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih. Setiba di lokasi, rombongan tim terpadu yang dipimpin Kasat Pol. PP memanggil pengawas lapangan Indra yang berada di lokasi. Diketahui, bahwa telah dilakukan pembangunan tambak oleh pengusaha yang hampir selesai 90%, sementara izin usaha tambaknya belum ada.

Saat itu, pengawas lapangan Indra diberi teguran dan harus menandatangani surat pernyataan. Bahwa pihaknya dilarang untuk melanjutkan pembangunan tambak, sebelum izin usaha tambak dan rekomendasi dari instansi terkait diterbitkan.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tidak akan mempersulit proses perizinan dan akan memberikan kemudahan berusaha bagi investor dan masyarakat. Selagi usaha tersebut, sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Emri Nurman.

Selesai melakukan pembinaan di Korong Tiram Nagari Tapakih, Tim Terpadu melanjutkan peninjauan ke Pantai Gosong Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai. Diduga disana ada beberapa lokasi tambak udang yang belum memiliki izin usaha, tapi tambak mereka sudah beroperasi bahkan sudah panen beberapa kali.

Secara terpisah, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan. Bahwa pembangunan tambak udang merupakan salah satu alternatif dalam pemulihan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19 ini. Azaz manfaat dan dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama dengan terbukanya lapangan kerja bagi anak Nagari dan membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Seperti, terlihat masyarakat mulai berusaha atau berbisnis sebagai pedagang udang. Baik dalam skala kecil atau besar dan berusaha di sektor ekspedisi dan transportasi hasil panen atau pakan.

“Dengan banyaknya bermunculan usaha tambak udang di Kabupaten Padang Pariaman, khususnya di wilayah pesisir pantai. Tentunya akan memberikan dampak peningkatan ekonomi yang signifikan bagi Nagari-Nagari setempat. Dengan syarat, kehadirannya juga tidak merusak lingkungan dan ekosistem yang ada. Mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta memberikan perhatian dan kontribusi bagi masyarakat,” tutupnya. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Setelah Buron, Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diringkus Polisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Setelah sempat buron alias melarikan diri selama hampir empat bulan, akhirnya salah satu pelaku pengeroyokan korban tewas akibat teriakan maling...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -