28.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Payakumbuh Siapkan Bonus Rp 100 Juta Untuk Pemenang MTQ

Pemko Payakumbuh siapkan bonus Rp100 juta buat qori dan qoriah peraih medali (pemenang I/II/III) hingga pemenang harapan satu, dua dan tiga, pada MTQ Sumatera Barat ke-36, di Sawahlunto, yang berakhir, Sabtu lalu.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis didampingi Kabag Kesra Davitra, M.Si, di balaikota, menginformasikan, Senin (16/11), penyerahan bonus kepada qori dan qoriah berprestasi tersebut direncanakan dalam bulan ini juga. “Kita akan usahakan,  paling lambat akhir November ini bonus tersebut sudah diterima qori dan qoriah peraih medali,” kata sekdako.

Dikatakan, bagi peraih emas, diancar-ancar bakal menerima antara Rp10 sampai Rp15 juta. Peraih   perak antara Rp7,5 sampai Rp10 juta dan peraih perunggu antara Rp3 sampai Rp5 juta. Kita masih menunggu, jawaban walikota dalam hal ini.  Anggarannya sudah tersedia dalam APBD 2015, tambah Davitra.

Selain qori dan qoriah peraih medali, pemko juga akan memberikan bonus kepada pelatih yang qori dan qoriah binaannya  berprestasi. Sementara itu, terhadap pelatih,  qori dan qoriah yang belum beruntung, dengan berat hati, pemko belum menyediakan bonus. “Anggaran kita masih terbatas untuk itu,” ungkap sekdako.

Keterangan Kabag Kesra Davitra, prestasi Kafilah Payakunbuh pada MTQ Sumbar di Sawahlunto, naik cukup signifikan. Pada MTQ Sumbar ke-35 di Pasaman, Payakunbuh berada di peringkat 15. Tapi, pada MTQ  di Kota Arang Sawahlunto,  naik delapan anak tangga (bukan 7 anak tangga, red), bearda di peringkat tujuh dari 19 kota/kabupaten peserta.

Walikota Riza Falepi yang dihubungi terpisah, mengaku puas dan bangga dengan prestasi yang diukir Kafilah Payakumbuh dimaksud. Menurutnya, itu merupakan hasil pembinaan yang berjenjang, mulai dari TPA/MDA/MDTA sampai ke tingkat sekolah,  TK, SD, SLTP dan SLTA,  bersama Kantor Kementerian Agama Payakumbuh. “Saya berharap, sinergisitas itu terus dipelihara, agar ke depan, Payakumbuh terus meraih prestasi di ajang MTQ,” ucap walikota.

Pengakuan walikota, seluruh qori dan qoriah yang dikirim ke MTQ Sumbar, merupakan putera asli daerah Payakumbuh. “Kita selalu mengingatkan  LPTQ Payakumbuh, agar qori dan qoriah yang dikirim, merupakan binaan sendiri. Bukan qori dan qoriah impor,” tegasnya. Makanya, Bagian Kesra Setdako Payakumbuh, sudah diberi PR, agar lebih intensif melakukan pembinaan baca dan hafal Alqur’an pada seluruh TPA/TPSA/MDA dan sekolah. Guru TPA dan pelajar yang mampu hafal Alqur’an tiap tahun diberi tiket Umrah ke Mekah,” tegasnya.

 

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah,...

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....

Yola Oksandra Raih Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya

Sijunjung, Berita Sumbar-- Yola oksandra, meraih juara 3 ( tiga) Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya, kata Kadis Parawisata...

Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja

Payakumbuh - Setelah berhasil menangkap peredaran gelap narkotika lintas provinsi awal Oktober lalu, Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh melakukan pemusnahan barang bukti narkotika...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -