30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengukuhan Bamus Nagari se-Kecamatan Harau
P

Kategori -
- Advertisement -

Badan Musyawarah (Bamus) Nagari se-Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota dikukuhkan. Pengukuhan secara serentak itu dilakukan dalam rapat paripurna Bamus seluruh nagari di kecamatan setempat dengan agenda tunggal pengukuhan Bamus di halaman kantor Camat Harau, Selasa (20/1).

Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya berharap, kebersamaan dan kekompakan yang ditunjukan seluruh nagari di Kecamatan Harau itu menjadi contoh bagi kecamatan lain. Bupati juga meminta, Bamus yang baru saja dikukuhkan itu benar-benar tampil menjadi mitra yang baik bagi wali nagari.

“Kebersamaan dan kekompakan seperti ini perlu diapresiasi dan ditiru kecamatan lain. Kita berharap, Bamus yang baru saja mampu bekerjasama dan bersinergi dengan wali nagari,” ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, Bamus hendaknya juga bisa menjalin kemitraan dengan DPRD. Dengan begitu diharapkan setiap perencanaan pembangunan di nagari bisa tersusun dengan baik atau memiliki detail engineering design.

Pada bagian lain Bupati juga mengingatkan seluruh SKPD yang mempunyai kegiatan di kecamatan harus melapor kepada camat. Begitu juga wali nagari, lanjut Bupati, ke depan tidak boleh lagi merekomendasikan hal-hal non perizinan.

“Yang berhak mengeluarkan rekomendasi non perizinan itu adalah satuan kerja perangkat daerah, sedangkan wali nagari tidak dibenarkan,” ingat Bupati.

Senada dengan Bupati, Ketua Bamus Batu Balang Hendra dalam penyampaiannya juga mengingatkan agar Bamus tidak menjadi rival, tetapi benar-benar sebagai mitra wali nagari demi terwujudnya kemajuan nagari.

Pada paripurna itu dikukuhkan masing-masingnya dikukuhkan Bamus Nagari Harau, Lubuak Batingok, Tarantang, Taram, Koto Tuo, Pilubang, Bukik Limbuku, Gurun, Batu Bolang, Sarilamak dan Solok Bio-Bio. Pengukuhan dilakukan Camat Harau Deki Yusman, S.STP.

 

Sumber: Humas 50 Kota
Reporter: GUN
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img