25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Pembelajaran secara online dari segi Agama Islam
P

Kategori -

Kehidupan seorang muslim tidak lepas dari kegiatan belajar, bahkan sudah menjadi kewajiban yang diperintahkan Rasulullah dalam sabda-Nya:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim”, dan orang-orang yang berilmu adalah yang memiliki kedudukan di sisi Allah seperti dalam firman-Nya:
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11). Oleh karena itu agama islam sangat memuliakan ilmu. Dikisahkan seorang ulama Majduddin Ibnu Taimiyyah (Kakek Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah) jika hendak masuk kamar mandi berkata kepada orang yang ada di sekitarnya: Bacalah kitab ini dengan suara keras agar aku bisa mendengarnya di kamar mandi, karena besarnya perhatian atas ilmu yang beliau miliki maka ia terus mencari cara agar senantiasa melakukan kegiatan pembelajaran, hal yang patut kita contoh di tengah keadaan wabah kematian dari virus corona yang mengguncang negeri ini dengan tetap berusaha  senantiasa melakukan kegiatan pembelajaran yang tetap menaati aturan social distancing dari pemerintah.
Sejatinya para ulama terdahulu menuntut ilmu dengan cara musyafahah atau bertemu langsung dengan para guru. Hanya saja, keadaan wabah sekarang ini tidak memungkinkan hal tersebut, akan tetapi di tengah kemajuan teknologi saat ini, kita jumpai metode pembelajaran baru dengan akses media internet, ini sesuai dengan firman Allah:
وَعَلَّمْنَٰهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُم مِّنۢ بَأْسِكُمْ ۖ فَهَلْ أَنتُمْ شَٰكِرُونَ وَلِسُلَيْمَٰنَ ٱلرِّيحَ عَاصِفَةً تَجْرِى بِأَمْرِهِۦٓ إِلَى ٱلْأَرْضِ ٱلَّتِى بَٰرَكْنَا فِيهَا ۚ وَكُنَّا بِكُلِّ شَىْءٍ عَٰلِمِينَ
Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Anbiya: 80-81).
Ayat tersebut erat kaitannya dengan perkembangan tenologi informasi dan komunikasi yang berawal dari perkembangan logam besi. Perkembangan ini juga sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Secara hukum asal tidak ada larangan khusus untuk belajar dengan media internet jika dilakukan secara tepat atau tidak mengambil ilmu sembarangan dari sumber yang tidak jelas dari dunia maya.
Jika dalam kondisi tidak dapat bertemu dengan guru maka setidaknya sebuah pembelajaran online dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Dilakukan dengan guru yang ahli pada bidangnya.

Walaupun di dalam internet tidak semuanya buruk tetapi sebaiknya kita memilih mengambil ilmu dari ahlinya sebagaimana para ulama mengambil hadits dari guru yang memiliki silsilah sanad yang tidak lemah, Allah ta’ala berfirman:
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan dimintai pertanggung jawabannya,” (Q.S Al-Isra :36).

  1. Interaktif

Pada pembelajaran online, seorang guru selain dituntut untuk menyediakan materi pelajaran juga dituntut untuk menyediakan forum untuk dialog antara ia dengan murid. Sebab terkadang ada bagian tertentu dari mata pelajaran yang masih belum dipahami oleh murid. Allah ta’ala berfirman:
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahuinya,” (Q.S. Ah-Nahl: 43).

  1. Tetap mengutamakan sistem tatap muka.

Pembelajaran secara online memiliki dampak negatif yaitu menumbuhkan rasa tidak butuh lagi dengan pembelajaran secara tatap muka padahal memiliki lebih banyak keutamaan seperti dalam sya’ir berikut
ومن يأخذ العلم من شيخ مشافهة   #     يكن عن الزيغ والتصحيف فى حرم
ومن يكن أخذا للعلم من صحف    #     فعلمـــه عند أهــــــــل العلم كالعدم
Barangsiapa yang mengambil ilmu dari seorang guru dengan musyafahah (tatap muka), niscaya terpeliharalah ia dari tergelincir dan keliru. Dan barangsiapa mengambil ilmu dari buku-buku, maka pengetahuannya menurut penilaian ahli ilmu adalah nihil semata.
Maka, sebaiknya selain tetap belajar dengan perantara internet, aplikasi, atau media sosial  kita senantiasa berdoa agar secepatnya kondisi membaik dan kita bisa kembali mengambil ilmu dari guru-guru yang tercinta secara langsung.

Penulis                        : Ukkasyah Abdulqohhar

Lembaga Akademik   : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani

Alamat                     : Komplek Islamic Center BINBAZ, Piyungan, Bantul, Yogyakarta

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...

SEKOLAH MERDEKA-KU (1)

“Ketika ruh ditiupkan sang Khalik dalam Rahim ibumu dan diterima,Sebuah modal hidup; mata, mulut, hati dan fikiran dan lainnya sudah tersediaNamun, kenapa engkau penjarakan,...
- Advertisement -