30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Pesisir Selatan Awasi Ketat Pemotongan Sapi di Bulan Ramadhan
P

Kategori -

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pengawasan ketat terhadap pemotongan sapi di kabupaten itu hingga memasuki Bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

Kepala Dinas Peternakan Pesisir Selatan, Nuziwan di Painan, Minggu, mengatakan pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya daging gelonggongan yang bisa merusak kesehatan masyarakat yang mengonsumsinya.

Kegiatan itu akan difokuskan pada tempat-tempat pemotongan hewan ternak tersebut di seluruh wialayah kabupaten itu sebelum dan hingga hari pemotongan hewan pada bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

“Pengawasan akan lebih kita perketat lagi saat pemotongan hewan tersebut yakni satu hari sebelum masuk Ramadhan. Bahkan, pengawasan terus dilakukan pada hari-hari lainnya. Kita juga mengimbau seluruh petugas peternakan yang ada diseluruh kecamatan agar terus memantau pasar dan tempat pemotongan hewan ini di daerah kerja masing-masing, ” katanya.

Selain dapat memantau kesehatan hewan, tujuan pengawasan adalah untuk mengetahui seberapa banyak persediaan sapi potong yang ada dan kesanggupan peternak dalam memenuhi kebutuhan pasar serta pantauan harga daging saat memasuki bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

Kepala Bidang Budidaya, Dinas Peternakan Pesisir Selatan, Hamdi mengatakan persediaan sapi potong di daerah itu hingga kini tercatat sekitar 20-22 ribu ekor dari jumlah keseluruhan sekitar 85 ribu ekor, tersebar di 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Peternak sapi terbanyak di kabupaten itu terdapat di Kecamatan Lengayang dengan jumlah populasi sekitar 16.125 ekor diikuti Kecamatan Bayang sekitar 14.250 ekor.

Produksi daging sapi dari kabupaten itu mencapai 7 ribu ton per tahun. Selain konsumsi lokal, daging sapi asal Pesisir Selatan juga dipasok ke daerah lain di Sumbar.

Sedangkan tingkat kelahiran sapi di Pesisir Selatan rata-rata 6 ribu ekor per tahun dari 7 ribu akseptor IB yang dilakukan pemkab setempat melalui dinas terkait kepada ternak sapi betina milik masyarakat.

“Persediaan sapi potong kita diperkirakan masih cukup untuk mengisi permintaan dalam memenuhi kebutuhan pasar memasuki Bulan Ramadhan ini, baik lokal maupun luar kabupaten di Sumbar, ” katanya.

Seperti biasa, permintaan sapi potong untuk kebutuhan bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya sekitar 7 – 8 ribu ekor. Sedangkan perdagangan sapi di kabupaten itu, baik dalam atau ke luar daerah, sekitar 16 ribu ekor per tahun.

Penjualan sapi terbanyak terjadi pada Hari Raya Idul Adha yakni sekitar 9 ribu-10 ribu ekor dan Idul Fitri sekitar 7 ribu – 9 ribu ekor.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -