31 C
Padang
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemkab Sijunjung Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2023
P

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pengujung tahun 2023, Pemkab Sijunjung kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah Pusat. Kali Ini, Kabupaten Sijunjung mendapatkan penghargaan anugerah Parahita Ekapraya 2023 dari Kementrian PPPA RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir SSTP, M.Si, Selasa (19/12) di Gedung Metro TV Lantai 3 Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Penganugerahan Parahita Ekapraya tersebut didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG Tahun 2022 yang telah disampaikan oleh Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Parahita Ekapraya merupakan Penganugerahan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan yang telah dilakukan,” kata Bintang Puspayoga.

Bintang Puspayoga menyebutkan, pada tahun 2023 terdapat 360 instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kabupaten/Kota yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri.

” Dari hasil Evaluasi Mandiri dilakukan Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan Verifikasi Akhir. Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Kementerian/ Lembaga, 25 provinsi dan 237 kabupaten/kota yang menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023,”

Sementara itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi Kadis Sosial Yofritas SH pada kesempatan itu menyampaikan ucapan syukur atas penghargaan yang diraih Kabupaten Sijunjung menjelang pergantian Tahun.

“Alhamdulillah, tahun ini Pemerintah Kabupaten Sijunjung dapat meraih Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sebagai Kabupaten penerima Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023,” kata Bupati.

Menurut Bupati, penghargaan ini merupakan capaian atau loncatan yang luar biasa, sebab di tahun 2021 lalu Kabupaten Sijunjung mendapatkan anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama. Dimana ada beberapa kategori yakni Pratama, Madya, Nindya dan Utama .

” Ini Capaian Luar biasa, dari anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama di tahun 2021 yang diterima Kabupaten Sijunjung, ditahun 2023 ini kita mendapatkan Kategori Nindya melewati Kategori Madya,” terangnya.

Benny menambahkan, tentunya hal ini akan menambah semangat dan komitmen jajarannya dalam mewujudkan kesetaraan gender yang lebih baik lagi di Kabupaten Sijunjung, serta mampu menciptakan keadilan (kesetaraan gender) bagi perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan. Selain itu, dirinya selaku Bupati bersama Wakil bupati tentunya berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan perlindungan anak dan memenuhi kebutuhan anak serta pelaksanaan Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Ini penghargaan buat semua kerjakeras yang dilakukan oleh Pihak terkait bersama stakeholder dan dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Sijunjung. Marilah kita terus berkarya dan berbuat Parahita Ekapraya kategori Nindya. Semoga tahun depan kita dapat utama,” harapnya.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img