29.4 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Jelang Lebaran, Gubernur Sidak ke Pasar Raya dan Pondok
J

Kategori -

Gubernur bersama dinas terkait di Sumbar dan kota Padang melakukan inpeksi mendadak(Sidak) pangan segar di kawasan Pasar Raya Padang, Selasa(21/7) dan melakukan sidak parcel di kawasan Pondok. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan agar barang dan makanan yang dijual di pasaran sebelum lebaran aman untuk di konsumsi masyarakat.

Meskipun tidak menemukan zat berbahaya seperti formalin pada ikan yang menjadi sample yang diambil pada pangan segar, ataupun daging celeng yang dijual di pasar Raya Padang tersebut. Namun berdasarkan pemantauan, walaupun sejak awal Ramadan harga masih cenderung stabil, berkemungkinan pada dua hari menjelang lebaran bakal meningkat.

“Setelah dilakukan pengujian oleh petugas, ternyata dari sample yang diambil tidak ditemukan adanya ikan yang mengandung formalin dan daging juga tak ada daging celeng yang dijual pedagang. Untuk harga, selama bulan puasa belum ada yang naik. Tapi pada dua hari sebelum lebaran diperkirakan akan ada kenaikan harga Rp.5000 perkilogramnya,” sebut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai melakukan pemantauan di Pasar Raya Padang.

Harga daging, Senin tersebut berada dikisaran harga Rp 95 ribu perkilogramnya. Pedagang memprediksi dua hari menjelang Idul Fitri bakal terjadi kenaikan harga. Meskipun demikian, dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, memang penjualannya tak sebanyak itu, karena saat ini juga berdepatan dengan masuk tahun ajaran baru.

Sidak Parcel

Dalam sidak yang dilakukan, di salah satu toko penjual Parcel di kawasan pondok. Ditemukan ada beberapa barang yang dijual pedagang, telah memasuki masa kadaluarsa(expiret). Tak hanya itu petugas juga menemukan ada produk yang dikemas ulang pemiliknya tampa ijin.

“Ada beberapa produk yang ditemukan telah kadaluarsa, sejak bulan Maret, Mei dan Juni 2013. Ini harusnya tidak boleh dijual,karena jika dikonsumsi masyarakat bakal menyebabkan sakit,” ungkapnya.

Menurut Gubernur, barang kadaluarsa yang ditemukan ini akan dibakar dan dimusnahkan. Begitu juga dengan barang yang dikemas dengan palstik, tapi tidak bermerek. Padahal secara aturan setiap yang dikemas, harus berijin. “Untuk itu, kami menghimbau pembeli agar selektif dalam membeli, sehingga barang yang rusak itu tidak dibeli,” tambahnya.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan sebagian pedagang tentu mencari untung dengan momen lebaran ini. Namun ada juga yang beralasan, jika kesalahan ini karena lupa jadi tak terpantau jika barang yang dijualnya telah kadaluarsa. “Ada sanksi ada hukumannya sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, kepala BPOM di Padang Wirda Zein menambahkan jika dalam sidak yang dilakukan ini, ditemukan berbagai produk yang telah kadaluarsa. barang tersebut, terdiri dari roti biscuit, bumbu dapur dan permen. “Namun tidak dengan jumlah yang besar, ini jauh lebih baik dari tahun yang lalu,” sebutnya.

Sehubungan dengan makanan yang dikemas ulang itu tidak boleh dilakukan. Harus urus ijin ke produsen terlebih dahulu, sebelum melakukan pengemasan ulang. “Jadi tidak bisa asal dikemas saja, harus ada ijinnya juga,” tegasnya.

Barang-barang tak berijin tersebut diamankan petugas BPOM, dan barang-barang yang telah kadaluarsa dimusnahkan. (humas pemprov)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -