31 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lestarikan Lingkungan Hidup, Ritno Tingkatkan Ekonomi Warga Dengan Wisata Traking
L

Kategori -
- Advertisement -

Kepedulian Ritno Kurniawan (27), dalam upayanya melestarikan lingkungan Hutan Lindung Gamaran dan meningkatkan perekonomian warga di Gamaran Lubuk Alung, menghantarkan pria berjenggot tinggi ini meraih perhargaan menjadi Pemuda Pelopor dari level kabupaten hingga ke tingkat nasional di Sosial Budaya.

Ia telah berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari kabupaten lain di Sumatera Barat dengan kegiatannya mengelola Wisata Air Terjun Nyarai bersama masyarakat di Gamaran.

Meskipun awalnya ia hanya iseng masuk ke Hutan Gamaran, pemuda yang gemar berpetualang ini takjub dengan keindahan Air Terjun Nyarai dengan segala potensi yang ada didalamnya. Walaupun keindahan Air Terjun Nyarai ini berada di dalam hutan lindung Gamaran, tapi dia optimis Air Terjun ini kelak akan menjadi objek wisata unggulan di Sumatera Barat.

Atas dasar keyakinan tersebut Ritno biasa ia disapa, memutar fikiran supaya selain bisa menjadikan Air Terjun Nyarai sebagai wisata unggulan dan juga membuat masyarakat di Gamaran ikut berpartisipasi menjaga lingkungan Hutan, ia juga bisa sedikit membantu ekonomi warga di Gamaran Lubuk Alung.

Hobinya menggeluti fotografi menjadi nilai tersendiri dalam promosi Air Terjun Nyarai yang selama ini dia lakukan. Setelah memotret Air Terjun Nyarai dia pun memajangnya di media sosial. Hasilnya banyak orang yang terkesima dan tertarik untuk ke sana.Mulailah Ritno dengan teman-temannya mendampingi sedikit demi sedikit orang yang hiking dan menyaksikan keindahan di Air Terjun Nyarai.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang, mulailah Ritno memperbagus manajemen pengelolaan objek wisata ini. Dia mulai membentuk Komunitas Sadar Wisata L.A Adventure dan melibatkan para pemuda-pemuda di Gamaran.

Pemuda-pemuda di Gamaran di ajak menjadi Guide atau pendamping bagi para pengunjung yang ingin hiking ke Air Terjun Nyarai. Secara ekonomi warga terbantu dengan kegiatan ini, karena pengunjung yang didampingi warga (Guide) akan diberikan tips untuk Guide. Warga yang berada di Pos pemberangkatan juga sudah mulai berjualan dan ada juga yang mengelola parkir para pengunjung, dengan menjaga kendaraan pengunjung selama hiking ke Air Terjun Nyarai.

“Saya tidak akan menghentikan mata pencarian warga di Gamaran untuk mencari Kayu di Hutan, tapi saya hanya menawarkan alternatif baru untuk warga disana, dengan meningkatkan ekonominya sebagai pengelola wisata. Korong Gamaran ini indah, selain Nyarai ada 7 titik potensi wisata lagi dan memiliki kekayaan Rotan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan, Insyaallah,” ujar Ritno.

Ritno secara tidak langsung mengajak warga untuk tidak menebang kayu lagi di Hutan, dengan memberdayakan para warga menjadi guide dan mengelola Air Terjun Nyarai. Beberapa orang warga mengakui intesitasnya masuk ke hutan untuk mencari kayu mulai berkurang, sejak dirintis wisata trekking Air Terjun Nyarai ini oleh Ritno.

Perjuangan pemuda ini tidak sampai disitu, dia mulai mempromosikan Air Terjun Nyarai ke Dinas terkait, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga Kab.Padang Pariaman dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.Padang Pariaman. Dari situlah Ritno mengikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga menyarankan dia untuk mengikutinya, sampai akhirnya Juara 1 Kategori Sosial Budaya di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan sekarang Ritno akan berjuang di tingkat Nasional.

Sekarang akses jalan di Posko pemberangkatan Korong Gamaran sudah mulai diperbaiki, fasilitas pendukung wisata sudah mulai dilengkapi dan perekonomian warga sudah mulai meningkat dan bertambah.

“Janganlah puas dari apa yang telah kita lakukan hari ini karena perjuangan masih berlanjut. Seorang pemuda harus produktif dalam fikir dan kerjanya, tidak ada lagi waktu untuk bersantai-santai,karna dunia bukannlah tempat santai, tempat bersantai hanyalah di Syurga Allah, smoga kita semua bisa meraihnya,” tegasnya. (so)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img