23 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Petani Bergairah, Gubernur Resmikan Pemakaian Gedung TA
P

Kategori -

Kesulitan pemasaran yang dialami petani Payakumbuh atau Sumatera Barat selama ini, bakal berakhir. Pemko Dumai, Riau dan Pemko Payakumbuh menjalin kerjasama dalam pemasaran seluruh hasil tanaman holtikultura dan komiditi ekspor lainnya. Dua pengelola terminal agribisnis Payakumbuh dan Dumai, sehari sebelumnya, telah  menandatangani nota kesepahaman untuk  menjamin pemasaran hasil tani tersebut.

Saat meresmikan pemakaian bangunan terminal agribisnis (TA) Payakumbuh yang terletak di Kelurahan Kotopanjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (1/3), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengingatkan seluruh jajaran Dinas Pertanian Sumbar dan petani daerah ini, untuk meningkatkan mutu produksi. Sebelumnya,  pejabat Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Dendy Kurniadi atas nama Menteri PU,  menyerahkan kunci TA tersebut kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

Bangunan TA senilai Rp2,7 Miliyar itu bantuan Kementerian PU, lewat program Kota Agropolitan yang dicanangkan Payakumbuh sejak 2011. Badan pengelola TA ini di bawah UPT Dinas Tanaman Holtikultura Perkebunan dan Kehutanan Payakumbuh, bertanggung jawab menampung dan memasarkan  hasil tani kota ini, serta kota dan kabupaten tetangga. “Yang harus dijaga adalah mutu dan kontinuitas  produksi,” sebut Gubernur.

Selama ini,  kata gubernur, petani di Sumatera Barat sulit memasarkan hasil taninya. Cerita Sekdako H. Benni Warlis, selaku ketua panitia peresmian TA melaporkan, bahwa petani Payakumbuh pernah memuntahkan hasil sayuran mereka ke Dinas Pertanian, karena tak terjual karena kesulitan pemasaran, sebuah kasuistis pahit yang tak mesti terjadi.

“Jalan mulus itu sudah terbentang. Ke depan, bagaimana seluruh kelompok tani, pengelola sub terminal agribisnis (STA)  dan TA bersinergi mengelola pertanian yang sesuai permintaan pengelola TA Payakumbuh dan TA Dumai. Sesuaikan yang ditanam dengan permintaan pasar,” ungkap gubernur.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Menteri PU diwakili Dendy Kurniadi, sama-sama menegaskan, agar TA dimanfaatkan maksimal, untuk peningkatan kesejahteraan petani. Menurut Walikota, tahun anggaran 2014, Pemko sudah menyediakan dana untuk pengadaan  aliran listrik PLN, pengadaan genset,  kendaraan cool strorage (kendaraan pendingin), serta box pendingin. Selain itu, juga akan ditambah akses jalan baru menuju TA.

Ketua Forum Kawasan Agrbisnis Holtikultura dan Sayuran Sumatera,  Irham Hadi, MBA yang hadir dalam peresmian TA, ketika dihubungi, mengaku siap menampung seluruh hasil pertanian dari TA Payakumbuh. Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan bersama Badan Pengelola TA Payakumbuh, harus mampu memelihara mutu, packaging dan kontinuitas  produksi. “Soal kuantitas tak masalah. Karena, TA Dumai  kesulitan memenuhi permintaan pasar, termasuk permintaan dari negara tetangga, kata Irham Hadi.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis, mantan Kadis Pertanian Payakumbuh, bersama Kadis Tanaman Pangan Perkebunan Kehutanan Iqbal Bermawi serta Kepala Badan Pengelola TA Sarman, mengaku siap memenuhi harapan pelaku usaha tani Dumai. “Saya akan intervensi jajaran pertanian dan pengelola TA beserta STA yang ada di Payakumbuh dan daerah tetangga,” tehas Benni.

Peresmian TA yang terletak di atas tanah lebih kurang 500 meter itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita gedung TA. Dihadiri Kadis Pertanian Tanaman Pangan Sumbar Ir. Djoni dan rombongan lainnya, Wakil  Walikota H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD H. Wilman Singkuan, anggota Muspida, pimpinan SKPD, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Ketua GOW Ny. Hj. Anggota kelompok tani, pengurus STA Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -