Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari-12 Februari setiap tahunnya, merupakan agenda wajib yang dilaksanakan oleh seluruh perusahaan di Indonesia termasuk oleh PT PLN (Persero). PT PLN (Persero UPT Padang ) mengadakan Apel, Inspeksi peralatan K3 dan penandatanganan komitmen K3 yang di ikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan UPT Padang.

Dengan mengusung tema tahun ini “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 Pada Era Revolusi Industri 4.0 berbasis Teknologi Informasi”, PT PLN (Persero UPT Padang) mengadakan rangkaian acara peringatan.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, serta masyarakat yang ada sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh tempat kerja atau perusahaan yang bersangkutan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan meminimalisir resiko kecelakaan kerja,” ujar bapak Ermen

Apel Umum K3 dipimpin langsung oleh Manager UPT Padang Moh. Iqbal Arief Kusnandar, setelah melakukan Apel K3, juga dilaksanakan inspeksi peralatan K3 yang di ikuti oleh manajemen dan di dampingi dari bidang K3 UPT Padang.

Dilanjutkan dengan workshop dan edukasi tentang Contractor Safety Management System (CSMS) dari narasumber Era Yunita, ST dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi sumbar di ruang rapat singgalang UPT Padang.

Dalam memperingati bulan K3 tahun ini juga dilakukan simulasi tanggap darurat gempa dan pemadam kebakaran di ULTG Pauh Limo, yang bertujuan untuk meningkatkan kesiap siagaan pekerja dalam menghadapi bencana.

Untuk meningkatkan dan menguji pengetahuan tentang K3, PT PLN (Persero UPT Padang) menggelar lomba ranking 1 antar karyawan. Dimana perlombaan tersebut berlangsung meriah karena antusias pegawai, dan juga bagi pegawai yang dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar mendapatkan penghargaan berupa piala dan hadiah.

Divisi lingkungan juga ikut berpartisipasi dalam bulan K3 dengan melakukan penanaman pohon di lapangan terbuka yang belum terdapat banyak pohon pada beberapa ULTG di wilayah sumbar.

-tyla,putri,fathiha,jm jaka

loading...