28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Mentawai, Salah Satu Unggulan Pariwisata Sumbar
M

Kategori -

Destinasi pariwisata maritim di Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu unggulan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, Selasa (21/10/2014) mengatakan karena dijadikan unggulan maka destinasi itu harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

Salah satu infrastruktur yang sangat mendukung pengembangan pariwisata, menurut Irwan, yakni ketersediaan jalan yang menghubungkan antara obyek wisata. Solusi terkait persoalan jalan di Mentawai itu dilakukan dengan pembangunan Trans Mentawai.

Irwan mengatakan, pembangunan Trans Mentawai seharusnya bisa selesai dua tahun lalu, karena anggaran untuk itu telah tersedia. Namun, hal itu tidak dapat terlaksana karena persoalan status hutan yang dilewati jalan Trans Mentawai. Hampir 80 persen wilayah Mentawai merupakan hutan produksi yang tidak bisa dialihfungsikan menjadi jalan tanpa izin kementerian terkait. “Persoalan ini membuat rencana pembangunan Trans Mentawai tertunda,” katanya.

Meski demikian, Pemprov Sumatera Barat terus mencari upaya untuk meneruskan rencana itu. Salah satunya dengan cara sharing anggaran dengan pemerintah Kabupaten Mentawai. “Trans Mentawai ini sangat penting. Karena itu, untuk menyelesaikannya secara bertahap bisa diupayakan sharing anggaran Pemprov Sumbar dengan Pemkab Mentawai,” katanya.

Bupati Mentawai Yudas Sibaggalet mengatakan Trans Mentawai merupakan salah satu proyek strategis di Mentawai. “Kita sudah mendapatkan lampu hijau untuk mendapatkan bantuan dari pusat melalui APBN guna meneruskan pembangunan Trans Mentawai ini,” kata dia.

dok Indonesia.travel
dok Indonesia.travel

Dia mengatakan, untuk saat ini ada tiga kapal yang melayani transportasi antar pulau di Mentawai, ditambah satu kapal cepat Mentawai Fast milik PT Mentawai Anugrah Sejahtera Mas. “Kita juga sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang bersedia untuk membantu melaluisharing anggaran dengan Pemerintah Kabupaten Mentawai,” katanya.

Selain Trans Mentawai, Pemerintah Kabupaten Mentawai, lanjut Yudas, juga telah bekerja sama dengan PT Telkom untuk pengadaan jaringan internet dengan kecepatan yang memadai di Mentawai.

Menurut dia, salah satu masukan dari wisatawan yang berkunjung ke Mentawai adalah penyediaan jaringan internet agar tetap bisa terhubung ke dunia luar saat berlibur di Mentawai. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

HWK Sumbar Tampil di Konser Minang Bersuara II bersama Seniman dari 5 Negara

PADANG (BeritaSumbar.com)– Eksplorasi seni dan budaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi banyak permasalahan. Seni dan budaya juga bermanfaat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam...

BPNB Sumbar Sosialisasikan Persiapan Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau

Nagari Koto Gadang Koto Anau yang berada di kaki Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, pernah jadi daerah yang kaya dengan hasil cengkehnya. Kekayaan daerah tersebut membuat kolonial Belanda pernah berdiam di sana. Perkembangan kerajaan di Minangkabau hingga perjuangan bangsa sebelum dan awal kemerdekaan juga punya catatan tersendiri bagi daerah tersebut.

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya

Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Warga sekitar kumpulkan donasi untuk menangkan Kampung Sarugo di API Award

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Guna memenangkan perkampungan wisata Kampung Saribu Gonjong (Sarugo) di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 sebagai Kampung Adat Terpopuler warga...

Solok Selatan Luncurkan Seragam Daerah Bagi ASN Dan Pelajar

Padang Aro, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) meluncurkan motif baju seragam daerah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Kadis Pariwisata Payakumbuh: Ekraf Dapat Menjadi Ajang Promosi Makanan Tradisional

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Kehadiran Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh selain dapat menjadi ajang promosi wisata juga dapat menjadi ajang promosi untuk makanan...

Gamaik Kolaborasi Hoyak Pasar Ekraf 2020 Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Grup Musik Gamaik Mandayu asal Kota Padang tampil dalam pasar ekonomi kreatif (Ekraf) 2020 di Agam Jua Art and Culture Cafe,...

Kontroversi Taman Nasional Komodo, Urgensi Antara Tempat Wisata atau Konservasi Komodo?

Oleh : Hafshah Mentari Zurisah ~ mahasiswi Program Studi S1 Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Siapa yang tidak tahu Taman Nasional Komodo? Taman Nasional Komodo merupakan...
- Advertisement -