29.2 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Pelihara Sumber, PDAM Tanam Pohon Penghijauan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Payakumbuh bersama anak nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Limapuluh Kota, bersinergi menyelamatkan sumber air bersih di kawasan pemandian Batang Tabik. Sebanyak 30-an pohon mahoni ditanam, diawali Ketua KAN Sungai Kamuyang A.Dt. Bagindo Said, dengan Ketua Bamus Nagari Edy Dt. Pandak, Wali Nagari Sungai Kamuyang diwakili Gefrizal  dan Dirut PDAM Herry Iswahyudi, ST.

Pengamanan air minum dalam rangka pelestarian dan penghijauan sumber mata air di Batang Tabik  itu, berlangsung sepanjang Jum’at (28/8). Dihadiri anggota Badan Pengawas PDAM, Yoherman, SH, S.Sos dan  Yudi Thamrin, SH, seluruh karyawan PDAM dan anak nagari setempat.

Wali Nagari Sungai Kamuyang  diakili Gefrizal dan Badan Pengawas PDAM, Yudi Thamrin yang merupakan putera daerah Sungai Kamuyang, menyambut baik langkah PDAM membuat program penghijauan itu. Pengamanan sumber air perlu dilakukan, agar dapat memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.

“Kami anak nagari Sungai Kamuyang, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemko dan jajaran PDAM Payakumbuh,” sebut keduanya.

Di bagian lain,  Yudi Thamrin, memberi signal positif kepada PDAM, agar ke depan mampu meningkatkan kapasitas pemakaian air dari sumber mata air di Sungai kamuyang ini. Dari kapasitas  1.400 liter per detik, PDAM baru memanfaatkan sumber air 105 liter per detik.  “Sepanjang bermanfaat terhadap kemaslahatan rakyat banyak, kita akan memberikan dukungan buat PDAM,” tegasnya.

Program penghijauan di sumber air bersih PDAM di Batang Tabik, dikatakan Dirut Herry Iswahyudi, bukan sekedar memelihara lingkungan, agar lebih hijau dan asri, namun bertujuan memelihara dan meningkatkan  silaturahim jajaran PDAM dengan masyarakat Sungai Kamuyang.

Keberadaan PDAM, seyogianya memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Sungai Kamuyang dan sekitarnya. Karena itu, seluruh karyawan harus menyatu dengan warga. “Kita akan jadwalkan, membuat program yang menyentuh kepentingan rakyat banyak di daerah Sungai Kamuyang,” sebutnya.

Menurut Dirut Herry Iswahyudi, ke depan PDAM akan berusaha meningkatkan pelayanan ke daerah tetangga, selain dalam kawasan Sungai Kamuyang dan Kota Payakumbuh sendiri. Pihaknya, juga merencanakan perluasan layanan  zona air minum  prima (ZAMP). Buka kran, air langsung diminum tanpa dimasak lebih dulu.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...

Ketum DPN LPPKI Jadi Narsum Di Talkshow Peringatan Hari Konsumen Nasional

Padang,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Komsumen Indonesia (LPPKI) Azwar Siri.SH.Med.CPL menjadi narasumber dalam acara talkshow yang...

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -