26.4 C
Padang
Jumat, Mei 7, 2021
Beritasumbar.com

Penopang Perekonomian Masyarakat, Bantul Miliki 37 Desa Wisata
P

Kategori -

Bantul – Terletak dibagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra, Datuak Parmato Alam didampingi Wakil Ketua Suparman usai kata sambutannya menanyakan bagaimana Kabupaten Bantul dalam menggarap potensi daerah yang ada, salah satunya desa. Saat ini Bantul sangat konsisten dalam pengembangan desa wisata, mengingat ada 37 desa wisata di daerah tersebut. Hal itu terungkap dalam pertemuan dan Kunjungan Kerja (kunker) Anggota Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh Komisi A, B dan C bersama Sekretariat dan Wartawan ke DPRD Kabupaten Bantul.

H. Setiya Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bantul dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menanggapi, DPRD sangat meapresiasi munculnya 37 desa wisata itu. Kesadaran masyarakat akan sapta pesona muncul berkat dinas terkait yang terus gencar melakukan pendekatan dan bimbingan. Menurutnya, sektor pariwisata bisa menjadi sektor penopang kehidupan serta perekonomian. Desa memiliki potensi yang bisa diangkat menjadi komoditas dan dikemas dengan menajemen yang tepat untuk menjadi desa wisata.

Salah satu gerbang Desa Wisata di Kabupaten Bantul. (foto rino)
Salah satu gerbang Desa Wisata di Kabupaten Bantul. (foto rino)

“Untuk pengembang ini perlu komitmen kuat dari pemerintah, eksekutif dan legislatif serta seluruh lapisan masyarakat untuk menyamakan pendapat, termasuk disini untuk penganggaran guna pembangunan desa wisata. Juga, menyiapkan segala perangkat, aturan, regulasi yang lebih bertujuan untuk pengembangan serta mengawasi potensi penyimpangan yang mungkin bisa terjadi,” kata Politisi PKS tersebut, Jumat (25/11/2016).

Dalam kesempatan tanya jawab, masing-masing komisi di DPRD Kota Payakumbuh, seperti Ir. Ahmad Zifal, Maharnis Zul dan Heri Iswandi Datuak Monti serta Edwar DF berkesempatan untuk menanyakan tentang pengelolaan desa wisata tersebut sebagai perbandingan keberadaan Kelurahan di Kota Payakumbuh.

Tugu Adipura Kabupaten Bantul
Tugu Adipura Kabupaten Bantul

Namun, karena keterbatasan waktu, anggota DPRD Bantul juga sedang menggelar rapat. H. Setiya maupun SKPD setempat tidak secara detil menjelaskan keberadaan 37 desa wisata tersebut. “Saya siap berdiskusi dalam setiap kesempatan, silahkan catat nomor telepon saya,” Kata Setiya kepada beritasumbar.com usai pertemuan itu.

Selain dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat, rombongan DPRD Kota Payakumbuh juga meikut sertakan Direktur Bank Nagari Payakumbuh Zainal Abidin.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rojanah Rilis Perdana Single ‘Algoritma Cinta’ di 60 Radio se-Indonesia

Keunikan vokal Rojanah dalam mengusung genre musik dangdut remix modern punya potensi tersendiri di industri musik Tanahair. Gadis molek asal kota kembang Bandung tersebut merilis single perdananya yang berjudul Algoritma Cinta, yang diputar serentak di 60 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 6 April 2021.
- Advertisement -

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Gercep PK IMM Kasman singodimedjo Berbagi Sembako

Padang BeritaSumbar.com,- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM) Kasan Singodimedjo berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Padang pada Minggu 2/5. Kegiatan ini diadakan sehari usai melakukan santunan yatim di panti asuhan Aisiyah Lubuk Begalung.
- Advertisement -

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -