26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menhan Bakal Buka Jamnas Bela Negara PDRI
M

Kategori -
- Advertisement -

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro, dipastikan bakal membuka Jambore Nasional  Bela Negara PDRI di areal perkebunan teh Nagari Halaban,  Kecamatan Lareh Sago Halaban,  Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/12) mendatang.

Kepastian itu disampaikan Ketua Panitia Jambore Nasional (Jamnas) Bela Negara PDRI, Ferizal Ridwan kepada wartawan, usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Kamis (19/12) sore.

Pertemuan antara Panitia Jamnas Bela Negara PDRI dengan Menhan Purnomo Yusgiantoro difasilitasi oleh anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar HM Azwir Dainy Tara yang dikenal peduli dengan nilai-nilai perjuangan PDRI 1948-1949 sebagai penyelamat republik.

“Kamis sore, dengan difasilitasi oleh anggota DPR-RI dari Dapil Sumbar II HM Azwir Dainy Tara, kami sudah bertemu dengan Menhan Purnomo Yusgiantoro. Beliau memastikan, akan hadir ke Sumbar 20 Desember mendatang, untuk membuka Jamnas Bela Negara PDRI,” kata Ferizal Ridwan didampingi Resman Kamar dan Ismardi.

Selain Menhan Purnomo Yusgiantoro, Jamnas Bela Negara PDRI juga dijadwalkan akan dihadiri Ketua DPD-RI Irman Gusman, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno,  anggota DPR-RI HM Azwir Daini Tara dan anggota Komisi III DPR-RI H Taslim Chaniago, serta sejumlah tokoh nasional. Termasuk, anggota DPD AM Fatwa dan putra-putri pahlawan nasional Sjafrudin Prawiranegara.

Jamnas Bela Negara PDRI sendiri, merupakan kegiatan yang digelar Yayasan Peduli Perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (YPP-PDRI) 1948-1949, dengan didukung oleh Forum Bela Negara Pusat, Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten/kota di Sumbar.

Jambore yang dipusatkan di areal perkebunan teh Nagari Halaban ini, tidak hanya dilaksanakan untuk memperingati  Hari Bela Negara 2013 dan merefleksi 65 tahun PDRI. Tapi juga digelar untuk menumbuhkan semangat bela negara kepada segenap elemen masyarakat, terutama kepada para pelajar, mahasiswa, dan generasi muda.

“Dengan kegiatan ini, kita ingin menanamkan semangat mempertahankan dan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika kepada generasi muda, sebagai komponen cadangan pertahanan bangsa,” kata Ketua Umum Panitia Jamnas PDRI Bela Negara, Haji Wendra Yunaldi.

Hal senada disampaikan, Plt Ketua YPP-PDRI 1948-1949, Nurberita Ben Yuza. “Tiap tahun, kita di YPP-PDRI memperingati Hari Bela Negara. Tahun ini, kita gelar Jamnas di Nagari Halaban sebagai tempat deklarasi PDRI, untuk  menggelorakan momen sejarah bela negara PDRI, agar tidak hilang dari memori anak bangsa,” kata Ben Yuza.

Ben Yuza menyebut, agar Jamnas Bela Negara PDRI yang betujuan untuk menanamkan semangat mempertahanankan kehidupan berbangsa dan bernegara kepada generasi muda berjalan dengan sukses, pihaknya sudah menggelar audiensi dengan Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten/kota di Sumbar.

“Pihak panitia bersama YPP-PDRI 1948-1949, telah menyampaikan dukungan kepada pemrov Sumbar dan pemerintah kabupaten/kota di Sumbar, terutama kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota. Dan Bupati telah menyatakan mendukung kegiatan ini,” kata mantan Sekkab Limapuluh Kota tersebut.

Menyinggung soal kesiapan pelaksanaan Jamnas Bela Negara PDRI, mantan Ketua DPRD Limapuluh Kota Ismardi dan mantan Sekkab Resman Kamars, menyebut, bahwa sesuai koordinasi panitia, persiapan sudah final.

“Undangan untuk perguruan tinggi, karang taruna, dan sekolah-sekolah yang menjadi peserta, sudah ditebar.  Dalam jambore nanti, kita tidak hanya gelar Perjusami. Namun juga upacara Hari Bela Negara, sepeda santai, festival randai, turnaman sepakbola dan volly ball, lomba melukis dan mewarnai, festival lagu Minang, anjangsana,  dan hiburan rakyat,” kata Ismardi dan Resman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img