26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan
P

Kategori -

Sijunjung, beritasumbar.com – Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Alsintan itu diserahkan Bupati Sijunjung  Benny Dwifa Yuswir di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jumat (30/4).

Pada kesempatan tersebut Benny menegaskan  kepada kelompok tani supaya alat pertanian ini dimanfaatkan untuk kelancaran dan kesuksesan dalam mengolah untuk peningkatan hasil serta pendapatan para anggota kelompok.

Peralatan yang diserahkan betul- betul bisa dipakai oleh seluruh anggota kelompok.

Kemudian alat yang diberikan dapat dijaga dan dirawat dengan baik serta juga menjalin silaturrahmi, kekompakkan antar anggota kelompok, dan  jangan sampai alat pertanian yang diberikan pemerintah menjadikan perpecahan di antara kelompok.

“Kita berharap kepada petani yang mendapat bantuan ini, untuk lebih bersemangat dan tekun dalam mengolah lahan pertaniannya untuk peningkatan pendapatan masing- masing anggota kelompok,” harapnya.

Ke depannya, kata dia pemerintah daerah akan memberikan perhatian serius untuk meningkatkan pendapatan para petani Kabupaten Sijunjung dengan menganggarkan lebih banyak lagi bantuan di sektor pertanian serta meloby pemerintah pusat untuk bisa menyalurkan dana APBN untuk kepentingan petani di Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir. Ronaldy mengatakan bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini sebanyak 173 unit. Adapun alsintan tersebut diantaranya, combine harvester sebanyak 1 ( satu) unit, Traktor Roda Empat satu unit, Traktor Roda Dua 57 ( lima puluh tujuh) unit.

Selanjutnya Cultivator sebanyak 30 unit,pompa air 23 unit, Handsprayer sebanyak 29 ( dua puluh sembilan) unit,Alat pemotong rumput 13 unit, power tresher sebanyak 15 unit dan Cron sheller sebanyak 4 unit.

“Dengan bantuan berbagai alat pertanian ini, akan mempermudah para petani dalam mengelola dan merawat tanaman mereka. Kalau lahan pertanian ini diolah secara baik dan dirawat serta pencegahan dari serangan hama dan penyakitnya, Insyaallah hasil.yang diharapkan jauh lebih baik,” katanya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.
- Advertisement -

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.
- Advertisement -

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Saat PLEK, Poktan Diminta Catat Biaya-Usaha Tani

Sijunjung, beritasumbar.com - Tenaga Ahli (TA) keuangan pedesaan IPDMIP Regional  II, Sri Sumaryani meminta peserta Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) membiasakan diri mencatat biaya...

DPC Gerindra Sijunjung Gelar Vaksin

Sijunjung, Berita Sumbar--Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung melaksanakan vaksin sinovac di pada Selasa (14/9) di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung untuk 260 vaksin. Sedangkan untuk 13 lokasi (tiga belas) lagi dilaksanakan mulsi dari tanggal 16 sampai 18 September ini, kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sijunjung Drs. Syahril Syamra di kantor Gerindra Muaro Sijunjung, Senin (13/9).

Wakapolres Sijunjung Berganti, Kompol Syahrul Chan Gantikan Kompol Andy Santoso Yang Pindah Ke Polda Sumbar

Sijunjung, beritasumbar.com - Pergantian jabatan kembali berganti di Polres Sijunjung Sumatera Barat, dimana kali ini Wakapolres itu Kompol Andy Santoso SH yang pindah tugas...

Internet Positif, Ini Kata Pakar saat Webinar di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Founder and Chief Product Officer Threespeakers, Hilbram Dunar menyebut kunci internet yang positif yaitu membiasakan diri untuk saring dahulu sebelum dibagikan.

Salurkan Bibit-Pupuk, Pemkab Sijunjung Targetkan Wilayah Transmigrasi Jadi Desa Rempah

Sijunjung, beritasumbar.com - Perhatian pemerintah terhadap warga transmigrasi Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung terus berlanjut, hal itu ditandai dengan penyerahan dan pendistribusian tanaman herbal...

Operasi Pekat, Polres Sijunjung Amankan 18 Pejudi-Ratusan Botol Miras

Sijunjung, beritasumbar.com - Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang dilaksanakan Jajaran Polres Sijunjung berhasil menangkap 18  orang tersangka pemain judi, yang mana dua diantaranya masih di...

Tingkatkan Literasi Edukasi Keuangan, 12 Pasutri Petani Ikuti PLEK IPDMIP

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 12 pasangan suami istri (pasutri) petani mengikuti Pelatihan Literasi Edukasi Keuangan (PLEK) di Ruang Pertemuan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) IV Nagari,...

Silaturrahmi Dengan LKAAM, Kapolres: Polri Hargai Kearifan Lokal-Adat Sebagai Pertimbangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Kepolisian Resor AKBP Muhammad Ikwan Lazuardi SH.SIK.MH Sijunjung melakukan silturrahmi dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Sabtu (4/9) sebagai perkenalan...

Kapolsek Kamang Baru Gelar Kegiatan Bhakti Sosial

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Deritamu deritaku jua, kesulitanmu, kepedihanmu ku jua, kata-kata ini yang tergiang ditelingga Kapolsek paling Selatan di Kabupaten Sijunjung.
- Advertisement -