25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani
P

- Advertisement -

Pariaman, beritasumbar.com – Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20 Kelompok Tani dan 2 KWT Tani Wanita tersebut lansung diserahkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman Rabu, 28/4.

Alat pertanian berupa tersebut merupakan bantuan langsung yang diberikan oleh Kementerian Pertanian melalui pemerintah daerah berdasarkan usulan kebutuhan petani di Wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Alsintan berupa 2Unit Cultivator, 7Unit Power treser, serta I Unit Combine Hervester, ribuan bibit Kelapa Genjah dan bibit Padi Papanai P2L DAK, serta kegiatan P2L APBN.

Sebelum penyerahan alsintan Bupati Padang Pariaman juga melakukan penanaman bibit pohon durian di Halaman Kantor Dinas pertanian sebagai wujud kepedulian pemanfaatan lahan lingkungan.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur  berpesan kepada Kelompok tani penerima bantuan alat alat ertanian mengharapkan dengan diserahkannya bantuan alat dan mesin pertanian kepada 20 kelompok tani ini dapat membantu menyejahterakan petani sekaligus meningkatkan hasil produksi petani.

“Bantuan alat dan mesin pertanian ini merupakan doa para petani kita. Harapan saya, dengan penyerahan  bantuan alat dan mesin pertanian serta bibit tanaman ini dapat membantu dan memaksimalkan dengan sebaik mungkin serta dijaga agar bermanfaat dan dapat mendorong hasil pertanian kita ke depannya,” ujarnya.

Menurutnya Kabupaten Padang Pariaman memiliki potensi yang sangat baik dalam sektor pertanian untuk terus dapat dimaksimalkan, khususnya untuk komoditi beras.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman Yakub  memberikan apresiasi kepada penerima alat pertanian tersebut guna untuk menunjang produktifitas dan hasil pangan agar ekonomi sektor pertanian terus meningkat.

Dengan meningkatnya hasil pertanian masyarakat secara otomatis petani semakin sejahtera.

Padang Pariaman memiliki potensi untuk menjadi pemasok komoditi beras, karena memiliki 23.856 hektar lahan basah pertanian dan dapat menghasilkan sebanyak 164.000 ton beras per tahun.

“Sedangkan rata-rata konsumsi masyarakat kita di Wilayah Kabupaten Padang Pariaman hanya sebesar 31.500 ton beras per tahun. Hal ini menunjukkan kita selalu mengalami surplus dan hal telah terbukti para petani pangan kita mengekspor beras ke berbagai daerah,” ucapnya.  (Syamsul).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img