25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Minim Pasokan, Harga Cabai Terus Naik
M

- Advertisement -

Payakumbuh – Harga cabai merah terus naik dua pekan terakhir. Seperti di pasar Ibuh Kota payakumbuh, harga cabe merah giling mencapai 80 Ribu perkilo.

Informasi yang diperoleh beritasumbar.com di area pasar itu menyebutkan, tingginya harga cabai pada saat ini diakibatkan kurang nya pasokan dari daerah yang biasa mensuplai ke pasar tersebut. Selain itu, cuaca yang tidak mendukung juga banyak membuat hasil panen petani cabai tidak maksimal.

Salah satu pedagang cabai dan kelengkapan masak lainnya Nidar mengatakan, pasokan cabai dan yang lainnya lebih banyak lokalan saja. “Kami tidak mau pelanggan kecewa, cabai giling merah untuk setengah kilonya kita jual 40 Ribu begitu juga dengan cabai ijo,” Ungkapnya, Kamis (3/11/2016) siang.

Ia menambahkan, harga cabai saat ini yang cukup tinggi dikarenakan modal membeli ke petani lokalpun juga cukup tinggi. Namun permintaan pelanggan masih banyak. “Dari petani harganya juga cukup tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Payakumbuh Dahler ketika di hubungi beritasumbar.com mengatakan. Khusus untuk cabai keriting memang mengalami kenaikan harga jual di pasar. Namun untuk harga sembako lainnya masih dalam kondisi stabil. Menurutnya hal itu dipengaruhi oleh musim kemarau yang panjang, sehingga para petani cabai banyak mengalami kerugian. “Dari hasil pantauan kita kelapangan, petani cabai banyak yang gagal panen, sehingga pasokan untuk pasar jadi sedikit. Sementara permintaan pasar cukup tinggi. Hal itu juga menjadi salah satu akibat naiknya harga cabai. Kita akan berupaya mencari solusi tepat untuk menstabilkan harga,” demikian Dahler.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img