23 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa Kukerta UNRI Memanfaatkan Lahan Kosong sebagai Apotek Hidup di Kelurahan Kampung Lapai Kota Padang.
M

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung Universitas Riau yang berlokasi di Kelurahan Kampung Lapai Kota Padang memanfaatkan lahan kosong sebagai apotek hidup. Apotek hidup merupakan pemanfaatan lahan kosong yang ditanami tumbuhan obat-obatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa hari mulai dari gotong royong bersama, pembenahan taman, penanaman toga hingga pembuatan tempat rambat tanaman.

Pembuatan apotek hidup di Kelurahan Kampung Lapai dimulai dengan gotong royong bersama untuk membersihkan lahan kosong. Beberapa warga juga ikut serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mengurangi penyebaran Virus Covid-19. Dimana masyarakat dan anggota Kukerta diwajibkan untuk menggunakan masker selama kegiatan.

Setelah lahan dibersihkan kegiatan dilanjutkan dengan pencarian tanaman toga seperti sirih, jahe, lidah buaya dan tanaman obat lainnya. Pencarian tumbuhan tidak sulit, dikarenakan bibit tanaman merupakan hasil pemberian sebagian warga. Selanjutnya, bibit tanaman yang telah dapat ditanam dalam media tanam berupa polybag.

Setelah tanaman ditanam, dilanjutkan dengan pemberian nama untuk setiap tanaman toga tersebut. Hal ini bertujuan agar setiap tanaman dapat mudah dikenali jenisnya.

Penanaman tanaman toga ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong dengan baik. Selain itu, manfaat penanaman toga lainnya untuk memperbaiki status gizi masyarakat, menambah penghasilan, meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman, serta melestarikan tanaman obat dan budaya bangsa.

Ketua Kukerta M. Rastra Ade Rivanda mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat mengambil tanaman toga nantinya. “Kami mahasiswa kukerta di Kelurahan Kampung Lapai mengharapkan kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, dimana masyarakat dapat mengambil tumbuhan yang ditanam tersebut sebagai bahan obat tradisional nantinya” ujar M. Rastra Ade Rivanda.
Selain penanaman toga, tim Kukerta UNRI juga membantu dan mendukung adanya pertandingan antar Taman Dasawisma di Kelurahan Kampung Lapai.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu pembuatan tempat rambat tanaman di Taman Dasawisma Melati dan Taman Dasawisma Angrek Kelurahan Kampung Lapai. Bahan utama dalam pembuatan ini adalah bambu yang dipotong dan ditancapkan ke tanah sebagai tempat rambat tanaman.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh tim Kukerta yang diketuai oleh M. Rastra Ade Rivanda, yang beranggotakan Zikri Arif Rahman, Rizky Wahyudi, Ahmad Yahya Zakaria, Suniya Juwita, Zuhra Dwianda Putri, Khairatun Nissa Ifade, Wahyu Oktia Putri, Chyntia Aulia, dan Okti Nabillah Syukra yang dibimbing oleh Bapak M. Yogi Riyantama Isjoni, SE., MM. ( ABD )

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img