25.2 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Pesisir Selatan Sediakan Rp.1,2 Miliar Selenggarakan TDS

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan dana sebanyak Rp1,2 miliar untuk menyelenggarakan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015 di daerah itu.

“Pemkab mengalokasikan dana tersebut melalui APBD kabupaten dan sumber dana resmi lainnya. Sedangkan penggunaan dana akan disesuaikan dengan kebutuhan “TdS” 2015 sebagai penyelenggara grand start, ” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Senin.

Sesuai rencana “grand start” Tour de Singkarak (TdS) 2015 akan dipusatkan di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan setelah dilakukan pembukaan di Padang pada 2 Oktober 2015.

Sebagai persiapan untuk lokasi “grand start” dan calon pengunjung, baik lokal maupun mancanegara, pemkab setempat menyediakan di pelataran parkir kawasan Pantai Carocok Painan. Luas areal yang disediakan sekitar empat hektare.

“Seperti biasa “TdS” diselenggarakan pada Juni setiap tahunnya. Namun karena bulan Juni 2015 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, maka TdS pelaksanaannya ditunda hingga Oktober 2015, ” katanya.

Selain areal yang telah tersedia dari reklamasi pantai di Kawasan Pantai Carocok Painan, pemkab juga menambah luas areal sebagai pusat start “TdS” 2015 di sepanjang pantai Painan dari areal parkir Pantai Carocok Painan hingga Muara Painan.

Hingga kini pengerjaan reklamasi pantai untuk tambahan areal “grand start” balap sepeda internasional 2015 di Sumbar itu sudah mencapai volume seratus persen.

Ia mengatakan, kabupaten itu terpilih sebagai penyelenggara “grand start” TdS 2015 sudah ditetapkan dalam rapat panitia besar Sumbar “TdS” 2015 beberapa waktu lalu.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman Pesisir Selatan Erasukma Munaf mengatakan, terkait persiapan jalan (jalur) di Pesisir Selatan yang akan dilalui para pebalap sepeda dari berbagai negara itu tengah dilakukan perbaikannya.

“Dalam hal ini pemkab setempat telah mengkoordinasikan dengan pemerintah provinsi (pemprov) melalui Dinas Prasarana Jalan atau satuan kerja lainnya yang berwenang sesuai dengan status jalan itu sendiri yakni jalan negara, ” katanya.

Kondisi fisik jalur yang akan dilewati para pembalap di kabupaten itu saat ini sudah mencapai 70 persen baik. Saat ini ada beberapa titik di sepanjang jalur Painan – Padang tengah dilakukan perbaikannya.

 

Sumber: Antara/Oleh Junisman
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SMPN 1 Luak Launching Radio Sekolah

Limapuluh Kota- Berinovasi dimasa pandemi Covid 19, Jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1, Kecamatan Luak meluncurkan...

Kodim 0311/Pessel Dukung Operasi Yustisi

Pessel,-- Ditengah kesibukan dalam pelaksanaan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-109 yang berlokasi di kampun Dilan kenagarian Pancung Taba kecamatan IV...

Melalui Genpro, Bumbu Randang Payakumbuh Dikirim Ke 7 Negara Henny Riza : City of Randang Bukan Gertakan Saja

Payakumbuh --- Impian Kota Payakumbuh agar Randang Go Internasional sudah di depan mata, pasalnya setelah dibantu fasilitasi oleh Global Enterpreneur Profesional (Genpro)...

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -