24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Menteri PPN: Situs Sangiran Adalah Titipan Dunia Yang Patut Dijaga
M

Kategori -

Jogjakarta,- Dalam rangka kunjungan kerja Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, pada Rabu, 14 Oktober 2020, Menteri dan rombongan mengunjungi Situs Sangiran sebagai salah satu situs warisan dunia dan menghadiri dialog dengan para pengurus situs.

Situs Sangiran adalah situs manusia purba yang terletak di Wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya ini Menteri menilik Rencana Induk pengembangan Kawasan Situs Sangiran. Pengembangan yang telah dilakukan di Situs Sangiran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat luas.

Berbagai pengembangan telah dilakukan oleh BPSMP Sangiran. Pengembangan ini dibagi menjadi beberapa klaster. Klaster pertama menyelesaikan museum sebagai sentra infromasi di Klaster Krikilan pada tahun 2011. Pengembangan kedua yakni di Museum Klaster Dayu yang telah selesai dibangun pada tahun 2012. Klaster berikutnya yakni Klaster Bukuran dan Museum Manyarejo sebagai museum pendukung Klaster Bukuran yang telah selesai pembangunannya di tahun 2013. Pada tahun 2014, giliran pembangunan Klaster Ngebung telah selesai dibangun.

Pengembangan masing-masing klaster ini sejatinya diarahkan untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai Situs Sangiran sebagai salah satu World Heritahe yang memiliki banyak ilmu pengetahuan di dalamnya.

Saat melakukan dialog dengan para pengurus Situs Sangiran, Menteri menyampaikan bahwa kunjungannya kesini mengingat kenangan masa lalu dan ingin melihat lagi bagaimana perawatan yang ada untuk menjaga situs ini.

“Saya ingin pastikan aset dunia, kekayaan dunia, yang dititipkan kepada bangsa kita, itu dirawat yang bener atau tidak. Ada jenis situs purbakala yang pernah saya kunjungi tapi tidak setua ini, karena situs ini sudah jutaan tahun,” ucap Menteri.

Menteri juga memberikan beberapa pandangan mengenai penanganan Situs Sangiran kedepannya agar ada sejumlah inovasi seperti mendirikan sebuah teater kelas dunia.

“Saya membayangkan jika disini ada teater, seperti teater di dunia, meskipun di teaternya nanti enggak banyak orang, dan menampilkan bentuk-bentuk manusia purbakala,” ujar Menteri

Kemudian, Menteri juga mengingatkan mengenai pentingnya keamanan di dalam situs purbakala ini mengingat pernah terjadi kasus pencurian benda bersejarah yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran.

“Situs ini memiliki kekayaannya tak ternilai, kalau ditempat lain bisa dicuri, benda purbakala ini kalau dijual mahalnya luar biasa, dulu pernah ada peristiwa arca yang dicuri, maka saya kira penting dari segi keamanan untuk lebih diperhatikan,” ungkap Menteri.

Menteri juga berharap agar siapa saja yang hendak ke Situs Sangiran ini dapat dengan mudah mengakses lokasinya dan dengan inovasi-inovasi baru akan menambah ilmu pengetahuan bagi para pengunjung terutama bagi pelajar.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

FJKIP Pessel Siap Kawal Badan Publik

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kabupaten Pesisir Selatan terus menggodok persiapan workshop keterbukaan informasi publik dengan peserta badan publik pemerintahan nagari.
- Advertisement -

Jumlah Warga Positif Covid Sumbar Meningkat, Bupati Minta Aksi Serius Sampai Ke Nagari

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Positif rate Covid-19 terus menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Langkah dan aksi terus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk menekan lonjakan positif Covid-19 yang terjadi.

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Tim Safari Ramadhan DPRD Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Al Mukarrahmah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Beserta Sekretaris Daerah Dan Jajaran OPD Kota Payakumbuh, Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Mesjid Al-Mukarrahmah Padang Tinggi Piliang, Sabtu (17/4). Tim Safari Ramadhan dari Provinsi Sumatra Barat Dipimpin oleh Supardi,Ketua DPRD Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...
- Advertisement -