28 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Ingin Melakukan Revitalisasi Pertokoan Bertingkat
P

Kategori -

Ibarat manumbok kain lapuak (seperti menambal kain lapuk), kian dijahit makin robek. Begitulah kondisi pusat pertokoan bertingkat Kota Payakumbuh. Pemko merencanakan bakal melakukan revitalisasi pertokoan ini. Dan studi kelayakan beserta perencanaanya pun sudah disiapkan. Selain itu, sepanjang 2013 pemko juga sudah dua kali mengajukan Ranperda tentang perubahan hak sewa retribusi toko/kios. Tapi, masih saja ditolak DPRD Payakumbuh.

Walikota Riza Falepi, ketika dihubungi di Payakumbuh, Sabtu (3/5), mengaku, prihatin dengan kondisi pusat pertokoan bertingkat itu. Menurutnya, beban APBD terhadap biaya perawatan pusat pertokoan tidak sebanding dengan penerimaan yang diterima dari retribusi pasar. Kepada pimpinan SKPD terkait, sudah diperintahkan, agar mensosialisasikan rencana revitalisasi pusat pertokoan bertingkat itu. Hanya saja, masih banyak pro dan kontranya, aku Riza.

Kepala Dinas Koperasi UKM Industri Perdagangan Indra Syofyan, SE, MM dan Kabid Pengelola Pasar Devitra, S.Sos, M.Si, di tempat terpisah menginformasikan, untuk mendapatkan hak sewa toko/kios di pusat pertokoan pada dekade 70-an dan 80-an, pedagang hanya membayar satu kali pengambilan hak sewa toko/kios, tanpa adanya batas waktu berakhirnya hak sewa dimaksud.

Regulasi yang mengaturnya di era pemerintahan tersebut sangat lemah sekali. Sehingga pedagang berasumsi, kepemilikan toko/kios itu, seolah-olah miliknya seumur hidup. Padahal, status kepemilikan hanyalah hak sewa. Akibatnya, pemerintahan sekarang yang menanggung bebannya. Hingga kini, sudah 30 tahun lebih regulasi yang mengatur tentang pengambilan hak sewa toko/kios tersebut belum pernah diperbaharui, dan menjadi catatan negatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar.

Dikatakan, saat ini pedagang hanya dibebani kewajiban retribusi sewa bulanan, dan K3, yang tarifnya bervariasi, antara Rp43.000 sampai Rp154.000. Besarannya, disesuaikan dengan besar dan letak toko/kios. Ironisnya, kewajiban pedagang itu pun, banyak yang menunggak. Sementara itu, dana operasional dan pemeliharaan kawasan pasar, toko/kios lebih kurang Rp1,9 Miliar per tahun, guna perbaikan sistem drainase, atap yang bocor serta pengecatan toko/kios dan honor petugas trantib dan gaji pegawai pasar.

Target PAD dari sektor retribusi pasar grosir (pusat pertokoan bertingkar, Red) hanya Rp744.581.450. “Jauh di bawah biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan pemko setiap tahun,” ungkap Indra Syofyan.

Penilaian Dinas PU Payakumbuh, ketimbang melakukan rehabilitasi bangunan pusat pertokoan, akan lebih efesien dengan membangun baru. Karena, melakukan perbaikan, ibarat mengobati sakit kepala, hanya mengurangi rasa sakit sementara. Habis obat, penyakit kambuh lagi. Idealnya, akan lebih bagus dibuat pusat pertokoan yang lebih representatif, berlantai empat atau lebih, dengan lahan parkir di lantai atas pusat pertokoan ini.

Pusat pertokoan bertingkat pada kedua blok barat dan timur, memiliki toko/kios 1.093 petak. Hingga sekarang, hanya 72% (786) petak yang diisi pedagang. Sisanya, 307 petak, meski sebagiannya sudah punya hak sewa toko/kios, tapi tak dioperasionalkan pedagang bersangkutan. Pedagang yang punya hak sewa ini, banyak tak membayar kewajiban retribusi bulanannya.

Dikatakan, kondisi pasar itu sangat krodit sekali. Terutama terbatasnya areal perparkiran. Selain itu, space buat pedagang kaki lima juga amat terbatas, tidak sesuai dengan pertumbuhan pedagang kaki lima yang terus bertambah tiap tahun. Makanya, pilihan paling tepat untuk memperbaiki tatanan pusat pertokoan itu dilakukan revitalisasi yang komprehensif.

“Kita optimis, jika pembangunan pasar berlantai lima, plus bangunan hotel pada lantai berikutnya, akan memberikan solusi yang tepat menyelesaikan persoalan yang terjadi saat ini. Karena itu, pemahaman dan dukungan pedagang sangat kita butuhkan dalam membangun pusat pertokoan bertingkat ini,” simpul Indra dan Davitra.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).
- Advertisement -

Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Rapat Persiapan

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Pendi Pontren Editiawarman gelar rapat persiapan pelaksanaan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Aula Kankemenag, Selasa (14/09/2021).

Wawako Bukittinggi Tinjau Pelaksanaan Seleksi PPPK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, berkesempatan meninjau penyelenggaraan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bidang guru di SMAN 2 kota...
- Advertisement -

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -