24 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warong-Seda, Kampung KB
W

Kategori -
- Advertisement -

Artikel Berseri:

Seribu Asa untuk Bahagia

(ABSAB)

Seri 07/1000ASA

“Warong-Seda, Kampung KB”

(Gagasan & pokok-pokok Pikiran)

—————————————————-

Oleh : H. Nofrijal, MA

Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e

Kepanjangannya adalah “Warung Gotong Royong Sehat Desa” yang sedang dikembangkan di wilayah Kampung Keluarga Berkualitas, namanya dapat populer dengan sebutan “Warong-Seda Kampung KB”. Semenjak terjadi transformasi dari kampung keluarga berencana menjadi kampung keluarga berkualitas, dengan nickname yang sama Kampung KB, maka muncul perubahan berpikir yang mengarah pada “inklusitas” penggarapan keluarga berencana di wilayah sulit dan perbatasan, dari pendekatan pengendalian dan pengaturan kelahiran menjadi pendekatan mewujudkan keluarga yang berkualitas. Tentu elemen keluarga berkualitas memiliki cakupan yang lebi luas, lebih soft dan terhindar dari kompleksitas pemahaman.

Pengertian kampung Keluarga Berkualitas telah diredefinisi menjadi “Gerakan gotong royong membangun keluarga yang didasarkan atas kesadaran kolektif pemerintah, swasta, masyarakat dan keluarga pada tingkat desa/kelurahan dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas dengan indikator tentram; mandiri; dan bahagia”.

Program kegiatan kampung keluarga berkualitas, di arahkan kepada pelayanan dasar dan partisipasi masyarakat dengan 5 program unggulan:

(1) Pelayanan Data dan Informasi Terpadu, melalui “Operasional Rumah Dataku (data kependudukan), yang menyediakan updating data mikro keluarga; data kesejahteraan sosial; data potensi pembangunan; dan data intervensi gejala stunting tingkat desa/kelurahan. Termasuk dalam pelayanan data dan informasi kependudukan adalah pelayanan data, informasi dan kartu identitas penduduk, diantaranya adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan sertifikat kelahiran/kematian, sertifikat siap nikah, dokument kependudukan resmi lainnya.

(2) Pelayanan Dasar Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana yang komprehensif, menjadikan zero “unmet need” atau sasaran keluarga berencana yang tidak mendapat pelayanan, mengurangi putus pakai (drop out) kontrasepsi sebagai akibat dari keterbatasan sumber dan akses pelayanan. Pelayanan kesro juga menyasar pada pembekalan dan konseling pra nikah untuk kelompok sasaran yang sudah memenuhi persyaratan untuk menikah.

(3) Pelayanan pendampingan bagi keluarga yang rentan dan berpotensi melahirkan anak stunting, serta pelayanan specifik terpadu bagi keluarga yang memiliki anak stunting. Pelayanan pendampingan akan dilakukan oleh 3 unsur pemangku kepetingan teknis tingkat desa/kelurahan, yakni Bidan yang ditugaskan di tingkat desa/kelurahan; kader Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan; dan Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan Bangga Kencana yang terdiri dari PPKBD, Sub PPKBD dan kader kelompok kegiatan pembangunan ketahanan keluarga, tiga unsur tersebut “sebagai ring 1 tenaga pendamping”, kemudian dapat memerankan civitas akademika perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa), lembaga swadaya masyarakat tingkat desa, aparatur pemerintah tingkat desa/kelurahan, TNI/Polri sebagai ring 2 tenaga pendamping/motivator. Tenaga pendamping keluarga rentan staunting akan dimotori dan difasilitasi oleh Penyuluh KB dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di bawah Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

(4) Pelayanan Pengasuhan Orang Tua, untuk memberikan edukasi dan keterampilan hidup kepada orang tua dan atau pengasuh keluarga yang memiliki anggota keluarga balita dengan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB); anak dan remaja dengan kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR); keluarga yang membutuhkan usaha “income generating family” atau Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA); keluarga yang memiliki anggota yang berusia lanjut dengan kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL); serta kelompok sasaran dan minat lain yang dapat tumbuh dan berkembang di lingkungan desa/dusun dan RT.

(5) Pembangunan infra struktur kesejahteraan bidang kesehatan & lingkungan. Pembangunan pisik, selain pembangunan infrastruktur jalan, pengairan, pendidikan dan lainnya. Di kampung Kb membutuhkan infrastruktur bidang kesehatan; ketahanan pangan dan lingkungan; infrastruktur bidang ekonomi dan usaha. Melalui program intervensi Kementrian Desa, Menteri PUPERA, Kesehatan, Lingkungan hidup dan K/L terkait pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan mendayagunakan anggaran desa/kelurahan dan kemitraan strategis yang berada di akar rumput.

(6). Agenda dan aktifitas revolusi mental, khususnya merevitalisasi kehidupan sosial gotong royong masyarakat. Semangat gotong royong yang merupakan warisan leluhur yang tertuang dalam Pancasila, dipadukan dengan program kerjasama dan revolusi mental lainnya, akan melahirkan tanggung jawab dan kesejahteraan bersama.

Posisi dan Peran Warong-Seda

Warong-Seda, tidak hanya akan mewadahi aspek ekonomi dan usaha masyarakat desa, akan tetapi menjadi “warung gotong royong”, terpadu yang dapat memenuhi kebutuhan pangan, gizi, informasi, kontrasepsi dan bisa menjadi pusat belanja on-line desa. Warong-Seda juga dapat menjadi pusat belanja informasi & konseling pedesaan untuk (1) Meningkatan pendapatan keluarga, (2) Meningkatkan status gizi keluarga, (3) Meningkatkan layanan informasi dan life skill keluarga, (4). Meningkatkan kerukunan warga desa dengan pemenuhan kebutuhan pokok.

Secara fisik, warong-seda dapat menyediakan barang-barang kebutuhan pokok harian yang diproduksi di tingkat desa sendiri, baik secara individu maupun kelompok. Produksi desa yang menjadi sumber penjualan warong-seda adalah beras dan sejenisnya; sayur, buah-buahan dan rempah-rempah dari kebun desa; ikan dan telor ayam dari usaha perikanan dan peternakan desa; dan pangan jajanan higines dari produk kelompok UPPKA Desa/Kelurahan; minuman sehat tanpa pengawet yang diproduksi masyarakat desa. Disamping itu warong-seda dapat menjadi agen distribusi kebutuhan rumah tangga seperti pengisian air minum desa, gas kebutuhan memasak dll.

Warong-Seda Kampung KB, akan berfungsi mendorong “beli beli produk desa” dengan semangat “Bangga Suka Desa” (Pembangunan Keluarga Suasana Kota di Desa), bila keluarga sudah berproduksi, pemerintah dan tokoh nya menyediakan pemasaran, maka perputaran uang dan kesejahteraan akan berada, tumbuh dan mekar di desa iitu sendiri.

Dirancang, Warong-Seda dapat menjadi “interaksi dan service point” warga desa untuk berbelanja barang dan konsultasi kehidupan secara gratis. Sumber pendanaan Warong-Seda akan bersumber dari sponsor CSR perusahaan; anggaran desa sesuai dengan aturan yang berlaku; partisipasi masyarakat; dana pinjaman perbank-an, koperasi dan jasa keuangan lainnya.

Warung-Seda dalam perkembangannya dapat berfungsi memberikan pelayanan jasa “sederhana” bagi anggota masyarakat mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan minimal, konsultasi kesehatan reproduksi, konsultasi bussiness pengembangan usaha, konsultasi kecantikan dsb. Pembentukan dan pembukaan Warong-Desa didasarkan atas kesepakatan desa yang disiapkan sepenuhnya oleh Kelompok Kerja (POKJA) Kampung Keluarga Berkualitas dengan mengajak para mitra strategis yang memiliki resources dana, sarana dan sumber daya manusia.

Pada level “services dan delivery”, Warong-Seda dapat dikategorikan kepada 4 level service: (1) Level Pelayanan konvensional, terjadi interaksi layanan jual beli, jasa dan konsultasi secara langsung, (2) Level Pelayanan konvensional terpadu, memadukan layanan konvensional dengan layanan telekomunikasi sederhana “telp call, wathsapp dan sms” untuk permintaan dan penawaran; (3) Level dengan “shoping online”, yang memberi kemudahan bagi warga desa belanja dan mendapat pelayanan perbelanjaan dan pelayanan jasa konsultasi on-line; (4) Level adalah “mini market keluarga”, ini adalah wujud nyata suasana kota di desa, ketika Warong-Seda memberikan pelayanan dengan cepat, nyaman dan “self service shopping”. Ikut membahagiakan orang desa, berarti juga ikut membahagiakan Indonesia. Semoga.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img