30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Petani Bergairah, Gubernur Resmikan Pemakaian Gedung TA
P

Kategori -

Kesulitan pemasaran yang dialami petani Payakumbuh atau Sumatera Barat selama ini, bakal berakhir. Pemko Dumai, Riau dan Pemko Payakumbuh menjalin kerjasama dalam pemasaran seluruh hasil tanaman holtikultura dan komiditi ekspor lainnya. Dua pengelola terminal agribisnis Payakumbuh dan Dumai, sehari sebelumnya, telah  menandatangani nota kesepahaman untuk  menjamin pemasaran hasil tani tersebut.

Saat meresmikan pemakaian bangunan terminal agribisnis (TA) Payakumbuh yang terletak di Kelurahan Kotopanjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (1/3), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengingatkan seluruh jajaran Dinas Pertanian Sumbar dan petani daerah ini, untuk meningkatkan mutu produksi. Sebelumnya,  pejabat Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Dendy Kurniadi atas nama Menteri PU,  menyerahkan kunci TA tersebut kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

Bangunan TA senilai Rp2,7 Miliyar itu bantuan Kementerian PU, lewat program Kota Agropolitan yang dicanangkan Payakumbuh sejak 2011. Badan pengelola TA ini di bawah UPT Dinas Tanaman Holtikultura Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh, bertanggung jawab menampung dan memasarkan  hasil tani kota ini, serta kota dan kabupaten tetangga. “Yang harus dijaga adalah mutu dan kontinuitas  produksi,” sebut Gubernur.

Selama ini,  kata gubernur, petani di Sumatera Barat sulit memasarkan hasil taninya. Cerita Sekdako H. Benni Warlis, selaku ketua panitia peresmian TA melaporkan, bahwa petani Payakumbuh pernah memuntahkan hasil sayuran mereka ke Dinas Pertanian, karena tak terjual karena kesulitan pemasaran, sebuah kasuistis pahit yang tak mesti terjadi.

“Jalan mulus itu sudah terbentang. Ke depan, bagaimana seluruh kelompok tani, pengelola sub terminal agribisnis (STA)  dan TA bersinergi mengelola pertanian yang sesuai permintaan pengelola TA Payakumbuh dan TA Dumai. Sesuaikan yang ditanam dengan permintaan pasar,” ungkap gubernur.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Menteri PU diwakili Dendy Kurniadi, sama-sama menegaskan, agar TA dimanfaatkan maksimal, untuk peningkatan kesejahteraan petani. Menurut Walikota, tahun anggaran 2014, Pemko sudah menyediakan dana untuk pengadaan  aliran listrik PLN, pengadaan genset,  kendaraan cool strorage (kendaraan pendingin), serta box pendingin. Selain itu, juga akan ditambah akses jalan baru menuju TA.

Ketua Forum Kawasan Agrbisnis Holtikultura dan Sayuran Sumatera,  Irham Hadi, MBA yang hadir dalam peresmian TA, ketika dihubungi, mengaku siap menampung seluruh hasil pertanian dari TA Payakumbuh. Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan bersama Badan Pengelola TA Payakumbuh, harus mampu memelihara mutu, packaging dan kontinuitas  produksi. “Soal kuantitas tak masalah. Karena, TA Dumai  kesulitan memenuhi permintaan pasar, termasuk permintaan dari negara tetangga, kata Irham Hadi.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis, mantan Kadis Pertanian Payakumbuh, bersama Kadis Tanaman Pangan Perkebunan Kehutanan Iqbal Bermawi serta Kepala Badan Pengelola TA Sarman, mengaku siap memenuhi harapan pelaku usaha tani Dumai. “Saya akan intervensi jajaran pertanian dan pengelola TA beserta STA yang ada di Payakumbuh dan daerah tetangga,” tehas Benni.

Peresmian TA yang terletak di atas tanah lebih kurang 500 meter itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita gedung TA. Dihadiri Kadis Pertanian Tanaman Pangan Sumbar Ir. Djoni dan rombongan lainnya, Wakil  Walikota H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD H. Wilman Singkuan, anggota Muspida, pimpinan SKPD, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Ketua GOW Ny. Hj. Anggota kelompok tani, pengurus STA Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -