32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengurus Dan Jamaah Masjid Raya Kampuang Baru Gelar Buka Bersama
P

- Advertisement -

Kota Pariaman, beritasumbar.com ,-Untuk menjalin silaturahmi serta memiliki rasa kebersamaan antara jamaah, pengurus bersama Jamaah Masjid Raya Kampung Baru, Kota Pariaman buka bersama , acara buka bersama ini sudah agenda rutin setiap tahun yang sudah turun temurun dari dahulunya. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Masjid Raya Kampung Baru, Rasyid, SE, MM disela-sela acara berbuka bersama, Sabtu (26/5). “Kegiatan ini sudah turun temurun dari dahulu dan kita hanya melanjutkan,” ujar Rasyid.
Ungkapan senada juga disampaikan H. Muslim Zain, SH, menurutnya, acara buka puasa bersama ini, bertujuan untuk menjalin persaudaraan dan tali silaturahmi sesama jamaah dan masyarakat, karena dengan dilakukan di masjid supaya nampak semaraknya kegiatan pada bulan Puasa Ramadhan di rumah ibadah ini.
Untuk menu berbuka dibawa ibu ibu dari rumah masing-masing yang sudah ditunjuk sebelumnya, perbukaan ini pun seabagai salah satu menanamkan rasa mau berbagi rasa dengan orang lain, karena untuk mengundang berbuka ke rumah, juga aka merepotkan.
“Sekali membuat acara dua tiga hutang terbayarkan,” tutur Muslim Zain yang menjabat Ketua Masjid Raya Kampung Baru, pada periode sebelumnya.
Pada sisi lain Drs. Mardison Mahyuddin, mengatakan, acara buka puasa bersama ini, disamping jamaah masjid dan masyarakat, juga ikut perangkat desa, seperti LPM, BPD dan tokoh masyarakat Desa Kampung Baru, semuanya terlibat dan diminta hadir dalam acara buka pusa bersama ini.
Menurut Mardison Mahyuddin, acara ini sudah sejak zaman “saisuak” dibuat oleh orang tua tua terdahulu, tujuannya hanya untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dan sekaligus untuk membangun jambatan hati sesama masyarakat di Desa Kampung Baru.
“Dengan buka puasa bersama, kita dapat berbagi rasa dan tidak ada yang diistimewakan, semuanya sama apa yang dibawa ibu ibu yang disantap bersama-sama dan nampak keakraban sesama kita yang hadir,” ulas Mardison Mahyuddin yang juga pernah dipercaya sebagai Ketua Masjid Raya Kampung Baru 2 periode sebelum ini.
Kata Mardison Mahyuddin, bulan puasa merupakan bulan rahmat, bulan ampunan, setiap kegiatan yang dilakukan bisa dinilai Allah Swt dengan ibadah, apabila dilaksanakan dengan niat yang ikhlas. Sebagai umat Islam banyak hal yang bisa dijadikan ibadah, salah satunya acara buka puasa bersama, disamping kegiatan lainnya.
Habis berbuka puasa bersama, dilanjutkan dengan shalat Taraweh bersama dengen mendengarkan tausiyah dari para Ustazd yang sudah disusun jauh hari sebelum puasa masuk, baik pada malam hari atau pun sesudah shalat subuh ada pengajian yang disampaikan para guru, guna untuk memperbahrui keimanan kita semua.
“Alhamdulillah, sampai malam ke 10 jamaah Masjid Raya Kampung Baru, masih ramai dan penuh sampai ke luar,” ulas Mardison Mahyuddin. (bb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img