27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Turun Tangan Biayai Pengobatan Regina ke Jakarta
P

Kategori -
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Unit Pelayanan Terpadu Kesejahteraan Anak Nagari (UPT-KAN) yang dikelola Dinas Sosial dan Naker, turun tangan menyelamatkan nasib Regina. Remaja berusia 14 tahun, yang kini mengidap penyakit kanker lidah itu, dalam waktu dekat ini akan diboyong ke Jakarta, menjalani operasi dan perawatan pada salah satu rumah sakit nasional di ibukota RI.

“Begitu rujukan Regina, pelajar kelas 2 MTsN Payakumbuh ini diterbitkan RSUP M. Jamil Padang, kita langsung memberangkatkan Regina bersama orang tuanya ke Jakarta. Kita berharap, surat rujukan tersebut segera keluar,” ucap Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis didampingi Kadis Sosial dan Naker Payakumbuh, Idris, Minggu (27/9).

Regina, anak keempat dari lima bersaudara, buah hati pasangan keluarga miskin, Alwizar dan Wirdahayati, penduduk Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat ini, sejak lahir, tahun 2001, sudah diketahui punya penyakit kanker lidah.

Saat gadis manis ini masih berusia  dua  tahun,  ia sudah menjalani operasi di M. Jamil Padang. Hingga tahun 2005, ia bolak balik ke Padang menjalani pengobatan Regina.  Ada secercah kebahagiaan, karena usaha kedua orang tuanya mengobat Regina, cukup berhasil. Namun, setelah beberapa tahun kemudian, penyakit yang diderita Regina kembali kambuh. Sejak dua tahun terakhir, kanker lidah yang diderita Regina kian membesar.

Cerita kedua orang tuanya, buruh angkat dan tukang cuci pakaian ini, mengaku tak berdaya lagi untuk mengobat anaknya. Ia memang, punya kartu Jamkesmas untuk menjalani pengobatan puterinya. Tapi, biaya untuk bolak balik ke Padang, kedua orang tuanya, mengaku tak punya. Karena, ia juga harus membiayai hidup empat anaknya yang lain.

Menurut Sekdako Benni Warlis, UPT-KAN akan menjamin biaya transportasi Regina bersama ibunya ke Jakarta. Lewat wadah ini, juga akan ditanggung biaya hidup ibunya selama mendapingi Regina.  Sehingga, keluarga miskin ini dapat lebih fokus mengobat dan merawat Regina sampai sembuh  selama di rumah sakit Jakarta.

Dikatakan, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi  sangat konsen dalam hal penanggulangan kemiskinan. Tidak ada cerita,  kalau yang sakit tidak bisa diobati, dan orang miskin tidak bersekolah  serta permasalahan kemiskinan lainnya yang tak tertangani. Karena semuanya,   merupakan visi misi kepala daerah.

 

 

Belum diperoleh keterangan, di rumah sakit mana Regina akan menjalani operasi dan perawatan. Tapi, biasanya kalau tidak di RS Cipto Mangunkusumo, kemungkinan lainnya di RS Kanker Darmais Jakarta. “Dimanapun Regina dirawat, tapi yang jelas biayanya  sudah disediakan UPT-KAN, lewat infak dan sedekah  PNS dan masyarakat lainnya yang dihimpun oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Mitra Kenanga ,” tambah Idris.

 

Walau begitu, kepedulian dan empati masyarakat Payakumbuh, juga diminta sekdako, dalam meringankan beban keluarga Alwizar dan Wirdahayati ini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img