31 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Turun Tangan Biayai Pengobatan Regina ke Jakarta
P

Kategori -

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Unit Pelayanan Terpadu Kesejahteraan Anak Nagari (UPT-KAN) yang dikelola Dinas Sosial dan Naker, turun tangan menyelamatkan nasib Regina. Remaja berusia 14 tahun, yang kini mengidap penyakit kanker lidah itu, dalam waktu dekat ini akan diboyong ke Jakarta, menjalani operasi dan perawatan pada salah satu rumah sakit nasional di ibukota RI.

“Begitu rujukan Regina, pelajar kelas 2 MTsN Payakumbuh ini diterbitkan RSUP M. Jamil Padang, kita langsung memberangkatkan Regina bersama orang tuanya ke Jakarta. Kita berharap, surat rujukan tersebut segera keluar,” ucap Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis didampingi Kadis Sosial dan Naker Payakumbuh, Idris, Minggu (27/9).

Regina, anak keempat dari lima bersaudara, buah hati pasangan keluarga miskin, Alwizar dan Wirdahayati, penduduk Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat ini, sejak lahir, tahun 2001, sudah diketahui punya penyakit kanker lidah.

Saat gadis manis ini masih berusia  dua  tahun,  ia sudah menjalani operasi di M. Jamil Padang. Hingga tahun 2005, ia bolak balik ke Padang menjalani pengobatan Regina.  Ada secercah kebahagiaan, karena usaha kedua orang tuanya mengobat Regina, cukup berhasil. Namun, setelah beberapa tahun kemudian, penyakit yang diderita Regina kembali kambuh. Sejak dua tahun terakhir, kanker lidah yang diderita Regina kian membesar.

Cerita kedua orang tuanya, buruh angkat dan tukang cuci pakaian ini, mengaku tak berdaya lagi untuk mengobat anaknya. Ia memang, punya kartu Jamkesmas untuk menjalani pengobatan puterinya. Tapi, biaya untuk bolak balik ke Padang, kedua orang tuanya, mengaku tak punya. Karena, ia juga harus membiayai hidup empat anaknya yang lain.

Menurut Sekdako Benni Warlis, UPT-KAN akan menjamin biaya transportasi Regina bersama ibunya ke Jakarta. Lewat wadah ini, juga akan ditanggung biaya hidup ibunya selama mendapingi Regina.  Sehingga, keluarga miskin ini dapat lebih fokus mengobat dan merawat Regina sampai sembuh  selama di rumah sakit Jakarta.

Dikatakan, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi  sangat konsen dalam hal penanggulangan kemiskinan. Tidak ada cerita,  kalau yang sakit tidak bisa diobati, dan orang miskin tidak bersekolah  serta permasalahan kemiskinan lainnya yang tak tertangani. Karena semuanya,   merupakan visi misi kepala daerah.

 

 

Belum diperoleh keterangan, di rumah sakit mana Regina akan menjalani operasi dan perawatan. Tapi, biasanya kalau tidak di RS Cipto Mangunkusumo, kemungkinan lainnya di RS Kanker Darmais Jakarta. “Dimanapun Regina dirawat, tapi yang jelas biayanya  sudah disediakan UPT-KAN, lewat infak dan sedekah  PNS dan masyarakat lainnya yang dihimpun oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Mitra Kenanga ,” tambah Idris.

 

Walau begitu, kepedulian dan empati masyarakat Payakumbuh, juga diminta sekdako, dalam meringankan beban keluarga Alwizar dan Wirdahayati ini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.
- Advertisement -

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -