23 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pasar Pabukoan Payakumbuh Di Tempati 140 Pedagang
P

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, —Seiring hari pertama Ramadhan 1440 H/2019 M, Walikota Payakumbuh resmikan beroperasinya Pasar Pabukoan Di Kota ini. Pasar tersebut terletak di Jalan Sutan Oesman, tidak jauh dari Tugu Adipura. Lokasi tersebut sudah bertahun-tahun disulap menjadi pusat pasar pabukoaan skala kota.

Hadir mendampingi Walikota, Sekdako Rida AnandaAsisten II Setdako, Elzadaswarman, Kapolsek Payakumbuh, AKP Julianson, Kadis Koperasi dan UKM, Herlina, Kasatpol PP dan Damkar, Devitra, Kepala Subdenpom, Kapten I Gusti Made. A, Kepala Cabang Bank BRI Payakumbuh Nicky Muhammad, serta sejumlah perwakilan PD se Kota Payakumbuh.

“Manfaatkanlah pasar pabukoan ini dengan baik. Nikmatilah segala kuliner yang tersedia. Selama sebulan ini, warga Payakumbuh akan dimanjakan dengan berbagai hidangan untuk berbuka,” ujar Walikota Riza saat memberi sambutan pembukaan.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Payakumbuh dan dilanjutkan dengan Peninjauan ke lapak-lapak pabukoan yang sudah ramai dipadati oleh masyarakat yang membeli pabukoan.

Berbagai ragam makanan dan jajanan khas pabukoan tersedia, mulai dari kolak, es tebak, lapek bugih, lamang tapai, cendol hingga lauk pauk. Disamping itu juga ada beragam olahan sayuran seperti sayuran lotek, gado-gado anyang tersedia di pasar musiman setiap bulan Ramadhan itu. Hiruk pikuk jual beli menambah ceria suasana peninjauan lapak oleh walikota dan rombongan.

Usai peresmian, walikota beserta undangan meninjau seluruh kawasan pasar pabukoan sambil berdialog dengan pedagang.

“Lai lamak gulai cancang ko tek, atau lai kamek kolak kampiunnyo ni,” ucap Walikota Riza Falepi sembari dijawab candaan khas pula oleh para pedagang.

“Harus pak borong pabukoan kami ko pak, baru pak tahu lamak atau indaknyo,” jawab salah seorang pedagang yang berjualan gulai cancang.

Pada kesempatan itu, walikota juga mengingatkan agar para pedagang menjaga kehalalan, keamanan dan kehigienisan jajanan mereka. Wako juga meminta agar pengelola pasar pabukoan mengatur jam buka berjualan di pasar pabukoan.

“Tolong jaga keamanan dan kebersihan makanan pabukoan ini, jangan pakai zat macam-macam seperti formalin, boraks, karena yang akan memakan adalah sanak saudara kita semuanya. Nanti juga akan ada inspeksi dari BBPOM, kalau kedapatan ada zat berbahaya, akan ditindak,” ingat Wako Riza.

Terhadap para pedagang telah disosialisasikan agar tidak menggunakan bahan serta zat berbahaya dalam makanan.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Payakumbuh, Herlina menginformasikan, Pasar Pabukoan di Jalan Sutan Oesman sendiri diisi oleh 140 pedagang.

“Beberapa hari lalu kita kumpulkan calon pedagang dan dilakukan lotting untuk menentukan posisi lapak mereka. Alhamdulillah prosesnya lancar pak,” lapor Herlina kepada Walikota.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img