26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa F.Kep Unand Lakukan penyuluhan Mitigasi Banjir di SDN 43 Sungai Sapih
M

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melakukan penyuluhan mitigasi bencana banjir  di SDN 43 Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Kamis, 11 Mei 2023. Adapun kegiatan ini merupakan project dari kegiatan preklinik mahasiswa pada mata kuliah keperawatan bencana.

Mahasiswa yang terlibat adalah Patrisia Dinda Ritesa, Allvi Dayu Nengsih, Ghairu Adiyyah, Wardah Dalilah, Rahmi Aulia Adrul, Janika Wahyuningsih, Monica Lestari, Muhammad Ashraf, Verra Oktavia, Ulia Desman, Qadriatul Nursyi, Marsi, Sekar Ningrum, Zhafira Nisa Ulkhaira, Putri Nabila Rahmi, Intan Dwi Putri, dan dosen pembimbing Ns. Fitri Mailani, M.Kep. Adapun tujuan dilakukannya penyuluhan mitigasi bencana di SDN 43 Sungai Sapih banjir karena daerah Sungai Sapih merupakan salah satu wilayah rawan banjir sehingga perlu diberikan penyuluhan banjir khususnya mengenai mitigasi banjir pada siswa SD.

Sasaran pada kegiatan ini adalah siswa kelas 4 di SDN 43 Sungai Sapih. Sebelum penyuluhan dimulai dilakukan pre test terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai banjir. Penyuluhan berlangsung lebih kurang selama 1 jam dan dihadiri oleh 49 orang siswa/i. Selama penyuluhan berlangsung para peserta penyuluhan tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan ini. Siswa/i terlihat aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri.

Cara penyampaian informasi saat penyuluhan menggunakan power point dan leaflet yang berisi pengetahuan seputar mitigasi bencana banjir yang diberikan kepada masing-masing siswa. Adapaun tujuan akhir dari penyuluhan ini diharapkan setelah dilaksanakannya penyuluhan ini, siswa/I kelas 4 SDN 43 Sungai Sapih dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya mitigasi bencana banjir. Pada saat penyampaian materi juga disampaikan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar, dan dilakukan demonstrasikan cuci tangan secara bersama-sama yang didampingi oleh mahasiswa FKEP UNAND.

Diakhir sesi penyuluhan dilakukan post test dengan tujuan untuk mengetahui parameter keberhasilan dari penyuluhan yang dilakukan.Diharapkan dengan kegiatan ini dilakukan dapat membawa pengaruh yang baik kepada siswa/I SDN 43 Sungai Sapih sehingga dapat menjadi generasi yang awas akan bencana dan dapat menambah kekuatan nasional pada Indonesia Emas tahun 2045

Penulis: Ns. Fitri Mailani, M.Kep

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img