25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Pada Kelompok Lansia MELATI di Nagari Sungai Buluh Selatan
P

Kategori -

Penulis: Fitri Mailani
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Tingkat kematian kelompok lansia yang terinfeksi COVID-19 memang merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Populasi lanjut usia, terutama yang berusia di atas 70 tahun, merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penyakit COVID-19. Daya tahan tubuh yang melemah dan adanya penyakit kronis bisa meningkatkan risiko lansia terkena COVID-19 serta mengalami gejala yang lebih parah dan bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu perlu edukasi yang tepat kepada keluarga dan lansia terkait informasi pencegahan penularan COVID-19. Kurang nya informasi juga menyebabkan lansia dan keluarga takut untuk mengunjungi pelayanan kesehatan seperti puskesmas karena takut terinfeksi COVID-19, sehingga banyak dari lansia yang mempunyai riwayat penyakit kronik seperti hipertensi, jantung dan diabetes enggan untuk melakukan kontrol di puskesmas/rumah sakit.

Untuk itu, tim dosen dari Fakultas Keperawatan yang terdiri dari Ns. Fitri Mailani, M.Kep, Emil Huriani, S.Kp, MN, Ns. Rahmi Muthia, M.Kep, Ns. Sovia Susianty, M.Kep, Ns. Elvi Oktarina, M.Kep, Sp.Kep,MB, Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan edukasi kepada kelompok lansia yang tergabung dalam kelompok lansia MELATI di nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan komplek Palapa Saiyo pada hari Minggu, tanggal 29 Agustus 2021. Edukasi dan pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada 65 orang lansia. Kegiatan diawali dengan senam bersama lansia MELATI, selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan mengikuti kegiatan edukasi. Dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, kegiatan di bagi menjadi 4 meja dengan rincian sebagai berikut: Meja 1: untuk pendaftaran dan penimbangan berat badan dan pengukuran tekanan darah, meja 2 untuk pemeriksaan kadar gula darah, meja 3 pemeriksaan Asam Urat dan kolesterol dan meja 4 untuk edukasi terkait hasil pemeriksaan yang dilakukan dan edukasi yang terkait dengan menjaga kesehatan lansia selama masa pandemic. 

Hasil pemeriksaan kesehatan tekanan darah didapat bahwa sebanya 15 (23,1%) mempunyai tekanan darah normal, 18 (27,7%) pasien mengalami prehipertensi, 18 (27,7%) mengalami hipertensi tingkat 1, dan 14 (21,5%) mengalami  hipertensi tingkat 2. Hasil pemeriksaan asam urat didapatkan sebanyak 42 (64,6%) lansia nilai asam urat masih dalam rentang normal, dan 23 (35,4%) lansia mempunyai nilai asam urat yang cukup tinggi (tidak normal). Hasil pengukuran kolesterol dari 40 lansia yang mempunyai keluhan dan resiko kolesterol tinggi, didapatkan 32(80%) lansia mempunyai nilai kolesterol tinggi yaitu lebih dari 200 mg/dl, dan hanya 8 (20%) lansia yang mempunyai kolesterol normal.

Hal ini sangat disayangkan karena banyak dari lansia yang mempunyai penyakit kronik seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan resiko jantung, enggan untuk melakukan pengobatan atau pemeriksaan kesehatan di puskesmas maupun dirumah sakit dikarenakan takut tertular COVID 19, sehingga penyakit kronik yang diderita oleh lansia tidak terkontrol.

Oleh karena itu, edukasi yang dilakukan menekankan bagaimana cara lansia menjaga kesehatan nya pada masa pandemi. Tim dosen menyusun buku panduan untuk lansia dengan judul “Panduan Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif) pada masa pandemic COVID 19”. Buku panduan ini menjelaskan tentang pencegahan penularan COVID 19 di masyarakat,  peran keluarga dalam pencegahan penularan COVID 19  pada lansia, tips jika lansia perlu ke puskesmas atau ke rumah sakit, langkah-langkah menjaga kesehatan pada pasien Diabetes Melitus pada masa pandemic, langkah pencegahan hipertensi selama pandemic COVID 19.

Diharapkan dengan dilakukan kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya lansia untuk tetap memperhatikan komorbid yang dimilikinya, agar tetap terkontrol baik dengan self care di rumah, kunjungan ke puskesmas atau dokter keluarga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk meminimalkan penularan COVID 19 di kalangan lansia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang ANBK Tahun 2021, Kemenag Padang Panjang Gelar Rapat Finalisasi Teknis Bersama Proktor

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan arahan dan motivasi terhadap Proktor ANBK dalam Rapat Persiapan Finalisasi Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 bersama seluruh Froktor ANBK dari Madrasah Negeri/Swasta se Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag, Rabu Siang (22/09/2021)
- Advertisement -

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Pasar Online Dibahas di Pasaman Barat, Ini Tips UMKM Bertahan Saat Pandemi

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Wirausahawan Kuliner Kopi Tarik Ulur, Agung Pramudya Wijaya menjelaskan akibat pandemi Covid-19, pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Cara bertahan yang paling ampuh yaitu dengan mengoptimalkan pasar online.
- Advertisement -

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

Pergantian Ketua DPRD Kota Bukittinggi Sah Secara Hukum

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Praktisi Hukum Khairul Abbas, S.H menilai, pergantian Ketua DPRD Kota Bukittinggi dari Herman Syofian kepada Beny Yusrial, Jumat (24/9/2021) kemarin, sah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Edukasi Universal Precaution Pada Masyarakat Oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel (2019-nCoV) pada bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Penyakit 2019-nCoV dan telah menjadi masalah kesehatan global utama di dunia

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...

Kepala Disdikbud Agam Beberkan Manfaat Literasi Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra menyebut literasi digital sebagai sarana mewariskan budaya.

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.

Edukasi PHBS dan Pendirian Poskestren di Pondok Pesantren Batang Kabung Padang

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berbasis masyarakat. Pada umumnya kondisi kesehatan di lingkungan pondok pesantren masih memerlukan perhatian yaitu akses pelayanan kesehatan, berperilaku sehat maupun aspek kesehatan lingkungannya. Data Kementerian Kesehatan tahun 2012 menunjukkan bahwa jumlah populasi di Indonesia yang menderita penyakit kulit (scabies) masih sangat tinggi, yaitu 4,60 – 12,95%, dan tertinggi ditemukan di lingkungan pondok pesantren

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas

Agam, beritasumbar.com -- Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021). Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat...
- Advertisement -