26.2 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Menyaring Bakal Calon Bupati, PKS Pasaman Barat Tunggu Putusan DPP
M

Kategori -

Simpang Ampek – Partai Keadilan Sejatera (PKS) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menunggu putusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) siapa bakal calon bupati yang akan diusung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

“Hingga saat ini ada lima bakal calon bupati yang telah mendaftar. Belum ada pengerucutan kesatu nama karena masih dalam tahap seleksi,” kata Koordinator Bapilu PKS Pasaman Barat, Fajri Yustian di Simpang Ampek, Rabu.

Ia menambahkan PKS pada prinsipnya terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftar menjadi cabup dan cawabup.

Ia menyebutkan lima bakal calon bupati itu empat orang dari kalangan eksternal yakni mantan Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Pasaman Barat, Hamsuardi, mantan Bupati Pasaman Barat 2005 hingga 2010, Syahiran, angota DPRD, Akansyah dan Kepala Dinas Kehutanan Pasaman Barat saat ini, Syahnan. Sedangkan dari internal atau kader adalah anggota DPRD Pasaman Barat 2014 hingga 2019, Supriono.

Menurutnya dari kelimabakal calon bupati itu, masing-masing memiliki keunggulan dan kelebihan. Elektabilitasnya kelimanya di tengah-tengah masyarakat cukup tinggi.

“Hingga saat ini kami masih melakukan penyaringan terhadap bakal calon tersebut. Kami hanya mengusulkan dan yang menentukan DPP nantinya,” tegas Fajri.

Terhadap kelima bakal calon bupati itu, panitia seleksi dari PKS Pasaman Barat melakukan survey kelapangan mana dari keempatnya memiliki elektabilitas yang tinggi.

“Selain elektabilitas, kami juga melihat kapasitas dan moral keempatnya. Bagaimana respon masyarakat terhadap keempatnya nanti,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan survey terhadap masyarakat kemudian baru memutuskan mana bakal calon yang akan didukung pada Pilkada nanti.

“Tahapan Pilkada masih panjang sehingga masih memungkinkan panitia seleksi untuk melakukan survey ketengah masyarakat,” sebutnya.

Ia menegaskan PKS Pasaman Barat terbuka luas terhadap semua bakal calon, asalkan sesuai dengan aturan main yang diterapkan PKS.

“Tentunya semuanya ada aturan dan mekanismenya. Kita terbuka dan akan menyaring bakal calon yang ada,” tegasnya.

Mengenai koalisi dengan partai lain, ia menegaskan masih belum final dan masih dalam tahap penjajakan dengan sejumlah partai lain.

“Kami tentunya akan berkoalisi karena PKS hanya memiliki tiga kursi di DPRD Pasaman Barat. Saat ini masih penjajakan dan dalam proses,” tegasnya.

 

Editor: Faisal R
Dilaporkan: */alt
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.

LIMAPIA Gelar Diskusi Dan Bedah film Bersama HMI, XTC Dan Institut Petarung

Sabtu (9/1) Malam Minggu lingkaran mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengadakan diskusi dan bedah film bersama Kawan-kawan HMI, XTC, Institut petarung untuk mengembalikan budaya literasi di kalangan pemuda dan mahasiswa agar generasi penerus bangsa (Iron Box).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII

Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).
- Advertisement -