29.9 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Mahasiswa Bidik Misi FBS UNP Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Padang – Sebanyak 150-an mahasiswa Bidik Misi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Ahad (11/10), mengikuti pelatihan jurnalistik.

Tampil sebagai narasumber Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., (Wakil Dekan I FBS UNP), Drs. Jufri Syahruddin, M.Pd (Dosen, PWI), dan Muhammad Subhan, S.Sos.I (Penulis & Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia).

Pelatihan tersebut diselenggarakan FBS UNP dalam rangka memberikan pembekalan keterampilan menulis kreatif kepada mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi.

Menurut Prof. Ermanto, menulis juga dapat menjadi alternatif pekerjaan. Mahasiswa kreatif adalah mahasiswa yang mampu mengembangkan potensi dirinya, salah satunya lewat tulisan.

“Media massa memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menulis dan menyediakan honor layak,” kata Prof. Ermanto yang baru-baru ini meluncurkan novel “Tujuh Cinta Si Anak Kampung”.

Dalam materinya “Menerbitkan Karya Sastra untuk Koran dan Penerbit” Muhammad Subhan menyampaikan bahwa menembus koran dan penerbit gampang-gampang susah.

“Yang dibutuhkan konsistensi, kerja keras, dan terus menerus mengirim karya ke koran dan penerbit. Dan, setiap tulisan akan menemukan keberuntungannya,” kata Muhammad Subhan yang juga penulis novel “Rumah di Tengah Sawah”.

Dia mencontohkan gigihnya penulis novel JK. Rowling mengirim naskah “Harry Potter” hingga belasan kali mengalami penolakan. Namun, karena gigih, akhirnya “Harry Potter” terbit dan menjadi novel mega best seller dunia.

Sementara Jufri Syahruddin fokus membahas manajemen media massa dan cara kerja wartawan di perusahaan pers. Dia menerangkan bagaimana berita ditulis wartawan hingga dihidangkan ke pembaca.

“Informasi terjadi setiap hari. Oleh wartawan informasi itu menjadi berita yang disiarkan ke publik dan dinikmati pembaca,” katanya.

Ditambahkan, dunia pers adalah dunia kompetitif. Siapa pun berpeluang menjadi wartawan dan bekerja di perusahaan pers.

“Saya bekerja menjadi wartawan ketika masih mahasiswa. Anda pun berpeluang menjadi wartawan di saat masih menjadi mahasiswa,” ujar Jufri yang pernah menjadi redaktur senior di salah satu koran harian terbesar di Sumatera Barat. (rel)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Andre Rosiade Reses Ke Pelosok Nagari Sijunjung

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR-RI fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade melakukan reses ke pelosok nagari di Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/10).

Penderita Kanker Darah Ini Terima Bantuan Dari Pimpinan Klinik Puti

Padang Pariaman,- dr.Zunirman kembali mengunjungi penderita Penyakit Kanker Darah (Leukemia) Sri Handayani warga Korong Pasa Kandang,Nagari Balah Hilie,Kecamatan Lubuk Alung,Kabupaten Padang Pariaman,...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

MTQ Di Tengah Pandemi, 5 Camat Di Payakumbuh Optimis Sukses Dan Saling Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Payakumbuh --- Semangat 5 camat dalam mensukseskan MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 sangat luar biasa. Setelah rapat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...
- Advertisement -