25 C
Padang
Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pasar Tradisional Ibuah Dilengkapi Gerbang
P

Kategori -
- Advertisement -

Pasar Tradisional Ibuah, Kota Payakumbuh, penyandang pasar sehat terbaik nasional, dilengkapi dengan tiga gerbang, sebagai pintu masuk dan keluar pasar. Pembangunan gerbang, rekomendasi Tim Penilai Pasar Sehat dan Tim Penilai Inovasi Managemen Perkotaan Pusat, yang berkunjung ke Payakumbuh, tahun lalu. Sebagai pasar tradisional yang cukup besar, saat itu Pasar Ibuah belum memiliki identitas yang jelas, karena tak mempunyai gerbang.

 

Keterangan Kepala Dinas Koperasi UKM Industri Perdagangan Indra Syofyan, SE, MM, di Payakumbuh, Minggu (8/9), atas rekomendasi itu pihak pemko menyediakan dana ratusan juta rupiah dalam APBD 2013. “Alhamdulillah, sejak Agustus lalu, pembangunan gerbang itu sudah rampung dan mempercantik wajah Pasar Ibuah.

 

Gerbang parmanen itu, dibangun pada tiga titik. Dua titik di Pasar Ibuah Barat dan satu titik di Pasar Ibuah Timur. Di Pasar Ibuah Barat dibangun di sisi barat Jalan A. Yani, sekitar 100 meter dari Jembatan Ratapan Ibu dan satu lagi di sisi Jalan Ibuah. Di Pasar Ibuah Timur dibangun dari arah Jalan Kubu Gadang.

 

Ketiga gerbang yang dibangun, cukup strategis. Sehingga , setiap tamu yang datang, terutama yang baru pertama kali ke Pasar Ibuah, mereka langsung mengetahui kalau yang bersangkutan sudah berada di kawasan pasar tradisional yang terbilang Pasar Sehat itu.

 

Pihak Dinas Kesehatan Payakumbuh, sebut Indra Syofyan, juga berperan menjamin keamanan seluruh barang kebutuhan sehari-hari yang dijual. Bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balaipom) Sumatera Barat, jajaran Dinas Kesehatan Payakumbuh secara berkala, mengawasi barang yang dijual terbebas dari bahan berbahaya. Alat pemeriksa bahan makanan bernilai jutaan rupiah dan kader pemeriksa bahan makanan, disiagakan di Pasar Ibuah.

 

 

Petugas Radio Land yang ada di Pasar Ibuah, setiap hari dari pagi hingga sore, tak henti-hentinya mengingatkan pedagang dan pengunjung pasar, agar selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi. Selain imbauan memelihara kebersihan dan lingkungan pasar. Pedagang diminta, tidak mencampur barang dagangannya, terutama ikan kering dan bahan makanan lainnya, agar tak memberikan bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya.

 

“Pokoknya, pasar Ibuah akan menjadi pusat perbelanjaan yang aman, nyaman bagi pengunjung dari berbagai kelurahan dan desa di Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” simpul Indra.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img