25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Libur Akhir Tahun, 6.000 Warga Riau Serbu Sumatera Barat
L

Kategori -

Pekanbaru – Libur panjang akhir tahun dimanfaatkan masyarakat Riau untuk berkunjung ke Sumatera Barat. Diprediksi sekitar 6.000 warga Riau berlibur ke sejumlah tempat wisata alam di Sumatera Barat. Kunjungan akan terus terjadi menjelang perayaan pergantian tahun baru 2016.

Hal itu dapat terlihat dari padatnya arus kendaraan asal Riau di jalur lintas Pekanbaru-Sumatera Barat. Kemacetan terjadi di kawasan jembatan layang Kelok Sembilan. Banyak masyarakat memarkir kendaraan di tepi jalan sekadar menikmati suasana alam dan berfoto. Kemacetan juga terjadi menjelang memasuki Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi.

“Arus jalan dipadati kendaraan asal Riau,” kata Hari Jumaulana, warga Pekanbaru yang berlibur ke Sumatera Barat.

Menurut Hari, volume kendaraan di Sumatera Barat cukup ramai. Namun arus lalu lintas masih terbilang lancar. Kepadatan hanya terjadi di kawasan wisata, seperti Danau Singkarak, Taplau, dan kebun teh di Solok. “Pengunjung perlu sabar mengantre menunggu giliran,” ujar karyawan swasta ini.

Hari berwisata bersama rekan satu kantor untuk sekadar menikmati hari libur. “Kami berangkat menggunakan dua mobil,” ujarnya.

Saking padatnya wisatawan luar daerah yang datang ke Sumatera Barat, Hari dan rekannya kesulitan mendapat penginapan. “Hotel penuh semua,” katanya.

Warga Bangkinang, Irwan juga memilih Sumatera Barat sebagai tempat berlibur. Ia memboyong seluruh anggota keluarganya ke Bukittinggi. “Rencananya nanti kami melihat perayaan pergantian tahun di Jam Gadang,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Tour dab Travel Indonesia (ASITA) Riau Ibnu Mas’ud menyebutkan, diprediksi sekitar 6.000 warga Riau berkunjung ke Sumatera Barat pada libur akhir tahun ini. “Wisata Sumbar padat oleh orang Riau,” ujarnya.

Ibnu menganggap wajar alasan warga Riau ramai-ramai berlibur ke Sumatera Barat lantaran potensi wisata di Riau tidak mendukung semangat warga untuk berkunjung. “Obyek wisata Riau belum dibenahi dengan baik,” kata Ibnu.

Menurut Ibnu, hal itu cukup berbeda dengan potensi wisata alam Sumatera Barat yang didukung dengan infrastruktur dan pembinaan masyarakat lokasi wisata yang cukup baik.

Ibnu mengaku, sebenarnya Riau punya banyak wisata alam yang tidak kalah cantik dengan Sumatera Barat, seperti yang terdapat di Kampar, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi. Ketiga daerah tersebut memiliki kemiripan kontur alam sama persis Sumatera Barat. Selain wisata alam, Riau juga banyak menyimpan wisata sejarah.

Namun persoalannya, kata Ibnu, banyak potensi wisata alam Riau tidak tergarap dengan baik. Infrastruktur jalan dan pembinaan masyarakat kurang mendapat perhatian. Sehingga mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung.

Ibnu menilai, upaya pemerintah Riau mengembangkan pariwisata sebenarnya sudah cukup baik. Tetapi kerja sama tingkat sektoral antara pemerintah Riau dan kabupaten/kota tidak berjalan maksimal. “Pembenahan pariwisata hanya bersifat parsial dan tidak simultan,” ujarnya.

Seharusnya, kata Ibnu, selain membenahi infrastruktur, Riau juga harus melakukan pembinaan masyarakat lokal. Warga sekitar diajak turut serta mengembangkan potensi wisata.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Diduga Lakukan Penganiayaan Berat, 4 Pria Ini Dibekuk Tim Gagak Hitam

Padang Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Batang Anai dan Polsek Lubuk Alung berhasil menangkap pelaku yang diduga melakukan penganiayaan berat yang dilakukan oleh empat orang bersama-sama, pelaku tersebut inisial AJH (30), RAA (23), YA (18), dan RYP (18). Keempat pelaku itu ditangkap di Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Jumat 17/9/2021 sekira pukul 18:00 WIB.

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.
- Advertisement -

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -