24.1 C
Padang
Thursday, October 22, 2020

ITB Kirim Empat Doktor IT Ke Payakumbuh

Institut Teknologi Bandung (ITB) kirim 4 doktor IT ke Payakumbuh, Kamis (5/12). Rombongn doktor ini selama 2 hari, 5-7 Desember, akan meneliti perkembangan pengaplikasian e-Government di kota ini. Sesuai rencana, pihak ITB dua tahun ke depan akan membantu Payakumbuh dalam mewujudkan e-Goverment sesuai dngan visi dan misi walikota yg tertuang dalam RPJMD 2012-2017.

Sebelum turun ke lapangan, rombongn terdiri dari Dr. Bayu Hendradjaya, ST, MT, Dr. Ir. G.A. Putri Septawati, M.Com, Dr. Trieya E. Widagdo, ST, M.Sc dan Dr. tech. Wikan Danar, ST, M.Sc itu, diterima Staf Ahli Walikota, Hendri Refdinal, SE, MSi, Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Elzadaswarman, SKM, MPPT, Kadishubkom Adrian, SH, M.Si, Kepala Perpustkaan dan Arsip, Drs. H. Zulrefri, di ruang kerja walikota Payakumbuh, di Balaikota Bukik Sibaluik.

Didepan sejumlah pimpinan SKPD itu, ketua rombongan Bayu Hendradjaya, menjelaskan, selama 2 tahun ke depan ia akan membantu Payakumbuh dalam berbagai aplikasi yg dibutuhkan terutama menyangkut dalam bidang teknologi pelacakan dokumen untuk meningkatkan efisiensi birokrasi dan mendukung percepatan dan perluasan ekonomi.

Keinginan pihak ITB itu, diapresiasi oleh staf ahli walikota, Hendri Refdinal, kepala BPMDPTSP, Elzadaswarman, dan Kadishubkom Adrian. menurut ketiga pejabat pemko ini, Kota Payakumbuh secara bertahap membangun infrastruktur yang mendukung e-government ini. dicontohkan Elzadaswarman, di kantor BPMDPTSP, tengah menyiapkan pelayanan yang berbasis IT, sehingga akan mempercepat proses pelayanan pada masyarakat.

Hal yang sama juga diberlakukan di kantor Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh. Selain membuat program pustaka digital, juga membuat program arsip digital. Sehingga seluruh dokumen pemko payakumbuh, tidak lagi berada di dalam karung, namun telah tertata dalam database.

Karena payakumbuh dibawah kepemimpinan Wako Riza Falepi fokus dengan IT ini, makanya pihak ITB seperti dikatakan Bayu Hendradjaya, ingin membantu daerah ini selama dua tahun dalam mewujudkan Payakumbuh sebagai Cyber City.

Robongan ITB ini, juga dijamu Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Hennry Riza Falepi, makan siang di rumah dinas kediaman walikota di Jalan Rky. Rasuna Said. Sambil makan siang, Ny. Henny Riza Falepi yang juga doktor IT ini, sangat mendukung kehadiran tenaga IT ITB dalam membantu menciptakan Payakumbuh Cyber City.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Forkopimda Sumbar Gelar Rakor Criminal Justice System Tentang Penerapan Perda AKB

Padang, - Guna menyamakan persepsi dalam menerapkan sanksi protokol kesehatan yang tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru, Forum Koordinasi...

Tanpa Besi Pengaman, Jembatan Penghubung Kampung Tangah – Kapuah Pagaruyung Bahayakan Pengendara

Tanah Datar, - Jembatan penghubung antara jorong kampuang tangah dengan kapuah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar mengalami kerusakan pada...

Melalui Genpro, Bumbu Randang Payakumbuh Dikirim Ke 7 Negara Henny Riza : City of Randang Bukan Gertakan Saja

Payakumbuh --- Impian Kota Payakumbuh agar Randang Go Internasional sudah di depan mata, pasalnya setelah dibantu fasilitasi oleh Global Enterpreneur Profesional (Genpro)...

Ketum DPN LPPKI Jadi Narsum Di Talkshow Peringatan Hari Konsumen Nasional

Padang,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Komsumen Indonesia (LPPKI) Azwar Siri.SH.Med.CPL menjadi narasumber dalam acara talkshow yang...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -