30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Persiapan Keberangkatan Calon Haji Dharmasraya 90 Persen
P

Kategori -
- Advertisement -

Pulau Punjung – Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), mengatakan persiapan keberangkatan calon haji asal daerah itu sudah mencapai 90 persen.

“Persiapan seperti pemeriksaan kesehatan, manasik mandiri 15 kali, dan paspor calon haji sudah selesai,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Dharmasraya, Suhardi, di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia mengatakan, calon haji saat ini telah dalam proses pelunasan Biaya Peyelanggaraan Ibadadah Haji (BPIH) yang telah dimulai sejak 1 hingga 30 Juni 2015.

“Kami telah sampaikan bahwa calon haji sudah bisa melunasi kekurangan BPIH di bank saat melakukan pendaftaran. Hingga kini jamaah yang sudah melunasi sekitar 25 persen,” katanya.

Sesuai aturan Dinas Kesehatan, calon haji akan disuntik vaksin meningitis dan influenza jika para jamaah sudah melunasi BPIH.

Akan tetapi, katanya, pihaknya berharap Dinas Kesehatan tetap memberikan vaksin meningitis dan influenza meskipun calon haji belum melunasi BPIH.

Ia menilai, calon haji tidak akan membatalkan keberangkatan mereka ke Tanah Suci karena setelah suntik vaksin meningitis dan influenza hanya tinggal persiapan manasik gabungan seluruh kecamatan.

“Manasik gabungan akan dilakukan sebanyak empat kali setelah hari Raya Idul Fitri,” katanya.

Ia mengimbau para calon haji agar tetap menjaga kesehatan, tidak menyembunyikan penyakit khusus dan mengulang kembali kajian yang dilakukan saat manasik mandiri.

“Calon haji selalu diberi imbauan agar saat keberangkatan tidak ada lagi permasalahan,” katanya.

Ia menyebutkam, jumlah awal calon haji Dharmasraya yang akan berangkat sebanyajk 90 orang. Akan tetapi berdasarkan verifikasi terakhir Kemnag hanya 87 orang.

“Sebanyak tiga orang mengundurkan diri dengan alasan mengurus keluarga dan ada yang melahirkan,” ujarnya.

Ia menegaskan, calon haji yang mengundurkan diri akan diberangkatkan tahun depan sebagai prioritas.

 

Sumber: Antara/Oleh Altas Maulana
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img