27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Kehutan Thn 2014 Oleh Gubernur Irwan Prayitno
P

Kategori -

Padang – Bertempat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat pada tanggal 26 Agustus 2014, Gubernur Sumatera Barat, Bpk. Irwan Prayitno berkenan melepas mahasiswa KKN Tematik Kehutanan ke 8 Kab/Kota terpilih.

Penanganan dampak perubahan iklim merupakan tantangan global saat ini dan di masa yang akan datang. Dampak perubahan iklim terasa semakin nyata dengan terjadinya beberapa fenomena alam seperti kenaikan suhu permukaan bumi karena efek gas rumah kaca, peningkatan tinggi permukaan air laut, perubahan cuaca yang ekstrim dan cenderung tidak bisa diprediksi sehingga mengganggu siklus produksi pertaniandan sector usahalainnyaserta munculnya berbagai macam penyakit yang mengancam kehidupan manusia.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% dengan tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi sebesar 7%. Usaha penurunan emisi ini dapat ditingkatkan hingga 41% dengan bantuan internasionalpada tahun 2020.

Untuk segera mewujudkan hal ini makaBP REDD+ mengajak pemerintah daerah untuk bersama menjalankan agenda inidengan momentum yang kitakenaldenganPertemuan Indonesia 11 di Jakarta yang berlangsung padatanggal 2-3 April 2014 lalu, yang dihadiri oleh 11 provinsi dan 29 kabupaten yang kaya dengan sumberdaya hutan dan lahan gambut, termasuk delapan 8 Kabupaten/ Kota dari Sumatera Barat langsung dihadiri oleh Bupati dan Walikotanya.

Sektor kehutanan dan lahan gambut merupakan sektor yang memiliki potensi besar dalam upaya mereduksi emisi karbon mengingat kontribusi emisi di sektor ini sebesar 60% dari total emisi. Pengurangan emisi ini dilakukan melalui mekanisme mengurangi laju deforestasi dan degradasi hutan serta lahan gambut, upaya konservasi ekosistem, pengelolaan hutan secara lestari, dan peningkatan cadangan karbon.

Pada tataran internasional, mekanisme tersebut dikenal dengan nama Reducing Emissions from Deforestation and Degradation Plus (REDD+) yang konsepnya diakui dalam pertemuan antar pihak (COP13) di Bali tahun 2007. Keberhasilan implementasi REDD+ di Provinsi Sumatera Barat diharapkan tidak hanya berujung pada manfaat berupa reduksi emisi karbon, akan tetapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya, maupun masyarakat di sekitar hutan secara khusus dan keutuhan fungsi ekosistem yang ditandai oleh tingginya nilai keanekaragaman hayati dan jasalingkungan lainnnya. Hal ini diharapkan menjadi manfaat tambahan (co-benefit) dari implementasi REDD+.

Pemilihan Kegiatan KKN Tematik Kehutanan dengan menggandeng Perguruan Tinggi merupakan gagasan positif dalam menunjang keberhasilan implementasi kegiatan REDD+ khususnya di Provinsi Sumatera Barat, karena kegiatan ini dalam imlementasinya melibatkan banyak pihak mulai dari Tokoh Masyarakat, dinas/ instansi terkait dari tingkat Pusat sampai daerah bahkan sampai Nagari, LSM danPerguruanTinggi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat berpesan agar mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dapat melakukan yang terbaik, tunjukkan bahwa mereka siap untuk menjadi calon pemegang tongkat estafet pembangunan di masa yang akan datang. Berinterakasilah dengan baik bersama warga masyarakat di lokasi KKN dan tunjukan etika sebagai seorang intelektual yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional, ikuti dengan baik petunjuk dan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta rangakaian kegiatan dan target capaian kegiatan yang sudahditetapkan.

Sementara kepada DPL beliau berharap agar dapat membimbing dan mengarahkan Mahasiswa KKN dengan baik, monitor dan evaluasi setiap kegiatan yang dilakukan secara berkala, karena keberhasilan Mahasiswa merupakan keberhasilan kita bersama termasuk keberhasilan Ibu/Bapak DPL. Juga kepada Kepala Dinas yang membidangi Kehutanan di Kabupaten/ Kota Beliau minta agar ikut berperan aktif dalam membantu memfasilitasi mahasiswa dan menyukseskan kegiatan KKN Tematik ini dan agar terus dimonitor perkembangan pelaksanaan kegiatan mahasiswa di lapangan. (humas sumbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)
- Advertisement -