24 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Rahmi, Pemuda Pelopor Sumbar Dilepas Wako Ke Jakarta
R

Kategori -

Sebelum bertolak ke Jakarta, Pemuda Pelopor Sumatera Barat asal Kota Payakumbuh, Rahmi, S. PT, dilepas Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, dalam acara di Medan nan Bapaneh, di halaman Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Payakumbuh, Minggu (19/10). Rahmi berangkat ke Jakarta, untuk ikut dalam penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2014, 20-22 Oktober.

Dalam penilaian Pemuda Pelopor Nasional itu, Rahmi akan bertarung dengan lima peserta lainnya, dari Sumatera Selatan, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tewnggara Barat. “Saat ini, untuk kategori ketahanan pangan, Rahmi sudah masuk nominasi lima besar,” sebut Kadisparpora Payakumbuh Syahnadel Khairi, Senin (20/10).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, berharap, agar Rahmi memanfaatkan peluang ini untuk memperlihatkan eksistensi dirinya sebagai pemuda pelopor terbaik di Sumatera Barat. Menurut walikota, jika Rahmi mampu menjadi yang terbaik nasional, tidak saja akan mengharumkan nama Sumatera Barat dan Payakumbuh di pentas nasional, tapi akan memberi dampak postif terhadap usaha yang dijalani Rahmi, sebagai pelaku industri UKM, tegasnya.

Dalam penilaian di Jakarta nanti, Rahmi didampingi Kadisparpora Payakumbuh Syahnadel Khairi, Kabid Pemuda dan Olahraga H. Firdaus dan Kasi Kepemudaan, Hj. Yuliar.

Menurut Syahnadel, Rahmi merupakan pelaku usaha ekonomi mikro, mengolah ikan tuna menjadi makanan spesifik Payakumbuh. Ibu rumah tangga ini, merupakan anggota Pokdakan Arrahman Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat. Ia punya inovasi dalam mengembangkan dunia usaha rumah tangga dan kelompok usaha, dengan omset yang cukup lumayan besar.

Ibu rumah tangga yang masih belum punya momongan ini, mengolah ikan tuna menjadi makan bergizi berupa nuget, batagor dan bakso serta kerupuk ikan. Omset makanan olahan Rahmi sekali buat nilainya mencapai Rp700 ribu. Rahmi menginspirasi banyak ibu-ibu rumah tangga di Talang, untuk membuka usaha yang sama. Soal bahan baku Rahmi tak cemas, karena mendapatkan ikan tuna lewat Pasar Ikan Padang tidaklah sulit.

Menurut Ketua Tim Penilai Pusat, Imam Pituduh, ketika berkunjung ke lokasi tempat usaha kelompok dan keluarga yang dikelola Rahmi, makanan olahan Rahmi, tidak kalah dengan industri makanan swasta nasional. Tinggal lagi, bagaimana SKPD terkait mendorong kelompok untuk membuat packaging yang lebih baik, sehingga diterima oleh pemilik pasar modern, seperti mal dan supermarket.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -