Padang,BeritaSumbar.com,-Pasar Rabu Tani adalah sebuah program kerja dari Koperasi MDM sebagai inisiasi untuk membantu para petani, peternak, dan produsen di sekitar kampus Universitas Andalas (Unand) sekaligus membantu para konsumen terutama para dosen dan tenaga kependidikan di Unand dengan mengaktivasi penciptaan pasar baru bagi semua produk yang dibutuhkan bersama.

Kerja sama yang dilakukan Koperasi MDM dengan para produsen biasanya lebih diutamakan dengan mereka yang sudah membentuk koperasi, jadi kerja sama itu bersifat antar koperasi atau cooperative to cooperative (C2C). Namun tidak menutup kesempatan kepada para produsen perorangan yang melakukan usaha ekonomi mandiri (Ekman) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bekerja sama juga dengan Koperasi MDM.

Penawaran kerja sama pendistribusian produk tersebut melalui berbagai saluran informasi dan komunikasi online seperti WhastApp Group (WAG), Instagram (IG), Facebook (FB), dan Google Form (GForm). Selain itu, Pasar Rabu Tani secara teknis selama ini juga diselenggarakan dengan mengumpulkan data produk yang ada dari para produsen di sekitar kampus Unand secara langsung oleh Koperasi MDM.

Berbagai jenis produk tersebut kemudian ditawarkan kepada para konsumen juga melaui saluran online. Kemudian semua data pemesanan produk oleh para konsumen yang ditawarkan tersebut akan dikelola oleh admin dan ditindaklanjuti dengan mempersiapkannya untuk disampaikan kepada para konsumen. Proses penyampaian produk pesanan para konsumen dilakukan pada setiap Hari Rabu mulai pukul 10.00 sampai 15.00 atau dalam lima jam masa aktif.

Penyampaian tersebut dilakukan dengan berbagai cara: (1) secara langsung para produsen mengantarkan barang dan para konsumen mengambil sendiri barang pesanannya di lokasi Pasar Rabu Tani yang biasanya bertempat di Kafe Uniang Kamek (KUK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Unand; (2) Koperasi MDM mendistribusikan barang dengan pengantaran langsung ke kantor para konsumen; dan (3) Koperasi MDM mengirimkan barang melalui jasa pengiriman sesuai dengan jarak misalnya di dalam kota menggunakan jasa ojek online, sedangkan di luar kota dan seterusnya menggunakan jasa pengiriman paket.

Relevansinya dengan Pandemi Covid-19?

Di tengah-tengah pandemi global Covid-19, berbagai pertanyaan tentang relevansi Pasar Rabu Tani Koperasi MDM juga bermunculan. Beberapa uraian yang bisa disampaikan dalam artikel ini adalah sebagai berikut:

Pasar Rabu Tani justru menjadi alternatif yang solutif dalam upaya penyediaan kebutuhan pangan sehat dan produk ramah lingkungan bagi semua orang. Koperasi MDM selalu menekankan kepada para produsen untuk memproduksi pangan sehat dan prosuk lainnya yang ramah lingkungan. Mulai dari proses produksi sampai pada pengepakan dan penyajiannya sebelum disampaikan kepada para konsumen.

Produk pertanian dan peternakan biasanya dilakukan dengan budi daya organik, hidroponik, dan hayati yang meminimalisir bahkan tidak menggunakan sama sekali pestisida, pupuk, dan bahan kimia non-alamiah yang membahayakan jika dikonsumsi. Produksi non-pangan pun juga harus diproduksi dan dikelola dengan ramah lingkungan misalnya dengan meminimalisir penggunaan plastik. Hal ini sesuai juga dengan para konsumen yang pernah menyampaikan saran dan masukan secara langsung kepada Koperasi MDM.

Berkaitan dengan upaya pemutusan rantai penyebaran virus Corona melalui jaga jarak sosial dan pengisolasian, Pasar Rabu Tani sesungguhnya dari awal sudah diupayakan dengan meminimalisir pertemuan langsung atau pembentukan kerumunan massa. Awalnya hal itu dipilih karena ketidakmungkinan para penyelenggara Pasar Rabu Tani Koperasi MDM yakni para Dosen dan Mahasiswa tidak bisa mengalokasikan waktu yang terlalu banyak karena juga harus terus melakukan aktivitas utama mereka. Baik dalam pengajaran/pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan juga kegiatan akademis lainnya termasuk kerja-kerja administratif yang harus dipenuhi.

Seiring dengan dinamika global di dunia ketika terjadi pandemi Covid-19, maka pilihan tersebut semakin relevan ketika menyimak dan memperhatikan proses penyelenggaraan Pasar Rabu Tani Koperasi MDM yang sudah diuraikan di atas. Dengan demikian maka Koperasi MDM sebagai penyelenggara sekaligus penanggungjawab langsung Pasar Rabu Tani selalu berusaha menemukan relevansi dan mencapai perwujudan eksistensi masyarakat dunia yang lebih baik, adil, dan beradab.

oleh: Virtuous Setyaka, Koordinator Umum Pasar Rabu Tani, Dosen HI FISIP Unand, Aktivis Koperasi MDM, dan Mentor GSC Insonesia.

loading...