26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mentawai, Salah Satu Unggulan Pariwisata Sumbar
M

Kategori -
- Advertisement -

Destinasi pariwisata maritim di Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu unggulan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, Selasa (21/10/2014) mengatakan karena dijadikan unggulan maka destinasi itu harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

Salah satu infrastruktur yang sangat mendukung pengembangan pariwisata, menurut Irwan, yakni ketersediaan jalan yang menghubungkan antara obyek wisata. Solusi terkait persoalan jalan di Mentawai itu dilakukan dengan pembangunan Trans Mentawai.

Irwan mengatakan, pembangunan Trans Mentawai seharusnya bisa selesai dua tahun lalu, karena anggaran untuk itu telah tersedia. Namun, hal itu tidak dapat terlaksana karena persoalan status hutan yang dilewati jalan Trans Mentawai. Hampir 80 persen wilayah Mentawai merupakan hutan produksi yang tidak bisa dialihfungsikan menjadi jalan tanpa izin kementerian terkait. “Persoalan ini membuat rencana pembangunan Trans Mentawai tertunda,” katanya.

Meski demikian, Pemprov Sumatera Barat terus mencari upaya untuk meneruskan rencana itu. Salah satunya dengan cara sharing anggaran dengan pemerintah Kabupaten Mentawai. “Trans Mentawai ini sangat penting. Karena itu, untuk menyelesaikannya secara bertahap bisa diupayakan sharing anggaran Pemprov Sumbar dengan Pemkab Mentawai,” katanya.

Bupati Mentawai Yudas Sibaggalet mengatakan Trans Mentawai merupakan salah satu proyek strategis di Mentawai. “Kita sudah mendapatkan lampu hijau untuk mendapatkan bantuan dari pusat melalui APBN guna meneruskan pembangunan Trans Mentawai ini,” kata dia.

dok Indonesia.travel
dok Indonesia.travel

Dia mengatakan, untuk saat ini ada tiga kapal yang melayani transportasi antar pulau di Mentawai, ditambah satu kapal cepat Mentawai Fast milik PT Mentawai Anugrah Sejahtera Mas. “Kita juga sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang bersedia untuk membantu melaluisharing anggaran dengan Pemerintah Kabupaten Mentawai,” katanya.

Selain Trans Mentawai, Pemerintah Kabupaten Mentawai, lanjut Yudas, juga telah bekerja sama dengan PT Telkom untuk pengadaan jaringan internet dengan kecepatan yang memadai di Mentawai.

Menurut dia, salah satu masukan dari wisatawan yang berkunjung ke Mentawai adalah penyediaan jaringan internet agar tetap bisa terhubung ke dunia luar saat berlibur di Mentawai. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img