25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Longsor Tutup Akses Jalan di Gunuang Omeh
L

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumar.com – Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Limapuluh Kota sejak beberapa pekan belakangan ini telah mengakibatkan longsor dan sempat menutup akses jalan yang menghubungkan Jorong Sungai Sirih dengan Jorong Aia Angek di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh, pada Rabu (3/5) malam sekitar pukul 21.00 wib.

Kepala Pelaksana BPBD Rahmadinol ketika dikonfirmasi hari ini membenarkan terjadinya longsor yang sempat menutup badan jalan dimaksud. Menurutnya, berdasarkan kaji cepat Team Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, longsor menimbun jalan setinggi 15 meter dengan panjang sekitar 10 meter.

“Akibat longsor, akses jalan malam tadi tertutup tidak dan bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat,” ujarnya.

Berdasarkan koordinasi dengan pemerintah nagari dan petunjuk Sekretaris Daerah selaku Kepala BPBD, memerintahkan untuk mengantisipasi bagaimana kendaraan roda dua bisa lewat. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, Kalaksa BPBD berkoordinasi dengan Dinas Damkar, Polres Limapuluh Kota dan Dandim 0306 50 Kota, malam tadi langsung dilakukan penanganan darurat dengan menyemprotkan air dari mobil damkar dan penanganan manual supaya akses jalan Kamis pagi tadi telah bisa dilewati anak sekolah.

Sesuai dengan koordinasi lintas sektoral, Sekretaris Daerah Widya Putra didampingi Kalaksa BPBD Rahmadinol penuntasan penanganan longsor tersebut harus secara terpadu termasuk menurunkan alat berat Dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota.

Penanganan longsor tersebut mendapat perhatian serius dari Kapolres Limapuluh Kota dengan menugaskan langsung Kasat Sabhara dan Kapolsek Suliki untuk turun langsung bersama tim termasuk jajaran Kodim 0306 50 Kota melalui Koramil Suliki.
Berdasarkan info di lapangan, saat ini alat berat masih bekerja.

“Kita lihat dulu apakah alat berat akan bekerja sampai besok atawa bisa rampung hari ini juga,” imbuh Rahmadinol. (sas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img