30 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

Libur Akhir Tahun, 6.000 Warga Riau Serbu Sumatera Barat
L

Kategori -

Pekanbaru – Libur panjang akhir tahun dimanfaatkan masyarakat Riau untuk berkunjung ke Sumatera Barat. Diprediksi sekitar 6.000 warga Riau berlibur ke sejumlah tempat wisata alam di Sumatera Barat. Kunjungan akan terus terjadi menjelang perayaan pergantian tahun baru 2016.

Hal itu dapat terlihat dari padatnya arus kendaraan asal Riau di jalur lintas Pekanbaru-Sumatera Barat. Kemacetan terjadi di kawasan jembatan layang Kelok Sembilan. Banyak masyarakat memarkir kendaraan di tepi jalan sekadar menikmati suasana alam dan berfoto. Kemacetan juga terjadi menjelang memasuki Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi.

“Arus jalan dipadati kendaraan asal Riau,” kata Hari Jumaulana, warga Pekanbaru yang berlibur ke Sumatera Barat.

Menurut Hari, volume kendaraan di Sumatera Barat cukup ramai. Namun arus lalu lintas masih terbilang lancar. Kepadatan hanya terjadi di kawasan wisata, seperti Danau Singkarak, Taplau, dan kebun teh di Solok. “Pengunjung perlu sabar mengantre menunggu giliran,” ujar karyawan swasta ini.

Hari berwisata bersama rekan satu kantor untuk sekadar menikmati hari libur. “Kami berangkat menggunakan dua mobil,” ujarnya.

Saking padatnya wisatawan luar daerah yang datang ke Sumatera Barat, Hari dan rekannya kesulitan mendapat penginapan. “Hotel penuh semua,” katanya.

Warga Bangkinang, Irwan juga memilih Sumatera Barat sebagai tempat berlibur. Ia memboyong seluruh anggota keluarganya ke Bukittinggi. “Rencananya nanti kami melihat perayaan pergantian tahun di Jam Gadang,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Tour dab Travel Indonesia (ASITA) Riau Ibnu Mas’ud menyebutkan, diprediksi sekitar 6.000 warga Riau berkunjung ke Sumatera Barat pada libur akhir tahun ini. “Wisata Sumbar padat oleh orang Riau,” ujarnya.

Ibnu menganggap wajar alasan warga Riau ramai-ramai berlibur ke Sumatera Barat lantaran potensi wisata di Riau tidak mendukung semangat warga untuk berkunjung. “Obyek wisata Riau belum dibenahi dengan baik,” kata Ibnu.

Menurut Ibnu, hal itu cukup berbeda dengan potensi wisata alam Sumatera Barat yang didukung dengan infrastruktur dan pembinaan masyarakat lokasi wisata yang cukup baik.

Ibnu mengaku, sebenarnya Riau punya banyak wisata alam yang tidak kalah cantik dengan Sumatera Barat, seperti yang terdapat di Kampar, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi. Ketiga daerah tersebut memiliki kemiripan kontur alam sama persis Sumatera Barat. Selain wisata alam, Riau juga banyak menyimpan wisata sejarah.

Namun persoalannya, kata Ibnu, banyak potensi wisata alam Riau tidak tergarap dengan baik. Infrastruktur jalan dan pembinaan masyarakat kurang mendapat perhatian. Sehingga mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung.

Ibnu menilai, upaya pemerintah Riau mengembangkan pariwisata sebenarnya sudah cukup baik. Tetapi kerja sama tingkat sektoral antara pemerintah Riau dan kabupaten/kota tidak berjalan maksimal. “Pembenahan pariwisata hanya bersifat parsial dan tidak simultan,” ujarnya.

Seharusnya, kata Ibnu, selain membenahi infrastruktur, Riau juga harus melakukan pembinaan masyarakat lokal. Warga sekitar diajak turut serta mengembangkan potensi wisata.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.
- Advertisement -

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda

Padang, beritasumbar.com -- Ketua TP - PKK untuk 11 Kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dilantik serentak di Auditorium Gubernur berlangsung khidmat, Jumat (26/2/2021). Pelantikan ini...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -