26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Pilkada, Payakumbuh Tetap Kondusif
P

Kategori -

Dibeberapa tahun terakhir, Kota Payakumbuh selalu dalam suasana kondusif. Setiap agenda Pemilu, apakah itu  pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan Presiden (Pilpres) sampai ke pemilihan anggota legislatif (Pileg), tak ada kekacauan di Payakumbuh. Kesadaran berpolitik warga kota sudah cukup tinggi. Sebuah catatan prestasi yang pantas dipertahankan dan ditingkatkan, terutama menghadapi Pilgub Sumatera Barat, akhir 2015 nanti.

Demikian disampaikan Walikota Riza Falepi, ketika membuka Sosialisasi UU Pilkada, terhadap pengurus ormas, parpol dan LSM, dalam acara di aula SMK Negeri 1 Payakumbuh, Senin (15/6). Sosialisasi UU 8/ 2015, tentang  Pilkada itu,  dihelat Kantor Kesbangpol Payakumbuh, dengan mengangkat thema Sosialisasi Undang-undang Pilkada dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah/Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015.

Menurut Kepala Kesbangpol Elfriza Zaharman, total pesertanya mencapai 125 orang.    Dalam sosialisasi ini, pemko mencoba membangun komunikasi dengan unsur masyarakat, terlebih lagi bagi mereka yang tercatat sebagai pemilih aktif.

Selain itu, diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat meningkatkan partisipatif masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam menentukan kepala daerah yang nantinya akan memimpin Provinsi Sumbar selama 5 tahun ke depan.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, menghimbau,  seluruh unsur masyarakat agar terus menjaga kota ini dalam suasana  kondusif menjelang Pilgub nanti. Gesekan-gesekan akibat berbeda pilihan dari masyarakat maupun dan partai politik yang berkedudukan di kota ini, jangan sampai merusak hubungan siaturahim.

Dikatakan, apabila stabilitas kota ini tidak dapat dipertahankan, efeknya juga berakibat pada berbagai bidang lainnya, khususnya bidang ekonomi. “Apabila terjadi keributan, tentunya masyarakat akan takut untuk keluar rumah. Apalagi masyarakat dari luar kota Payakumbuh. perekonomian akan terhenti, ujung-ujungnya kita juga yang merugi. Walau begitu, Saya yakin, kita bersama dapat menjaga dan membangun partisipasi yang positif dalam menyongsong Pemilu kada ini” ujar Riza.

Sementara itu, menurut Kakankesbangpol Elfriza Zaharman, sosialisasi UU Pilkada itu, bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian Resort Kota Payakumbuh. Narasumbernya, selain walikota, juga  diberikan  Ketua KPU Hetta Membayu, Kanit Intel Polres Payakumbuh Ekwanto, Ketua Panwaslu Payakumbuh Wilson, serta Birokrat IPDN Rusdi Lubis.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.
- Advertisement -

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Lapas Padang Terus Berbenah Antisipasi Gangguan Kamtib dan Penanggulangan Bencana

Padang,Beritasumbar.com,– Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga terkait peningkatan pengawasan dan pengamanan di Lapas dan Rutan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

Proyek Fisik di SMPN 1 Bukittinggi Terkesan Dikerjakan Secara Diam-diam

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Di tengah pendemi covid19, sejumlah kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi tetap berjalan, seperti yang terjadi di SMP...

Tiga Tantangan Besar Hambat Gerakan Perburuhan di Indonesia

Jakarta,- DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menyebutkan Tiga tantangan besar tengah menghambat pergerakan Serikat Buruh saat ini di Indonesia.
- Advertisement -