24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan
P

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Alsintan itu diserahkan Bupati Sijunjung  Benny Dwifa Yuswir di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jumat (30/4).

Pada kesempatan tersebut Benny menegaskan  kepada kelompok tani supaya alat pertanian ini dimanfaatkan untuk kelancaran dan kesuksesan dalam mengolah untuk peningkatan hasil serta pendapatan para anggota kelompok.

Peralatan yang diserahkan betul- betul bisa dipakai oleh seluruh anggota kelompok.

Kemudian alat yang diberikan dapat dijaga dan dirawat dengan baik serta juga menjalin silaturrahmi, kekompakkan antar anggota kelompok, dan  jangan sampai alat pertanian yang diberikan pemerintah menjadikan perpecahan di antara kelompok.

“Kita berharap kepada petani yang mendapat bantuan ini, untuk lebih bersemangat dan tekun dalam mengolah lahan pertaniannya untuk peningkatan pendapatan masing- masing anggota kelompok,” harapnya.

Ke depannya, kata dia pemerintah daerah akan memberikan perhatian serius untuk meningkatkan pendapatan para petani Kabupaten Sijunjung dengan menganggarkan lebih banyak lagi bantuan di sektor pertanian serta meloby pemerintah pusat untuk bisa menyalurkan dana APBN untuk kepentingan petani di Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldy mengatakan bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini sebanyak 173 unit. Adapun alsintan tersebut diantaranya, combine harvester sebanyak 1 ( satu) unit, Traktor Roda Empat satu unit, Traktor Roda Dua 57 ( lima puluh tujuh) unit.

Selanjutnya Cultivator sebanyak 30 unit,pompa air 23 unit, Handsprayer sebanyak 29 ( dua puluh sembilan) unit,Alat pemotong rumput 13 unit, power tresher sebanyak 15 unit dan Cron sheller sebanyak 4 unit.

“Dengan bantuan berbagai alat pertanian ini, akan mempermudah para petani dalam mengelola dan merawat tanaman mereka. Kalau lahan pertanian ini diolah secara baik dan dirawat serta pencegahan dari serangan hama dan penyakitnya, Insyaallah hasil.yang diharapkan jauh lebih baik,” katanya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img