25 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pelatihan Lanjutan Pemodelan Persamaan Struktural Kuadrat Terkecil Parsial (SEM-PLS): Meningkatkan Keterampilan Analisis Data di Bidang Keperawatan
P

- Advertisement -

Oleh, Ns. Dewi Murni, M.Kep

Dalam rangka meningkatkan dan menemenuhi kebutuhan keilmuan dari jenjang Pendidikan, mahasiswa juga sekaligus dosen, perawat klinik serta mahasiswa dalam hal mengolah dan menganalisis data harus di tingkatkan. Maka bagian DKKD, ketua bagian Dr. Yulastri Arif, M.Kep Sekretaris bagian Dr.dr. Susmiati, M.Biomed dengan anggota, Nelawati, S.Kp, MN, Ph.D, Dr. Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep, Ns. Dewi Murni, M.Kep, Ns. Esthika Ariany Maisa, M.Kep, Ns. Ilfa Kahairina, M.Kep, Ns. Mutmainnah, M.Kep, Ns. Sidaria, M.Kep, Ns. Yuanita Ananda, M.Kep. Mengadakan pelatihan lanjutan terkait dengan SEM-PLS.

Pelaksanaan Pelatihan ini bertujuan untuk: Mengenalkan kepada peserta cara Analisis data dan Interprestasi Hasil Uji Statistik Menggunakan SEM-PLS, Meningkatkan kretivitas peserta dalam mengolah dan menganalisis data serta Interprestasi, Meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman peserta di bidang risert (SEM-PLS).

Pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (SEM-PLS) adalah metode alternatif terhadap SEM berbasis kovarian (CB-SEM) yang secara historis lebih umum digunakan ketika menganalisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM). Metode ini dianggap sebagai alternatif yang lebih fleksibel dan efektif dalam menganalisis model yang kompleks, terutama ketika fokus penelitian adalah pada prediksi. Dengan SEM-PLS, peneliti dapat mengatasi tantangan seperti asumsi distribusi non-normal, konstruksi formatif, dan peningkatan pemahaman model teoretis.

SEM-PLS cocok ketika model yang kompleks dianalisis, ketika prediksi menjadi fokus penelitian. Khususnya prediksi di luar sampel untuk mendukung validitas eksternal, ketika data tidak memenuhi asumsi distribusi normal, ketika konstruksi formatif disertakan, dan ketika konstruksi tingkat tinggi memfasilitasi pemahaman model teoretis yang lebih baik. Beberapa Riset sudah menggunakan Analisis dan Interprestasi hasil uji statistik menggunakan SEM-PLS. Bahwa ini adalah motode statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel dalam model yang kompleks. Sebagai bagian dari perkembangan riset memberikan kesempatan kepada dosen, perawat serta mahasiswa di dalam meningkan skills pengolahan dan menganalisis data. Metode SEM-PLS tidak hanya relevan untuk para peneliti, tetapi juga penting bagi dosen, perawat klinik, dan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam pengolahan dan analisis data.

Pelatihan ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan analisis data peserta tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan riset di bidang keperawatan. Penerapan SEM-PLS disediakan, dan panduan langkah demi langkah tentang analisis dan interprestasi hasil uji statistik menggunakan SEM-PLS dalam riset Keperawatan. Sebuah contoh diberikan yang menunjukkan bagaimana hasil SEM-PLS diinterpretasikan dan dilaporkan. SEM-PLS dapat digunakan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pasien atau Intervensi Keperawatan.

Peserta yang hadir yaitu 40 peserta yang terdiri dari : Dosen DKKD dan perwakilan dosen dari departemen KMB-KGD, Maternitas Anak, dan Jikom. Perawat Klinik, Peserta lainnya yang terdiri dari mahasiswa S2 dan akademisi dari institusi lainnya. Pembicara, Dr. Yulastri Arif, M.Kep, Siska Resti, S.Pd.I., M.Si. Kami juga memberikan kesempatan pada peserta untuk membawa data untuk mulai mempelajari SEM-PLS dengan mereplikasi temuan yang didapat. Pertimbangan penting untuk pemanfaatan SEM, khususnya SEM-PLS, dalam penelitian di masa depan. Peserta akan diperkenalkan pada cara mengolah data dan menginterpretasi hasil uji statistik dengan menggunakan metode ini. Sebagai bagian dari pelatihan, contoh konkret akan disajikan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara menginterpretasi hasil SEM-PLS dan melaporkannya.

Pelatihan ini bisa Memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan penerapan SEM-PLS dalam analisis data keperawatan. Meningkatkan Kreativitas dalam Analisis data, Memberikan peserta keterampilan dan kepercayaan untuk secara kreatif mengolah dan menganalisis data mereka sendiri. Peningkatan Ilmu engetahuan: Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta di bidang riset keperawatan, khususnya dalam konteks penggunaan SEM-PLS.

Dengan SEM-PLS sebagai alat analisis yang efektif, diharapkan penelitian keperawatan dapat lebih akurat, relevan, dan dapat diaplikasikan dalam konteks praktis. Pelatihan ini merupakan langkah signifikan dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di bidang keperawatan. SEM-PLS bukan hanya metode analisis yang kuat, tetapi juga alat yang dapat membantu meningkatkan validitas eksternal riset keperawatan, menghasilkan temuan yang lebih dapat diandalkan, dan memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan praktik di lapangan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img