32 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Perguruan Silat Taduang Bangkeh Adakan kejuaraan Pencak silat.
P

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar, Beritasumbar.com – Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Erizanur membuka Kejuaraan Pencak Silat dan Silaturahmi Perguruan Silat Taduang Bangkeh, se-Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukitinggi.

Pembukaan kejuaraan itu juga dihadiri Ketua Koni Tanah Datar Novitra Kemala, Camat Batipuh Abdi Hardifala dan perantau Batipuh Uwan Sutan Marajo dan pimpinan Perguruan Silat dan Tuo Silat Batipuh, yang dilaksanakan di aula kantor Camat Batipuh, Minggu (11/6/23).

Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal Dt Sidi Ali, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Erizanur, dalam acara pembukaan kejuaraan ini.

Mustafa Akmal katakan, kejuaraan yang kami adakan ini disamping silaturahmi antar perguruan, juga untuk menambah pengalaman kita dalam melaksanakan event kejuaraan. Sebelumnya kita pernah ikut dalam kejuaraan pencak silat baik tingkat Sumbar maupun nasional, bahkan kita juga sudah pernah diundang ke Malaysia

“Untuk itu kita juga berterima kasih kepada panitia pelaksana dan perguruan silat, yang telah ikut ambil dalam kejuaraan, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang,” sampainya.

Kepada para atlet kita juga berharap apapun hasilnya kita tetap menerima dengan hati lapang, karena dalam pertandingan kalah dan menang hal yang biasa, meski demikian silaturahmi tetap kita pelihara. “Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Batipuh dan UPT Puskesmas Batipuh, yang telah ikut memfasilitasi kegiatan ini, termasuk para wasit di dalam memimpin kejuaraan ini,” ujar Mustafa Akmal.

Selanjutnya, Ketua Koni Tanah Datar Novitra Kemala mengucapkan selamat kepada Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh, yang telah mampu mengangkat kejuaraan ini dan kita berharap dari kejuaraan ini mampu melahirkan atlit kita dari cabang olahraga Silat. Dan kami juga selalu memonitor bahwa Perguruan Silat Taduang Bangkeh, yang tergiat dalam kejuaraan silat, untuk mengembangkan bakat minat generasi muda dalam cabang olahraga Silat.

“Dengan adanya pertandingan ini hendaknya dapat memunculkan pemain pemain baru, yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Tanah Datar dimasa yang akan datang, serta kita juga berharap untuk Porprov yang rencana akan diadakan September mendatang, ada dari perguruan ini tampil mewakili Tanah Datar,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Erizanur
menyampaikan aspresiasinya, atas dilaksanakan Kejuaraan Pencak Silat Silaturahmi Perguruan Silat Taduang Bangkeh se-Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukitinggi, sebagai salah satu indikator berjalannya pembinaan dan pelatihan, yang dilakukan perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh

“Ajang ini dapat dijadikan sarana konsolidasi, peningkatan prestasi para atlet silat terkhusus di Kecamatan Batipuh dan umumnya Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukittinggi. Apalagi Silat, merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat diminati dan juga peluang peduli emas bagi Tanar Datar,” tukasnya.

Erizanur katakan lagi, event ini juga bertujuan untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, serta menggali potensi atlet-atlet berbakat, yang dapat diproyeksikan ke event lebih tinggi dan lebih bergengsi lainnya, baik di tingkat Tanah Datar, Provinsi maupun Nasional dan akhirnya melahirkan sang juara.

“Sehubungan dengan itu, Saya mengimbau seluruh peserta agar memelihara jiwa sportifitas, sehingga menghargai dan mengakui keunggulan lawan, serta juga menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan,” imbaunya.

Terakhir, Erizanur berharap, yang berhasil keluar sebagai juara agar tidak memiliki jiwa yang angkuh, dan jangan menganggap remeh lawan yang kalah, sebab mempertahankan kemenangan jauh lebih sulit dari perjuangan untuk meraih kemenangan. (N).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img