26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pelatihan Pakan Ternak Oleh Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas Di Nagari Tanjung Bonai Aur
P

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com, Bertempat di rumah Pak Umar, Desa Tanjung Bonai Aur, Kabupaten Sijunjung, sebuah pelatihan pakan ternak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Nagari Tanjung Bonai Aur . Pelatihan ini dihadiri oleh Badan Pemberdayaan Pertanian (BPP) Sumpur Kudus bekerja sama dengan Pusat Lingkungan Wilayah Binaan (PL-WB) TBA-TBS Ketua Badan Pemberdayaan Nelayan (BPN) Tanjung Bonai Aur, Mahasiswa KKN UNAND, dan perwakilan dari Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Sijunjung.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, khususnya peternak kambing di Tanjung Bonai Aur, tentang pakan ternak yang tepat dan berkualitas. Masyarakat di daerah ini masih minim pengetahuan mengenai pakan yang baik dan seimbang untuk ternak kambing mereka, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi produktivitas dan kesehatan ternak.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan materi mengenai pembuatan silase, suatu metode pengawetan pakan ternak yang sangat berguna dalam menghadapi musim kering. Materi ini disampaikan oleh para mahasiswa KKN yaitu Vyola Maulana dari fakultas peternakan Universitas Andalas yang telah mempelajari dan menguasai teknik pembuatan silase dengan baik. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk secara langsung mempraktekkan cara pembuatan silase dengan bimbingan dari para mahasiswa.

Kasi Kesejahteraan Nagari Tanjung Bonai Aur, Bapak Zulfentri, menyampaikan, “Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung kemajuan pertanian dan peternakan di wilayah ini. Dengan memberikan pengetahuan yang tepat kepada masyarakat, kami berharap dapat meningkatkan produktivitas ternak dan kesejahteraan peternak.”

Antusiasme peserta terlihat jelas saat mereka secara aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan praktik pembuatan silase. Para peserta juga menyampaikan rasa terima kasih atas pelatihan ini, mengakui bahwa pengetahuan baru yang mereka peroleh akan membantu mereka dalam merawat ternak dengan lebih baik di masa depan.

Dengan adanya pelatihan pakan ternak ini, diharapkan masyarakat Tanjung Bonai Aur akan semakin teredukasi tentang pentingnya pakan yang berkualitas bagi ternak mereka. Ini adalah langkah konkret dalam mendukung peningkatan produksi peternakan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat peternak.

Kehadiran mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga memberikan kontribusi positif dalam pelatihan ini. Mahasiswa memiliki peran penting dalam membantu sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat terkait implementasi pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini.

Pelatihan pakan ternak ini diharapkan menjadi awal dari serangkaian kegiatan edukatif yang lebih luas untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam merawat ternak mereka. Dengan kolaborasi berbagai pihak, diharapkan sektor pertanian dan peternakan di

Tanjung Bonai Aur dapat berkembang secara berkelanjutan dan berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal.

Oleh : KKN Unand 2023 Nagari Tanjung Bonai Aur dan DPL Dr. Dedi Mardiansyah

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img