25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

MANFAAT MENIRAN (Phyllanthus niruri) UNTUK KESEHATAN
M

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Gustian (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas)

Meskipun gulma berdampak negatif terhadap tanaman, namun beberapa jenis gulma dilaporkan dapat dimanfaatkan sebagai biofarmaka untuk terapi pengobatan penyakit, salah satunya adalah meniran . Secara ilmiah, meniran memiliki. klasifikasi sebagai berikut: Kingdom: Plantae, Divisi: Spermatophyta, Subdivisi: Angiospermae, Kelas: Dicotyledoneae, Ordo: Euphorbiales, Suku: Euphorbiaceae, Genus: Phyllanthus, Spesies: Phyllanthus sp.

Phyllanthus merupakan salah satu genus terbesar dari family Phyllanthaceae dengan ratusan spesies diantaranya Phyllanthus amarus, Phyllanthus niruri, Phyllanthus emblica, Phyllanthus muellerianus, Phyllanthus glaucus, Phyllanthus urinaria, Phyllanthus brasiliensis, Phyllanthus acidus, Phyllanthus accuminatus, Phyllanthus pulcher, Phyllanthus anisolobus, Phyllanthus orbiculatus, Phyllanthus oxyphyllus, Phyllanthus flexuosus, Phyllanthus raticulatus, Phyllanthus fraternes, Phyllanthus simplex, Phyllanthus mullernus, Phyllanthus mytrifolis, Phyllanthus virgatus, Phyllanthus watsonii. Bagi masyarakat lokal meniran dikenal dengan nama antara lain meniran  (Sunda, Jawa),  gasou  ma dungi (Ternate), sidukung anak (Mandailing), sidukuang anak (Minangkabau), sirap rap  (Karo).

 Fitokimia Meniran

Terdapat lebih dari 100 senyawa kimia yang meliputi beberapa kelompok diantaranya : Coumarin (Ellagic acid, Methyl brevifolincarboxylate). Lignan (Phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetralin, phyltetralin, lintetralin, Isolintetralin, 2,3-desmethoxy seco-isolintetralin, 2,3-desmethoxy seco-isolintetralin diacetate, linnanthin, demethylenedioxyniranthin, nirphyllin dan phyllnirurin. Tannin (Repandusinic acid, Geraniin, Corilagin. Saponin (Diosgenin), Flavonoid (Rutin, Quercetin, Quercitrin, Astragalin, Catechin, Prenylated flavanone glycoside, nirurin (5,6,7,4′-tetrahydroxy-8-(3-methylbut-2-enyl) flavanone-5-O-rutinoside), dan quercetol. Terpen (Limonene, p-Cymene, lupeol).  Alkaloid (Norsecurinine). Fenolik (mucic acid, gallic acid, methyl gallate, ellagic acid, gallotannins corilagin dan geraniin).

Aktifitas Biologi Fitokimia Pada Meniran

Anti Kanker dan Tumor

Kanker  merupakan  penyakit  yang disebabkan  pertumbuhan  sel  yang  tidak

terkendali. Penggunaan senyawa anti kanker berfungsi untuk menghambat  pembelahan sel melalui induksi apostosis. Apoptosis merupakan  proses metabolisme sel yang mengakibatkan kematian sel tanpa inflamasi yang dipicu terjadinya kondensasi  kromatin, desintegrasi  nukleus,  penurunan ukuran sel dan meningkatnya densitas sel. Meniran mampu menghambat pertumbuhan sel kanker melanoma, prostat, sel  karsinoma hepatoselluler, sel karsinoma korektal dan keratinosit. Ethyl  brevifolincarboxylate dan corilagin merupakan senyawa yang berperan sebagai anti  tumor yang berhasil diidentifikasi pada meniran.

Hepatoprotektor

Liver merupakan organ penting yang berfungsi tempat pembentukan asam empedu, menjaga ketersediaan gula darah, tempat metabolisme senyawa yang masuk ke dalam tubuh, pembentukan lemak dan detoksifikasi tubuh. Hepatoprotektor merupakan istilah yang digunakan senyawa yang melindungi atau memulihkan fungsi hati. Meniran mengandung senyawa filantenol, nirantin, nirurin, quersetin, filantin, hipofilantin, rutin, asam galat, isokuersetin dan asam lemak yang berperan sebagai senyawa yang bersifat sebagai hepatoprotektor.

Anti Parasit

Studi tentang parasit dan hubungannya dengan inang yang disebut parasitologi telah menjadi bidang penelitian yang cukup luas dalam beberapa dekade terakhir. Banyak penelitian yang berfokus pada tumbuhan untuk menemukan bahan aktif yang dapat melawan berbagai patogen dan menghentikan aktivitasnya di inang. Meniran mengandung berbagai alkaloid yang menunjukkan aktivitas antiplasmodial yang tinggi terhadap strain Plasmodium falciparum. Laporan penelitian juga menunjukkan ekstrak biji Phyllanthus amarus mengandung chloroquine dan artesunate yang secara efektif mengurangi stres oksidatif saat terinfeksi plasmodium berghei.

Schistosomiasis pada manusia adalah penyakit penting di daerah tropis yang disebabkan oleh cacing darah (Schistosoma spp.) yang menyerang sekitar 0,3 juta orang setiap tahunnya. Dilaporkan pada jurnal Experimental Patologi tahun 2017 bahwa meniran menunjukkan aktivitas antischistosomal.

Proteksi Kardiovaskular

Serangan jantung dan stroke merupakan salah satu penyakit utama yang menyebabkan kematian dalam jumlah tinggi. Senyawa kimia pada meniran dapat menghambat pembentukan lemak pada jantung dan aorta (lipid total, trigliserida, kolesterol total dan asam lemak bebas) dan mengurangi pembentukan fosfolipid. Evaluasi histopatologi jaringan jantung dan aorta menunjukkan bahwa meniran mengurangi pengendapan lemak dan nekrosis hal ini disebabkan sifat antihiperglikemia dan antihiperlipidemia pada meniran. Flavonoid (quercetin dan rutin), lignan (phyllanthin dan hypophyllanthin), saponin dan asam galat merupakan senyawa yang berperan pada peningkatan  aktivitas kardioprotektif.

Tinggi Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa aktif yang berpotensi untuk mengurangi oksidasi dan degradasi berbagai protein seluler oleh reactive oxygen species (ROS)/radikal bebas. Meniran telah dilaporkan memiliki berbagai antioksidan yang dapat menekan sintesis ROS yang dihasilkan oleh metabolisme sel yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dan peradangan. Senyawa antioksidan yang kuat dapat menangani radikal bebas dan menghambat peroksidasi lipid. Pengujian aktivitas antioksidan menggunakan DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak pada meniran sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa tanaman lain seperti kelor, ciplukan, sambiloto dan pegagan. Banyak penelitian telah mengkonfirmasi adanya quercetin dianggap sebagai antioksidan alami potensial yang bahkan lebih kuat dari antioksidan vitamin E.

Hasil penelitian  juga melaporkan bahwa meniran dapat mengurangi kerusakan DNA dapat dan memiliki aktivitas genoprotektif. Hal ini disebabkan adanya induksi ekspresi protein untuk perbaikan DNA serta pengurangan sintesis ROS.

Antidiabetes

Diabetes melitus merupakan suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin. Senyawa quercetin, asam galat, dan galotanin diketahui dapat berinteraksi dan mengikat protein target yang terkait dengan diabetes, misalnya glikogen fosforilase dan  peroksisome proliferator-activated receptor gamma. Meniran menunjukkan potensi aktivitas antidiabetes dan antihiperglikemik melalui modulasi kolesterol, glukosa, dan trigliserida. Senyawa fenolik yang terkandung pada meniran juga memiliki aktivitas antidiabetes yang tinggi.

Antivirus

Meniran dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi virus misalnya gangguan liver akibat penyakit hepatitis B. Senyawa phyllanthin dan hypophyllanthin diketahui berperan sebagai antihepatik. Meniran berkhasiat sebagai sebagai antiinflamasi, immunomodulatory, dan antivirus. Pengujian kandungan senyawa aktif meniranterhadap reseptor protein COVID-19 membuktikan penekanan virus SARS-CoV-2. Senyawa lignin (Phyllanthin dan hypophyllanthin) dilaporkan memiliki beberapa mode aktivitas antivirus yang kuat memiliki aktivitas  antioksidan yang tinggi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img