23 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Menteri PPN: Situs Sangiran Adalah Titipan Dunia Yang Patut Dijaga
M

Kategori -

Jogjakarta,- Dalam rangka kunjungan kerja Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, pada Rabu, 14 Oktober 2020, Menteri dan rombongan mengunjungi Situs Sangiran sebagai salah satu situs warisan dunia dan menghadiri dialog dengan para pengurus situs.

Situs Sangiran adalah situs manusia purba yang terletak di Wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam kunjungannya ini Menteri menilik Rencana Induk pengembangan Kawasan Situs Sangiran. Pengembangan yang telah dilakukan di Situs Sangiran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat luas.

Berbagai pengembangan telah dilakukan oleh BPSMP Sangiran. Pengembangan ini dibagi menjadi beberapa klaster. Klaster pertama menyelesaikan museum sebagai sentra infromasi di Klaster Krikilan pada tahun 2011. Pengembangan kedua yakni di Museum Klaster Dayu yang telah selesai dibangun pada tahun 2012. Klaster berikutnya yakni Klaster Bukuran dan Museum Manyarejo sebagai museum pendukung Klaster Bukuran yang telah selesai pembangunannya di tahun 2013. Pada tahun 2014, giliran pembangunan Klaster Ngebung telah selesai dibangun.

Pengembangan masing-masing klaster ini sejatinya diarahkan untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai Situs Sangiran sebagai salah satu World Heritahe yang memiliki banyak ilmu pengetahuan di dalamnya.

Saat melakukan dialog dengan para pengurus Situs Sangiran, Menteri menyampaikan bahwa kunjungannya kesini mengingat kenangan masa lalu dan ingin melihat lagi bagaimana perawatan yang ada untuk menjaga situs ini.

“Saya ingin pastikan aset dunia, kekayaan dunia, yang dititipkan kepada bangsa kita, itu dirawat yang bener atau tidak. Ada jenis situs purbakala yang pernah saya kunjungi tapi tidak setua ini, karena situs ini sudah jutaan tahun,” ucap Menteri.

Menteri juga memberikan beberapa pandangan mengenai penanganan Situs Sangiran kedepannya agar ada sejumlah inovasi seperti mendirikan sebuah teater kelas dunia.

“Saya membayangkan jika disini ada teater, seperti teater di dunia, meskipun di teaternya nanti enggak banyak orang, dan menampilkan bentuk-bentuk manusia purbakala,” ujar Menteri

Kemudian, Menteri juga mengingatkan mengenai pentingnya keamanan di dalam situs purbakala ini mengingat pernah terjadi kasus pencurian benda bersejarah yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran.

“Situs ini memiliki kekayaannya tak ternilai, kalau ditempat lain bisa dicuri, benda purbakala ini kalau dijual mahalnya luar biasa, dulu pernah ada peristiwa arca yang dicuri, maka saya kira penting dari segi keamanan untuk lebih diperhatikan,” ungkap Menteri.

Menteri juga berharap agar siapa saja yang hendak ke Situs Sangiran ini dapat dengan mudah mengakses lokasinya dan dengan inovasi-inovasi baru akan menambah ilmu pengetahuan bagi para pengunjung terutama bagi pelajar.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -